Kota Bandung sejak dahulu sudah terkenal sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan. Banyak orang ingin berkunjung ke Bandung untuk menikmati banyak tempat wisata yang terkenal, seperti wisata alam, wisata sejarah sampai wisata kulinernya. Bagi siapa saja yang pergi ke kota kembang, belum lengkap rasanya jika belum menyicipi aneka kuliner yang bisa memanjakan lidah dan cocok dijadikan barang bawaan untuk keluarga di rumah dan teman-teman.

Begitu banyak makanan spesial dan memanjakan lidah di kota dengan julukan Paris van Java yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan makanan-makanan ini biasa juga dijadikan dan diabadikan dalam sosmed teman-teman bukan. Apa saja makanan khas Kota Bandung yang mesti dicicipi dan dibawa sebagai oleh-oleh?

7 makanan khas Kota Bandung

  1. Peuyeum

Makanan khas yang paling terkenal ada di Kota Bandung yaitu peuyeum. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape yang biasa ditemui di kota lain. Peuyeum ini banyak digemari karena rasanya enak, tahan lama dan harganya murah meriah. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual peuyeum karena panganan berbahan dasar ketela pohon ini, dijajakan dengan cara digantung menggunakan tali dalam jumlah banyak.

Peuyeum dibuat dengan bahan dasar ketela pohon sebagai substrat dan ragi tapai yang dibalurkan pada umbi singkong yang telah dikupas kulitnya. Panganan berwarna putih in pada dasarnya merupakan makanan yang matang setelah proses kukus atau direbus. Teknik pembuatan peuyeum ada dua, yaitu yang basah dan lunak serta peuyeum kering. Peuyeum kering rasanya lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan.

 

  1. Colenak

Selain peuyeum yang terkenal sebagai makanan khas Bandung, colenak juga jadi makanan khas Bandung yang banyak digemari. Colenak dikenal juga sebagai tapai bakar. Bahan dasarnya adalah peuyeum yang dibakar dan disantap dengan gula jawa yang dicampur serutan kelapa.

Penamaan colenak merupakan kependekan dari Bahasa Sunda yaitu dicocol enak. Dalam proses pembuatannya, kandungan gula dalam tapai mudah gosong, meskipun begitu bagi beberapa orang justru bagian gosong tersebut bagian yang terenak.

Tempat jual colenak yang terkenal di Bandung adalah Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani Bandung. Usaha kuliner ini merupakan warisan tiga generasi dari penciptanya yaitu Aki Murdi. Seiring perkembangannya kini colenak memiliki variasi baru seperti colenak rasa durian dan nangka.

 

  1. Cireng

Cireng adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng dan disajikan dengan saus sambal. Rasanya yang gurih, kenyal dan enak ini sangat digemari banyak orang. Jajanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang paling mudah ditemukan di jalan-jalan umum yang ada di Bandung.

Bagi pelancong yang datang ke kota kembang, cireng jadi salah satu oleh-oleh yang direkomendasikan karena mudah didapat dan tahan lama. Biasanya cireng dibuat dalam beberapa varian yaitu rasa original, cireng isi, cireng salju atau kerupuk cireng yang semuanya dipadukan dengan saos atau bumbu rujak. Harganya pun ramah di kantong. Cireng ini biasanya dijual dengan harga beragam, antara 7 ribu hingga harga 21 ribu yang dibungkus dalam kemasan khusus.

 

  1. Batagor

Bakso tahu goreng atau yang lebih dikenal sebagai batagor merupakan makanan khas Kota Bandung berikutnya yang sayang untuk dilewatkan karena kelezatannya. Terkenal bisa memanjakan lidah, batagor jadi salah satu makanan khas Bandung yang banyak diminati dan populer. Pada umumya batagor disajikan dengan saus sambal kacang. Sambal kacangnya sendiri terbuat dari kacang tanah, bawang putih, kecap manis, cabai dan perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Batagor berbahan dasar tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan tepung tapioka serta ikan tenggiri. Adonan yang telah dibentuk kemudian digoreng dalam minyak panas. Bagi yang ingin membawa batagor dari Bandung, wisatawan bisa memilih batagor beku yang banyak tersedia di gerai batagor. Biasanya batagor beku dilengkapi juga dengan bumbu terpisah sehingga bisa lebih awet.

Gerai batagor yang terkenal di Kota Bandung yaitu Batagor Serayu, Batagor Riri, Batagor H. Isan, Batagor Abuy, Batagor Kingsley, Batagor Haji Yunus, Batagor Darto dan masih banyak lagi.

 

  1. Surabi

Makanan khas Kota Bandung lainnya yang banyak diminati oleh wisatawan yaitu surabi. Belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi surabi saat jalan-jalan ke kota kembang. Surabi juga tidak kalah pamornya dibandingkan batagor, cireng atau peuyeum.

Bahan dasar surabi terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan santan hingga rasanya lebih gurih. Dalam perkembangannya surabi kini disajikan tidak hanya dengan rasa gurih, melainkan dibuat dalam berbagai varian rasa.

Ada dua jenis surabi yang biasa dijajakan yaitu surabi manis yang menggunakan gula merah cair (kinca) dan surabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Inovasi dari rasa surabi yang kini banyak ditemukan yaitu dengan menambahkan berbagai toping seperti keju, coklat, sosis, mayones, atau selai rasa buah-buahan. Hal itu dilakukan untuk mematahkan anggapan bahwa surabi adalah makanan yang terkesan rendahan.

Gerai surabi yang terkenal di Kota Bandung adalah Surabi Enhaii. Rasa surabinya enak dengan aneka macam toping yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Surabi yang paling mudah ditemukan di pinggir jalan Kota Bandung biasanya dijajakan di pagi hari, di masak menggunakan tungku sehingga menimbulkan rasa yang khas.

 

  1. Basreng

Bagi pencinta kuliner pedas, wajib rasanya mencicipi jajanan khas Bandung yang satu ini yaitu basreng. Rasanya gurih dan renyah, sangat cocok untuk dinikmati sebagai cemilan. Basreng bisa dijadikan oleh-oleh karena bisa tahan hingga beberapa minggu di dalam wadah yang rapat.

 

  1. Seblak

Seblak juga cocok bagi pecinta makanan pedas. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayur sawi, telur, ayam, dan diberi bumbu kencur. Seiring perkembangan tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan toping biasa di gerobak. Seblak kini jadi menjadi makanan jajanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat.

Itulah 7 makanan khas Kota Bandung yang bisa dinikmati dan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Mau borong boleh saja, asal budget/keuangan cukup untuk memborong ya. Selamat berburu makanan khas Kota Bandung yang populer dan memanjakan lidah!

 

Author