Udon adalah salah satu mie khas Jepang selain Soba & Ramen. Pernah nyicip Udon? Kalo belum, coba deh diicip ya. Udah ada kok resto Udon yang berlabel halal, supaya nggak was-was makannya. Atau yang pandai masak, bisa kok masak sendiri. Udonnya juga udah ada yang dijual di supermarket. Jadi kita tinggal bikin bumbunya aja, lalu disantap deh

Udon Mie Jepang

Bentuk Udon memang terlihat agak ‘gemuk dan berisi’. saat dikunyah pun terasa kenyal. Jadi, setelah menyantapnya memang mengenyangkan. Bagi yang suka jenis mie yang gemukan, Udon pastinya jadi favorit.

Udon ini dibuat dari bahan tepung terigu yang dicampur dengan garam. Ngulik Wikipedia, ternyata Udon ini adalah makanan rakyat, harganya murah dan banyak dimakan sebagai pengganti nasi. Oh, begitu.

Berdasarkan cara pembuatan makanannya, lagi-lagi kepoin di wikipedia. Nah ternyata Udon ada yang dibikin dengan ‘tangan’, dinamakan Teuchi. Bikinan mesin dinamakan Kikaiuchi. Ada juga Udon yang dilebarkan dengan tangan, dinamakan Tenobe. Kalo soal harga ternyata lebih murah Udon yang diproduksi oleh mesin alias pabrik.

Bagaimana dengan kandungan nutrisi pada Udon? Di luar dari topping dan kuah ya. Untuk Udonnya saja, karena terbuat dari tepung terigu maka jelas adalah sumber karbohidrat. Untuk ukuran porsi 100 gram, Udon mengandung 73,62 gram karbohidrat dan 11,82 gram protein. Gimana nggak kenyang tuh? Kalo lemak, ya sekitar 1,42 gram. Total mengandung 361 kalori.

Jadi, kalo laper dan kebetulan ada menu Udon, santap aja. Udon sebagai sumber karbohidrat jelas bukan cemilah ya. Makanan ini terkategori ‘makanan wajib’ alias bisa masuk menu di salah satu waktu bagian makan tiga kali sehari. Cocoknya sih buat makan siang dan makan malam nih.

Udon bisa disajikan baik digoreng ataupun direbus. Menunya rupa-rupa aneka ragam lo Udon ini. Ada yang bisa disajikan hangat ada juga yang dingin. Kalo mau tau gimana rupa beragam menu Udon sekalian nyicip, langsung aja deh cus ke resto Udon yang ada di kotamu. Saya sendiri hanya pernah nyicip Udon yang digoreng. Belum pernah yang berkuah.

Macam-macam Mie Udon

Intip-intip menu di salah satu resto Udon, saya share dikit deh gimana menu Udon yang beraneka ragam ini.

  1. Kamage Udon
    Cocok dinikmati saat cuaca dingin. Udon yang direbus langsung disajikan bersama air rebusannya. Dimakan bareng bukake dashi (saus celup yang terbuat dari ikan dan rumput laut plus shoyu).
  2. Zaru Udon
    Udon yang sudah direbus, didinginkan dengan air es kemudian ditiriskan. Udon disajikan di atas alas terbuat dari bambu. Sausnya juga bukake dashi tapi yang dingin. Menu ini cocok dinikmati saat cuaca panas.
  3. Kake Udon
    Udon ini juga disajikan hangat bersama kuah kake dashi. Jadi disantap selagi hangat dong.
  4. Niku Udon
    Udon ini juga cocok disantap hangat. Nilai plusnya adalah ada lauk daging sapi sukiyaki. Jadi hangat-hangat dimakan bersama kuah kake dashi plus lauk daging sapi, wih mantap kan.
  5. Chicken Katsu Curry Udon
    Bagi yang pengen nyicip kari ala jepang dan menjadi kuah Udon, bisa diicip nih. Lauknya chicken katsu lo. Kenyang pasti!
  6. Yaki Udon Beef
    Udon versi non kuah alias digoreng. Lauknya jelas dong ada beefnya. Enak nih buat makan siang ditemenin ocha dingin.
  7. Yaki Udon Chicken
    Sama ya, bukan versi berkuah alias digoreng. Ada taburan daging ayam sebagai topping pada Udon.

Dari 7 jenis menu Udon itu aja pasti bingung ya mau nyicip yang mana. Kalo di Jepangnya sih, jenis Udon lebih beragam lagi dan dijamin akan lebih bingung lagi milih mau nyicip yang mana hehehe.

Kalo makan Udon, apa bisa didampingi semacam gorengan atau mungkin ada pangsitnya gitu? Ya bisa banget dong. Jadi untuk temen makan Udon sebenarnya tuh udah ada. Contohnya aja Udon curry kan ada chicken katsunya tuh, terus ada juga Tori Baitan Udon nah ini nih ada bakso ayamnya.

Kalo mau nambah temen makan selain lauk yang udah sepaket dengan Udon yang disajikan sih bisa aja. Kan laper tuh, supaya nambah kenyang. So, kita bisa pesen tempura yang macem-macem aneka ragam jenisnya. Ada ebi tempura, chikuwa (otak-otak ikan ala Jepang), kakiage (tempura sayur…jadi keinget bakwan hehe), yakitori (sate ayam ala jepang), tsukune (sate daging ayam cincang) dan lain-lain.

Nah, udah siap mo nyicip Udon? Yuk. Jangan lupa mampir ya untuk ‘intip kuliner

Author