Media sosial saat ini bukan hanya menjadi ajang pamer foto OOTD, namun juga bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Namun untuk bisa memanen hasil dari media sosial, tentu saja Anda harus melakukan banyak usaha. Jika Anda merasa bingung bagaimana memulainya, coba saja praktekkan 7 tips sukses jadi influencer di bawah ini.

  1. Tentukan Brand Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin mengoptimalkan media sosial yaitu menentukan branding diri. Cara menentukan branding diri termudah yaitu dengan bertanya kepada diri sendiri, seperti apakah Anda ingin dikenal oleh orang banyak? Apakah sebagai ibu yang suka masak, atau perempuan muda yang suka hidup sehat, atau mungkin ingin dikenal sebagai penulis?

Setelah menentukan brand, selanjutnya Anda harus mulai membuat beberapa foto terkait dengan brand tersebut. Anda juga sebaiknya sering mendatangi event yang sesuai dengan brand diri. Jangan lupa setiap memperkenalkan diri, sebutkan nama dan brand yang Anda miliki.

  1. Tak Harus Akun Baru

Untuk memulai lembaran baru brand yang telah Anda tentukan, tidak harus dengan membuat media sosial baru. Anda bisa kok menggunakan akun media sosial yang telah ada. Jika Anda merasa postingan lama di media sosial tak cukup mewakili brand yang diusung sekarang, maka Anda bisa menyimpan postingan-postingan lama sebagai archive atau menghapusnya.

  1. Gunakan Akun Bisnis/ Kreator

Jangan lupa jika Anda memang berniat menjadi seorang influencer yang profesional, gunakan akun bisnis atau kreator di Instagram Anda. Akun bisnis atau kreator memberikan kemudahan bagi Anda saat ingin mengecek engagement di tiap postingan.

Untuk pemilihan nama akun, sebaiknya gunakanlah nama yang sama untuk semua platform media sosial. Penggunaan nama yang sama ini untuk semakin meningkatkan branding Anda. Nama akun tak harus selalu sama dengan nama asli. Anda bisa memilih nama akun yang unik, mudah diingat dan menggambarkan brand yang Anda bawa.

  1. Perhatikan Kualitas Foto

Kekuatan media sosial terletak pada kualitas foto dan caption yang menyertainya. Maka pastikan untuk mengambil foto dengan kualitas terbaik. Jika perlu, Anda bisa mengambilnya dalam beberapa take hingga mendapat foto yang terbaik. Sebagai influencer pemula, Anda tak harus membeli kamera digital jika memang belum memilikinya. Saat ini kamera-kamera ponsel pintar pun sudah cukup menghasilkan foto yang berkualitas.

  1. Rapikan Feed Anda

Tips sukses jadi influencer berikutnya yaitu rapikan feed media sosial Anda, terutama instagram. Anda bisa mengatur susunan foto hingga menghasilkan feed yang teratur. Anda juga bisa menentukan tone warna untuk feed, sehingga jauh lebih menarik dan nyaman dilihat. Jangan lupa berikan caption yang menggelitik dan mengundang banyak orang untuk berkomentar.

  1. Atur Jadwal Posting

Disebut sebagai influencer jika postingan Anda dianggap memberikan pengaruh kepada banyak orang. Untuk bisa memberikan pengaruh, artinya Anda harus posting secara konsisten. Maka, jika Anda ingin menjadi influencer yang profesional, Anda harus memperhatikan jam-jam posting yang paling banyak ditunggu orang. Setidaknya minimal Anda posting satu konten. Bahkan menurut beberapa digital marketing specialists, ada yang disebut dengan the power of three. Maksudnya dalam sehari minimal seorang influencer harus posting tiga foto.

  1. Terlibat dengan Followers

Selain konsisten posting, Anda juga harus mau terlibat dengan followers. Selalu balas komentar-komentar yang masuk. Followers akan merasa diperhatikan jika Anda membalas komentar-komentar tersebut. Selain itu dengan semakin sering Anda terlibat dengan followers dan teman-teman seprofesi, semakin naik pula engagement rate akun media sosial Anda.

Menjadi viral di saat seperti sekarang bukanlah hal yang sulit. Namun pastikan jika Anda ingin menjadi influencer yang baik, virallah dengan aktivitas positif. Bukan karena hate speech, ataupun aktivitas konyol lainnya yang tak bermanfaat. Semoga 7 tips sukses jadi influencer di atas bisa membantu Anda mengoptimalkan media sosial dengan sebaik-baiknya. Salam kreatif!

Yuk gabung ke sosmednya BRT Network:
Instagram: https://www.instagram.com/brtnetwork.id
Twitter: https://www.twitter.com/brtnetworkid

Author