Hai, hai jumpa perdana di sini bersama Fenni Bungsu. Adakah yang malas untuk membersihkan wajah? Atau bingung, bagaimana sih menemukan pembersih wajah yang cocok untuk kulit kita? Kegalauan tersebut, terkadang menjadikan enggannya untuk membersihkan wajah. Apalagi bila ternyata kesibukan sangat padat merayap.

Berangkat dari rumah gelap hingga pulang ke rumah gelap lagi, yang tanpa disadari juga akan menimbulkan area gelap di wajah bila tidak rutin dibersihkan. Atau repotnya mengurus urusan domestik di dalam rumah, bahkan yang sedang menjalani kegiatan work from home maupun school from home memungkinkan adanya faktor M alias Malas, yang melanda.

Debu dan keringat yang tak dapat kita hindari baik karena kita rajin keluar rumah maupun hanya di rumah saja, tetap juga harus rutin membersihkan wajah. Manfaat dari rutin membersihkan wajah, tidak hanya akan memberikan efek cerah, bersih, dan sehat saja.

Bisa pula akan berdampak pada kekenyalan pada kulit, perlindungan wajah dari radikal bebas, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan pembersih wajah, beberapa diantaranya seperti facial wash, micellar water, maupun susu pembersih wajah.

Tiga Tips Memilih Produk Pembersih Wajah

Nah untuk memilih pembersih wajah yang cocok untuk kulit kita, bisa dilihat dari jenis kulitnya apa. Sebab ada yang kulit normal, kering, berminyak, dan jenis kulit kombinasi (area T zone berminyak, sedangkan bagian wajah lainnya kering). Maka bisa melakukan tips berikut, yaitu:

  1. Cek pada bagian produk skin care dikhususkan untuk jenis kulit apa, bisa di depan atau di bagian belakang kemasan. Misalnya kulit wajah kamu adalah normal to dry, maka carilah skin care yang dikhususkan untuk kulit kering, atau all skin type. Jangan pilih yang kebalikannya, yaitu normal to oily. Begitu juga sebaliknya.
  2. Baca kandungan yang tertera pada produk pembersih wajah tersebut, adakah komposisi bahannya tidak cocok di kulit wajah atau tidak.
  3. Khusus untuk kulit wajah yang cenderung sensitif, menurut saya lebih baik mencari produk yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif, agar dalam pemakaiannya tidak menimbulkan rasa khawatir.

Masa Pengenalan dengan Produk Pembersih Wajah

Masa pengenalan produk pembersih wajah penting juga nih untuk dipahami. Jangan hanya memikirkan hubungan kamu dan si dia saja yang perlu ta’aruf, dengan skin care pun harus loh, hehe. Reaksi yang ditimbulkan produk tersebut ke kulit wajah, tergantung dengan kondisi masing-masing ya.

Ada yang bisa hari itu juga, hari ketiga, seminggu, bahkan satu bulan setelah pemakaian. Untuk itu saat kamu mencoba produk pembersih wajah entah itu facial foam, facial wash, maupun berupa whip facial untuk digunakan sebelum menggunakan make up, dan sebelum tidur perhatikan perkembangannya setiap hari.

Bila ternyata tidak cocok dengan produk tersebut, misalnya timbul gangguan pada kulit wajah seperti jerawat, bruntusan, kulit wajah memerah, maka hentikanlah pemakaiannya. Oh iya, saya lupa menyampaikan, upayakan saat sedang mencoba satu produk skin care baru, jangan pula mencoba produk baru lainnya.

Misalnya kamu membeli 2 produk skin care yaitu pembersih wajah dan krim siang, usahakan fokus dulu dengan penggunaan salah satunya. Hal ini untuk memudahkan pencarian ketika ada satu produk yang tidak cocok dengan kulit wajah kamu. Begitupun seterusnya.

Terus bagaimana bila tidak ada kecocokan antara kami, dan ingin cepat move on dari nya? Netralkan lebih dulu kondisi wajah kamu sekitar minimal sekitar satu minggu. Pada saat tersebut, kamu bisa gunakan pembersih wajah dari bahan alami misalnya jeruk nipis, masker timun, masker bengkoang, dan sebagainya.

Atau kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter bila ternyata menimbulkan iritasi kulit yang perlu penanganan lebih lanjut.

Dengan mengetahui trik di atas, maka kita bisa lebih rutin lagi untuk membersihkan wajah dan semakin mengenal dengan kondisi wajah kita. Apalagi sudah banyak brand yang menghadirkan produk terbaiknya untuk membantu kita agar wajah lebih berseri-seri.

Baik yang bekerja di kantor maupun bekerja dari rumah, rutin membersihkan wajah perlu dilakukan ya. Semoga artikel beauty  ini bermanfaat, dan SemangatCiee kuy menjadikan kulit wajah kita lebih sehat, segar, terawat, dan bisa glowing juga kan.

Author