Menyiapkan aktivitas seru anak selama pandemic Covid-19 menjadi tantangan sendiri bagi orang tua. Sebagai ibu, saya menyadari bahwa tidak selamanya anak-anak akan menurut untuk tetap di rumah saja. Apalagi untuk anak usia PAUD yang sebenarnya butuh sosialisasi dan bermain bersama teman-teman.

Ide Aktivitas Seru Anak

Perubahan rutinitas yang jadi sedikit membosankan bisa ayah bunda antisipasi dengan beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan.

Kegiatan-Kegiatan Seru

  1. Merancang Aktivitas Harian Bersama si Kecil

Tidak datang ke sekolah membuat anak kadang mengira bahwa ia sedang sekolah dan tidak mau belajar. Jadi penting untuk kita sebagai orang tua mendiskusikan kegiatan harian mulai dari bangun pagi hingga tidur di malam hari.

Libatkan si kecil untuk menetapkan waktunya lalu tempelkan jadwal yang sudah disepakati di pintu kamar agar si kecil selalu ingat. Selain melatih disiplin dan tanggung jawab atas pilihan aktivitasnya, rutinitas berperan mengurangi rasa jenuhnya. Walau di rumah, suasana sekolah tetap terasa.

  1. Membaca dan Bercerita

Literasi baca tulis penting untuk dikenalkan kepada anak sejak dini. Dengan membaca, anak-anak akan mendapat banyak kosa kata baru, pengetahuan baru, melatih daya ingat dan kreativitas mereka.

Agar kegiatan membaca jadi makin menyenangkan, ajak si kecil bercerita mengenai isi buku yang sudah dibaca. Kegiatan membaca juga bisa dilanjutkan dengan menggambar dan mewarnai. Ayah bunda bisa memberikan buku bacaan menarik sehingga anak tidak bosan dan semangat untuk membaca setiap hari.

  1. Menonton Video Edukatif

Selama pandemic covid 19, pembelajaran anak berubah menjadi metode daring. Selain mendengarkan penjelasan guru melalui video yang dikirim dan tugas belajar. Ayah bunda bisa mengkreasikan aktivitas belajar dengan menonton video edukatif yang banyak tersedia di channel youtube.

Sesuaikan tontonan dengan tema belajar mingguan si kecil. Misalnya nih, anak saya Ubay sedang belajar tema binatang. Nah, untuk menambah pengetahuannya saya mendownload video yang ada di channel National geographic kids. Ada banyak pilihan tema binatang yang menarik dan disukai anak loh.

Sebagai referensi, berikut beberapa channel edukatif untuk si kecil:

    • Nusa Official : Channel youtube anak Islami untuk mengajarkan adab dan akhlak
    • Pingfong Kid’s Song & Stories : ada banyak nyanyian dan tarian diiringi lagu edukatif yang bisa mengasah motorik anak
    • Kok Bisa : Untuk si kecil yang punya rasa ingin tahu tinggi dan menjawab banyak pertanyaan yang sering di tanya anak
    • 5- Minutes craf play : Banyak video DIY yang mengajarkan si kecil berkreasi membuat eksperimen dan karya seni
    • TheDadLab : Eksperimen seru ayah dan anak yang bisa menjadi inspirasi untuk orangtua melakukan percobaan bersama si keci
    • Netfilx Jr. – Ada banyak video edukatif yang dikemas dengan animasi dan lagu yang menarik, bahkan ada dongend dari buku juga loh
  1. Fun Cooking

Anak-anak sangat senang jika dilibatkan dalam pekerjaan orang tuanya. Kedua anak saya juga begitu, memberikan kesempatan pada mereka untuk membantu ternyata membuatnya senang. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama si kecil yaitu memasak bersama.

Buatlah makanan yang disukai anak seperti jajanan sekolah. Sosis goreng, bakso, nugget adalah beberapa jajanan yang mudah dibuat bersama anak-anak. Selain mengobati rasa rindu mereka dengan sekolah, anak-anak terasah motorik halusnya, lebih mandiri dan kreatif serta yang paling penting mereka jadi lebih ceria.

  1. Percobaan Sains Sederhana

Setelah menonton video sains, sekarang anak saya seringkali melakukan eksperimen. Melalui kegiatan ini si kecil bisa bermain dan belajar dengan cara yang menyenangkan. Banyak percobaan bisa ayah bunda temukan referensi di internet.

Misalnya mengajarkan anak mengenai Erupting Volcano. Caranya dengan membuat gunung api dengan botol dan koran bekas, lalu masukkan campuran pewarna, cairan pencucui piring dan baking soda. Nanti akan terlihat larva yang keluar dari letusan gunung berapi nya loh.

Ada juga eksperimen menggunakan air dengan es batu dan garam. Anak-anak bisa diibuat takjub saat sebuah benang yang awalnya tidak bisa menempel di es batu, bisa menempel setelah diberi garam.

  1. Berkebun dan Beternak

Aktivitas yang tak kalah seru lainnya adalah berkebun dan beternak. Ajak anak-anak untuk bertanggung jawab dengan jadwal menyiram tanaman dan memberi makan hewan peliharaan lainnya.

Di rumah, anak saya biasanya punya tugas memberi makan ayam di pagi hari dan ikan lele di sore hari. Mereka pun bergantian membersihkan ilalang dan membantu memanen sayur atau buah yang sudah ranum.

Kegiatan berkebun dan beternak membantu anak-anak melatih kemandirian dan life skillnya. Jika mereka mengerjakan tugas dengan baik jangan lupa untuk ucapkan terimakasih serta sesekali berikan apresiasi

Masih banyak aktivitas seru anak selama pandemic yang bisa dilakukan di rumah. Ayah bunda bisa berinovasi sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Tetap semangat ya untuk mendampingi si kecil bermain dan belajar!

Author