Handicraft merupakan sebuah ketrampilan tangan untuk mengubah suatu benda menjadi barang yang memiliki nilai seni atau estetika. Sehingga barang tersebut bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kata handicraft sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya kerajinan tangan.

Dalam bahasa Indonesia istilah kerajinan tangan disebut juga dengan seni kriya. Secara istilah, kata kriya berasal dari bahasa sansekerta “krya” yang memiliki arti mengerjakan. Adapun fungsi dari handicraft adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mengutamakan aspek keindahan dalam kehidupan sehari-harinya.

Keuntungan menekuni kegiatan handicraft

  • Menjadi wadah untuk menyalurkan hobi

Handicraft bisa menjadi salah satu tempat untuk kita menyalurkan hobi. Jadi ketika waktu luang kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat handicraft/kerajinan. Sehingga waktu luang kita juga akan menjadi lebih produktif dan hidup akan terasa lebih bahagia.

  • Lebih hemat

Dengan memiliki ketrampilan sendiri maka kita bisa membuat sendiri hiasan untuk di rumah kita ataupun barang-barang lain yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya saja kita memiliki ketrampilan dalam menjahit, maka kita bisa membuat tas ataupun dompet serta menjahit seprai sendiri.

Kita hanya butuh membeli bahannya saja, selanjutnya kita jahit sendiri. Dengan cara ini maka kita akan bisa menghemat pengeluaran. Selain itu pula desain ataupun modelnya bisa kita tentukan sendiri sesuai selera.

  • Menghilangkan stress

Ketika menjalani rutinitas harian yang monoton pasti kita akan mengalami stress. Stress jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak buruk pada kesehatan fisik. Nah, handicraft bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stress. Jadi ketika kita mengalami rasa jenuh saat menjalani kegiatan rutin.

Kita bisa meluangkan sejenak waktu kita untuk membuat handicraft. Tentu saja ketika kita sudah menghasilkan sebuah karya maka akan muncul perasaan bahagia sehingga rasa stress ataupun jenuh bisa hilang dengan sendirinya.

  • Membuka peluang bisnis

Bisnis handicraft kelihatannya bisnis yang kecil, tetapi jika dijalankan dengan serius maka bisnis handicraft bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Terlebih saat ini orang sudah sangat menghargai karya seni.

Maka tidak perlu ragu lagi untuk membuka bisnis handicraft apalagi bagi mereka yang memiliki hobi membuat handicraft.

Membuka bisnis handicraft juga tidak perlu menggunakan modal yang besar. Dengan modal kecil kita tetap bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan kita juga bisa meminimalisir pembelian bahan baku dengan cara menggunakan bahan-bahan bekas ataupun sisa.

Selain itu waktu mengerjakannya juga fleksibel. Bisa dilakukan di rumah dan kapan saja, sesuai dengan waktu luang kita.

Tiga Jenis Handicraft bagi Pemula

Mungkin kita merasa bahwa membuat handicraft sulit, tapi sebenarnya ada banyak handicraft mudah yang bisa dibuat bagi pemula. Berikut ini adalah beberapa handicraft yang bisa dilakukan oleh seorang pemula:

1. Membuat handicraft dari kain flanel

Salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang sudah tidak asing lagi adalah bros. Selain bros, sebenarnya ada banyak handicraft yang dihasilkan dari kain flanel. Jadi kita bisa membuat tempat hp, kotak tisu, gantungan kunci dan juga tempat pensil dengan menggunakan kain flanel.

Teknik membuat handicraft dari kain flanel ini bermacam-macam, tergantung dari kreativitas kita. Kita bisa menjahitnya atau mengguntingnya lalu di tempel dengan menggunakan lem.

2. Merajut

Merajut sebenarnya handicraft yang cukup mudah asalkan kita tekun mempelajarinya. Jadi kegiatan merajut ini memang membutuhkan ketekunan yang lebih jika dibandingkan dengan membuat handicraft dari kain flanel.

Tetapi jika kita berhasil membuat rajutan maka kita akan mendapatkan kebanggaan dan juga kebahagiaan tersendiri.

Terlebih lagi jika hasil rajutan kita bisa kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya menggunakan tas ataupun dompet hasil rajutan sendiri.

3. Membuat handicraft dari barang bekas

Dengan kreativitas maka kita bisa mengubah barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi. Membuat handicraft dari bahan bekas ini juga turut membantu mengurangi sampah. Sehingga keberhasilan lingkungan lebih terjaga.

Ada banyak barang bekas yang bisa digunakan untuk membuat handicraft. Misalnya saja, botol bekas, kardus bekas, plastik bekas minyak goreng dan juga kain-kain sisa. Untuk botol bekas bisa dijadikan lampion, kardus bisa dijadikan pigura, plastik bekas minyak goreng bisa dijadikan tas sedangkan kain sisa bisa dibuat menjadi sarung bantal, seprai dan bros.

Nah, itulah tadi tiga jenis handicraft yang bisa kita coba. Siapa tahu hasil handicraft yang kita buat diminati banyak orang. Sehingga yang awalnya hanya mencoba membuat handicraft akhirnya bisa menjadi peluang untuk membuka usaha.

Author