Membangun rasa percaya diri penting untuk bisa meraih kesuksesan. Dengan membangun rasa percaya diri kita punya kesempatan lebih besar untuk memanfaatkan peluang yang bisa mengubah hidup kita.

Rasa percaya diri akan membuat orang memiliki keberanian untuk menunjukkan kemampuannya dan berani berkompetisi. Sehingga mereka bisa berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Selain sulit untuk mendapatkan pekerjaan, rasa percaya diri yang kurang juga bisa mengganggu kehidupan sosial. Mereka merasa dirinya tidak punya kemampuan apa-apa, sehingga mereka menarik diri dari lingkungan pergaulan.

Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa menyebabkan gangguan mental yang serius. Maka dari itu alangkah lebih baik jika sedini mungkin kita melatih rasa percaya diri. Supaya kita bisa lebih optimis dalam menjalani kehidupan.

Meningkatkan dan Membangun Rasa Percaya Diri

1. Selalu berfikir positif

Dalam kehidupan ini kita tidak akan lepas dari berbagai macam persoalan kehidupan. Dalam menghadapinya kita harus selalu bisa bersikap positif. Dengan berfikir positif, hal tidak baik yang kita terima bisa menjadi sebuah kebaikan.

Misalnya saja ketika kita gagal dalam membangun sebuah usaha, jika berfikir positif, maka kita bisa mengambil hal positif dari kejadian tersebut.

Hal positifnya kita bisa mengevaluasi kekurangan kita. Sehingga nantinya hal tersebut bisa menjadi bekal untuk kita bisa bangkit lagi, menata hari depan yang lebih baik.

Begitupun ketika kita menghadapi komentar orang. Kita tidak bisa mengontrol komentar orang, kita hanya bisa mengontrol pikiran kita. Jadi ketika ada orang yang berkomentar tidak baik atau kurang menyenangkan. Kita harus pandai memilah-milahnya.

Apakah komentar tersebut bertujuan untuk menjatuhkan kita atau sebenarnya komentar tersebut bertujuan untuk membangun potensi kita. Jika tujuannya untuk menjatuhkan maka harus kita abaikan. Sebaliknya jika komentar tersebut bersifat membangun maka perlu kita dengar demi perbaikan kualitas diri.

2. Membuat target

Ada beberapa alasan kenapa orang hidupnya bermalas-malasan. Salah satu alasannya adalah karena tidak memiliki tujuan. Jadi hidup hanya apa adanya alias datar-datar saja. Maka dari itu, dalam hidup ini kita harus memiliki target.

Target ini yang akan membuat kita bersemangat dalam menjalani kehidupan. Misalnya saja tahun depan targetnya adalah bisa membeli mobil. Maka kita akan terfokus dengan target tersebut.

Ketika kita mulai bermalas-malasan maka target akan membakar kembali semangat kita. Sehingga rasa malas dan rasa tidak percaya diri akan terusir dengan sendirinya berganti dengan semangat untuk mencapai impian.

3. Menerima kekurangan

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah berani menerima kekurangan diri. Ketika kita menerima kekurangan diri maka kita akan punya kesadaran untuk melakukan perbaikan. Sebaliknya jika kita menolak kekurangan-kekurangan yang kita miliki.

Maka kita tidak akan punya kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan potensi diri. Tentunya kita yang akan merugi karena kita tidak melakukan perbaikan untuk menambal kekurangan kita.

Maka dari sekarang mulailah kita membuat daftar kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Jika kita kesulitan untuk menemukannya kita bisa bertanya kepada orang terdekat kita.

Pastikan orang yang kita ajak diskusi adalah orang yang benar-benar paham diri kita dan bukan orang yang berkeinginan untuk menjatuhkan kita. Sebab, jika salah pilih bukannya kita bisa menemukannya kekurangan untuk perbaikan diri tapi sebaliknya kita malah akan semakin minder.

4. Pilih lingkungan yang positif

Percaya atau tidak, lingkungan sangat mempengaruhi perilaku dan pola pikir kita. Jika lingkungan kita kurang mendorong kita untuk maju, maka kita juga tidak akan berkembang. Maka dari itu pilihlah lingkungan yang bisa mendorong kita untuk menemukan bakat dan juga mendukung kita untuk maju.

Sebab energi positif yang ada dilingkungan tersebut akan membuat kita selalu berpikir positif dan bersikap optimis. Sehingga dengan demikian tanpa kita sadari rasa percaya diri dalam diri juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan keberanian kita untuk menggali dan mengasah potensi yang kita miliki.

Artikel Pilihan: Gunung di Jawa Barat yang Cocok Didaki Bersama Si Kecil

5. Berani keluar dari zona nyaman

Zona nyaman memang memberikan kenyamanan. Tetapi ketika kita terus berada di zona nyaman kita tidak akan pernah mendapatkan pencapaian apapun. Maka dari itu kita harus berani keluar dari zona nyaman menuju zona tidak nyaman yang yang penuh rintangan dan juga tantangan.

Sebab di zona inilah kita akan bisa memperoleh pencapaian-pencapain yang mungkin selama ini tidak terpikirkan. Zona tidak nyaman akan memberikan kejutan-kejutan yang luar biasa atas kemampuan kita dan tentunya akan membuat rasa percaya diri kita naik berkali lipat.

Oleh karenanya tidak perlu takut apalagi ragu untuk segera memasuki zona tidak nyaman tersebut. Yuk, langsung mulai!

Nah, itulah tadi beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membangun rasa percaya diri. Sebenarnya hal ini tidak sulit karena kuncinya adalah kemauan. Selama kita punya kemauan pasti semua bisa kita lakukan. Semangat!

Author