Jika berbicara soal fungsi make-up, saya jadi teringat seorang teman yang berprofesi sebagai penyiar dan MC (Master of Ceremony). Doi tidak hanya bekerja di dalam kantor radio, tapi juga seringkali harus bertemu narasumber di luar kantor serta memandu sebuah acara formal maupun non formal.

Kegiatannya ini pasti akan menuntut penampilan yang sopan, cantik, serta enak dilihat. Namun, ada satu kondisi di mana doi harus bekerja tanpa polesan make-up sama sekali. Alhasil, mengurangi performa saat bekerja.

Usut punya usut, ternyata suaminya yang melarang menggunakan make-up di luar rumah walaupun kondisi sedang bekerja. Alasannya adalah menghindarkan teman saya itu dari godaan lawan jenis. Ya, mungkin suami bermaksud menjaga istrinya dari lingkungan luar.

Fungsi Make-Up Bagi Wanita

Namun, benarkah make-up memang sebatas berfungsi untuk memikat lawan jenis? Atau menjadi pemicu godaan bagi lawan jenis untuk mendekati perempuan?

Tidak dipungkiri, dari sejarah dan kodratnya menggunakan make-up memang membuat perempuan lebih cantik dan menarik. Lebih jauh, bisa menarik perhatian dan mungkin “hati” lawan jenis. Tidak bisa dipungkiri, alasan ini pula yang membuat banyak orang berpikir bahwa perempuan menggunakan make-up bertujuan untuk mencari perhatian lawan jenis.

Sebagaimana dalam sebuah jurnal di situs ubaya, memang fungsi make-up bagi perempuan adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menutupi kekurangan yang ada. Akan tetapi, fungsi make-up juga tidak hanya sebatas itu. Ada beberapa fungsi make-up bagi perempuan yang sebenarnya lebih tinggi nilainya ketimbang sekedar memikat lawan jenis.

Pertama, Fungsi Make-Up untuk Menghargai Orang Lain

Make over tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penampilan, tetapi nilainya lebih dari itu. Mengaplikasikan make-up di wajah bisa menutupi wajah lelah karena kurang tidur, terlalu banyak beraktivitas, serta memberikan efek segar pada wajah.

Lawan bicara akan lebih merasa dihargai bila kita memiliki aura positif, percaya diri, dan penuh semangat. Oleh karena itu, merias wajah tidak melulu soal mempercantik diri, tapi berfungsi untuk meningkatkan profesionalisme saat bekerja.

Apabila kita memberikan kesan bersemangat dan profesional, maka komunikasi akan lebih nyaman.

Tidak hanya dalam pekerjaan, sebenarnya, membuat penampilan fisik yang menarik dan segar bisa juga menciptakan pergaulan yang lebih bersemangat. Bagus kan?

fungsi make-up bagi wanita

Kedua, Make-Up untuk Menyenangkan Diri Sendiri

Selain menghargai orang lain, make-up juga bermanfaat untuk membuat perempuan lebih merasa senang. Penampilan fisik yang menarik dan segar akan meningkatkan rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri.

Wanita merasakan kesenangan sendiri saat memoles wajah mereka dengan riasan. Merias wajah yang bisa dilakukan oleh perempuan manapun, baik kulit putih, sawo matang, hitam, tirus, bulat, gemuk, ramping, membuat perempuan lebih menghargai dirinya sendiri.

Bukankah itu merupakan kondisi psikologis yang sehat? So, memoles wajah bisa termasuk cara perempuan dalam menghargai dan mencintai dirinya sendiri ya.

Ketiga, Make-Up untuk Melindungi Kulit

Make over biasanya menggunakan foundation dan BB cream. Kedua bahan tersebut biasanya mengandung SPF yang bisa menjadi tabir surya yang melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Lapisan bahan make-up tersebut juga dapat melindungi kulit wajah dari polusi ketika sedang beraktivitas di luar rumah. Perlindungan wajah ini bisa mencegah penuaan dini, komedo dan jerawat.

Keempat, Menonjolkan Kecantikan Alami

Setiap perempuan punya kecantikan alami bawaan yang berbeda satu sama lain. Seperti dilansir dari lifestyle okezone.com, merias wajah bisa menjadi cara perempuan menampilkan kelebihannya.

Bagi yang memiliki mata besar, ia bisa memberikan sentuhan lebih banyak pada riasan mata. Apabila memiliki bibir yang cantik, aplikasi lipstik yang sedemikian rupa bisa menonjolkan kelebihan pada bibir perempuan.

Menonjolkan kelebihan diri merupakan hal yang positif sehingga pada akhirnya perempuan semakin percaya diri dan mencintai dirinya.

Nah, itulah fungsi make-up bagi wanita. Rasanya, bila tujuan make over adalah untuk poin-poin di atas, pasti akan sangat positif efeknya bagi perempuan itu sendiri.

Bagaimana? Apakah masih menganggap make-up semata-mata untuk menarik perhatian lawan jenis?

Author