4 Tempat Wisata Pilihan di Cibinong Bogor

Daripada Cibinong, mungkin kamu akan lebih mengenal Bogor

Padahal … Cibinong merupakan kecamatan yang menjadi pusat pemerintahan dari Kabupaten Bogor. Sementara, Bogor yang kebanyakan diingat orang, merupakan sebutan untuk Kota Bogor, si Kota Hujan, tempat dimana Istana Kepresidenan berada. Yap, Istana Bogor.

Kalau melihat lebih luas ke keseluruhan wilayah Kabupaten Bogor, ada banyak sekali destinasi wisata yang sangat bisa menjadi incaran untuk dikunjungi. Banyak pula yang memang sudah tersohor sejak lama, semisal kawasan Puncak, Sentul, atau Gunung Salak, dan Gunung Pangrango.

Walau Cibinong mungkin pamornya nggak sehits beberapa nama wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Bogor, kelak jika kamu sedang ingin mencari tempat berkunjung yang nggak perlu terlalu jauh kamu sambangi dari DKI Jakarta, maka Cibinong bisa jadi salah satu pilihanmu.

Alasan klisenya sebenarnya, sebab kawasan Cibinong lebih dekat dari Jakarta. Berdempetan dengan wilayah Depok. Jika kamu bosan dengan macetnya kawasan Puncak maupun Sentul, kenapa nggak, kamu pilih untuk menikmati one day trip ke sekitaran kawasan Cibinong saja?

Tempat Wisata Pilihan di Cibinong Bogor

Lalu, tempat mana saja sih yang bisa dikunjungi kalau mampir ke Cibinong?

Kebun Raya Cibinong

Kaget ya, kok Kebun Raya Bogor punya saingan? Hihihi …

Yes, Kebun Raya Cibinong merupakan adik dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. Dibanding kedua kakaknya yang sudah lebih lama ada pun dikenal khalayak ramai, Kebun Raya Cibinong yang baru dibuka sejak Desember 2020 ini, lebih menitik beratkan pada pengenalan berbagai budidaya tanaman akuatik, dengan pembagian tanaman yang familianya dikumpulkan berdasarkan asal pulaunya di Indonesia.

Jika kamu tergoda untuk berkunjung ke sana, maka penampakan danau luas dengan jembatan kayu yang bisa kamu nikmati. Akan lebih indah, saat kamu berkunjung di pagi hari. Bukan hanya berbagai jenis tanaman danau yang bisa kamu temui, bahkan suasana cantiknya, sejak lama telah menggoda calon pengantin untuk melakukan sesi photo pre-wedding di sana.

Lho, bukannya itu Danau Dora Ecopark ya? Tempat dimana biasanya warga Cibinong melakukan sesi pemotretan atau sekadar jalan-jalan pagi maupun sore?

Benar sekali. Kini keberadaan kawasan Danau Dora sudah dilebur, menyatu dengan wilayah Kebun Raya Cibinong. Bersanding dengan dua danau lainnya, yaitu Danau Dori dan Danau Walini. Fasilitas yang disediakan pun makin lengkap, mulai dari gedung pertemuan, mushola, bahkan ada taman bermain anak, di dalam kawasannya.

Kawasan Stadion Pakansari

Mau ngapain sih, mampir ke stadion? Nggak ada niat buat nonton pertandingan olahraga tuh.

Hey, kamu tahu nggak sih, kalau wilayah di sekitaran Stadion Pakansari sering dijadikan sebagai pusat kegiatan warga. Mulai dari sekadar jalan-jalan sore untuk menikmati suasananya yang asri, melakukan olahraga ringan semisal jogging terutama di akhir pekan, termasuk pula adanya pasar dadakan yang sering muncul di kawasan lingkaran Pakansari.

Di sisi lain, keberadaan Stadion Pakansari, serupa ikon dan kebanggaan bagi masyarakat Cibinong. Walau memang, nggak hanya keberadaan stadion ini saja sih yang menjadikan nama kecamatan Cibinong, banyak diingat orang, terutama oleh warga kabupaten Bogor.

Dengan makin menjamurnya berbagai tempat makan di sekitaran Stadion Pakansari, menjadikannya sebagai kawasan yang belakangan ini menjadi daerah incaran para pejalan untuk berburu kuliner masa kini. Beberapa café unik pun menjamur di sekitarannya.

Kawasan Pemda Cibinong

Hampir sama dengan kawasan kulineran yang ada di sekitaran stadion Pakansari, kawasan sekitaran Pemda Cibinong pun sama. Bedanya, sebab sudah lebih dulu dikenal, maka pilihan tempat makannya lebh terasa untuk berwisata kuliner bersama keluarga. Sementara yang berada di sekitaran stadion memang lebih banyak bernuansa muda-mudi.

Di sekitaran kawasan Pemda Cibinong pun, terdapat taman bermain anak yang biasa dimanfaatkan warga. Ada pula Lapangan Tegar Beriman yang menjadi salah satu ikon lain dari kecamatan Cibinong.

Dibandingkan kawasan Stadion Pakansari yang seringnya ramai sejak pagi hari, kawasan Pemda Cibinong lebih banyak didatangi warga untuk menikmati waktu jelang senja.

Cibinong City Mall

Sebenarnya, ada beberapa pusat perbelanjaan yang sudah lebih dulu ada di Cibinong, terutama di sekitaran Jalan Mayor Oking yang juga dijadikan sebagai pusat kuliner dan pertokoan. Namun seiring berjalannya waktu, pusat perbelanjaan itu mulai banyak ditinggalkan semenjak kehadiran dari sebuah mall besar yang kemudian oleh warga sering disebut dengan nama CCM.

Lokasinya yang berada di kawasan sekitaran Pemda Cibinong, juga fasilitas beserta tenant-nya yang banyak dan modern, menjadikan pusat perbelanjaan ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Cibinong. CCM dianggap sebagai ikon lain, seolah Cibinong, walaupun masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan nggak sehits kawasan Sentul, juga punya mall besar.

Banyak juga penginapan yang memang letaknya nggak terlalu jauh dari mall CCM ini, sehingga kalau pun kamu berniat untuk melewatkan satu malam di Cibinong, tentu saja nggak akan sulit menemukan penginapan yang cocok.

Jadi, jika kamu ingin berlibur, tapi nggak tahan untuk menghadapi kemacetan menuju kawasan Puncak, Sentul, atau Kota Bogor, semoga saja Cibinong bisa cukup menyenangkan hatimu dan menjadi lokasi vakansi pilihan kamu.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network