Ulasan Asuransi Mobil TLO dan Bedanya dengan All Risk

Produk asuransi tak hanya asuransi kesehatan, ada juga asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi rumah dan sebagainya.

Jika kamu sudah memiliki salah satunya, tentu merupakan hal yang tepat, karena akan membuat keuanganmu lebih sehat dan melindungi mereka yang kamu sayangi.

Namun, satu produk asuransi mungkin tidak cukup, maka biasanya orang menambah nilai jaminan pada produk asuransinya.

Ada berbagai pilihan produk asuransi yang kamu bisa miliki, seperti:

Untuk memahami bahwa produk asuransi memiliki banyak manfaatnya, maka berikut beragam produk asuransi serta manfaatnya yang perlu kamu tahu.

Beragam Pilihan Produk Asuransi dan Manfaatnya

Khusus di Indonesia, ada banyak sekali jenis atau produk asuransi, apa saja itu ragam produk asuransi yang bisa kamu ikuti juga.

Berikut beragam pilihan produk asuransi serta manfaatnya.

1.  Asuransi kesehatan

Penting memiliki asuransi kesehatan, karena tidak ada yang tahu kapan kamu akan jatuh sakit.

Selain hal di atas, berikut beberapa manfaat asuransi kesehatan:

  • Pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit, pembedahan, dan rawat jalan.
  • Pertanggungan biaya persalinan, perawatan gigi, mata, dan penyakit kritis (rider).
  • Kadang ada askes yang malah memberikan santunan harian tunai.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan jaminan finansial kepada ahli waris ketika nasabah meninggal dunia.

Selain itu asuransi jiwa memiliki beberapa manfaat lainnya memberikan santunan kepada ahli waris dan santunan atas resiko cacat tetap total.

3. Asuransi mobil

Asuransi mobil adalah salah satu produk asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada mobil karena kecelakaan, baik menabrak atau ditabrak. 

Selain itu, asuransi juga menanggung risiko kerusakan akibat bencana alam seperti banjir maupun huru-hara. Dengan catatan, terdapat penambahan premi.

Manfaat asuransi mobil lainnya adalah:

  • Menanggung kerusakan kecil hingga rusak total (comprehensive)
  • Menanggung kerusakan parah atau kehilangan atau rusak lebih dari 75 persen (TLO).
  • Menanggung hukum pihak ketiga (THP) untuk bantu kamu membayar ganti rugi.
  • Memberikan santunan apabila terjadi cedera atau kematian pada pengendara dan penumpang.

Asuransi mobil terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO atau Total Loss Only.

Asuransi All Risk Vs Asuransi TLO

Setiap pemilik kendaraan pastinya memiliki rasa was-was dan khawatir terhadap risiko-risiko yang bisa terjadi ke mobil miliknya. Angka mobil yang mengalami kecelakaan memberi petunjuk kecelakaan lalu lintas masih saja terjadi.

Risiko pencurian kendaraan, kerusakan kendaraan, dan risiko kecelakaan akibat tabrakan ataupun terperosok bukan lagi persoalan kalau setiap pengendara memiliki asuransi. Apalagi perbaikan atau penggantian spare part mobil itu terbilang mahal. 

Nah, sebelum memutuskan membeli polisnya, kenali dulu perbandingan dari jenis-jenisnya, yaitu all risk dan asuransi TLO. 

Asuransi mobil all risk (komprehensif) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi penggantian biaya atau menjamin semua jenis risiko (ringan maupun berat) hingga risiko kehilangan kendaraan.

Jaminan yang menyeluruh menjadi sebab kenapa premi jenis asuransi ini terbilang mahal. Bahkan, lebih mahal dibandingkan asuransi TLO. 

Sedangkan asuransi TLO atau Total Loss Only adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi pertanggungan atau jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya di atas 75 persen harga kendaraan saat itu.

Asuransi mobil TLO cocok bagi mobil bekas atau berusia cukup tua, karena biasanya mobil tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Asuransi ini juga cocok untuk kamu yang mencari asuransi mobil dengan biaya premi yang murah. 

Sementara itu, asuransi all risk ini lebih direkomendasikan buat kamu yang menginginkan proteksi menyeluruh baik kerusakan kecil atau besar. 

Manfaat Asuransi TLO

Salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Pasalnya, memiliki mobil diikuti dengan komitmen dan tanggung jawab besar.

Belum lagi jika mengingat biaya perbaikan mobil yang terbilang mahal. Apalagi jika mobil mengalami masalah darurat atau parahnya hilang karena pencurian. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

Bukan cuma mahal, ada faktor risiko lain yang bisa membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi lho.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil bukan? Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga.

Misalnya komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Dengan memproteksi kendaraan menggunakan asuransi, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga. Jadi, finansial kamu akan tetap aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut.

Biaya Asuransi TLO

Kita bisa menghitung premi biaya asuransi TLO berdasarkan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017. Ketentuan mengenai premi asuransi kendaraan, termasuk asuransi Total Loss Only, sudah ditentukan di dalam surat edaran OJK tersebut. 

Ketentuan ini mencakup perbedaan harga premi asuransi sesuai jenis kendaraan dan wilayahnya. Hal ini menentukan uang pertanggungannya juga.

Kisaran harga premi asuransi Total Loss Only berada pada 0,2% hingga 0,69% dari harga kendaraan nasabah dan dibayar sekali saja untuk mendapatkan perlindungan selama setahun penuh. 

Jadi, sudah tidak bingung lagi menentukan asuransi mobil yang tepat? Segera lindungi keuanganmu dan keluarga dengan proteksi finansial dari asuransi sekarang juga!

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network