Traveling ke Lombok, Asyiknya Ngapain aja?

Traveling ke Lombok, Asyiknya Ngapain aja? Pulau Lombok gak melulu tentang pantai, ada banyak hal asyik yang bisa dilakukan di sini, mulai dari wisata kuliner, eksplor air terjun, dan lainnya. Saat ada waktu luang atau masa liburan, daerah mana di Indonesia yang paling ingin kalian kunjungi?

Kalau jawabannya adalah Lombok, maka kalian perlu membaca artikel ini. Setidaknya, sebagai gambaran apa saja sih hal asyik yang bisa dikunjungi dan dilakukan di Pulau Seribu Masjid tersebut.

Traveling ke Lombok

“Jangan ke Lombok, nanti gak mau pulang” adalah sebuah quote yang sering kita dengar, terutama dari kawan maupun kerabat kita yang berdomisili atau merupakan orang Lombok. Quote itu ada benarnya juga sih, entah sudah berapa banyak wisatawan merasakan “kutukan” quote itu. Hahahaha. Berapa hari, seminggu, bahkan lebih waktu untuk traveling ke Lombok, seolah tak pernah cukup untuk menuntaskan rasa penasaran akan pulau yang indah ini.

Ada banyak sekali pantai dengan ciri khas keindahannya masing-masing, air terjun. aneka kuliner, hingga destinasi dan aktivitas lainnya yang perlu kalian kunjungi. Jadi, traveling ke Lombok, asyiknya ngapain aja?

Wisata Kuliner, dari Plecing Kangkung hingga Sate Rembiga

Bagi kalian yang doyan pedas, pasti bakal cocok banget nih sama cita rasa kuliner Lombok. Bagaimana tidak, sebagian besar kuliner di sini memang bakal bikin lidah kalian huh-hah-huh-hah, alias kepedasan! Entah itu menu nasi, lauk, hingga sayurnya, nyaris semuanya pedas! Salah satu yang terkenal yaitu Plecing Kangkung.

Eh udah pada tahu belum kalau Kangkung di Lombok tuh segarnya minta ampun, bisa dibandingkan deh dengan yang ditanam di daerah lainnya. Kangkung di sini paling sering diolah menjadi menu plecing, yaitu campuran Kangkung dan Tauge rebus, kelapa parut, dengan sambal tomat cobek khas sini.

Selain Plecing Kangkung, ada lagi nih menu ngehits lainnya yang selalu diincar para wisatawan. Namanya Sate Rembiga. Sate daging yang sudah dimarinasi dengan bumbu khas, yang enaknya minta ampun deh. Ada yang bilang pedas, ada juga yang bilang rasanya pedas manis. Tapi bagi saya pribadi, ini sih banyakan manisnya.

Oh iya, yang khas dari Sate Rembiga adalah tekstur dagingnya yang empuk dan bumbunya yang sangat meresap! Gak heran kalau kuliner ini sering dijadikan oleh-oleh bahkan dipesan lewat berbagai jasa titipan (jastip) oleh mereka yang tinggal di daerah di luar Lombok.

Eksplor Beragam Air Terjun Indah di Lombok

Senang wisata air, tapi bosan dengan pemandangan pantai? Eksplor beragam air terjun indah di Lombok adalah solusinya. Kebayang gak tuh asyiknya menyusuri hutan, menyeberangi kali, melewati bebatuan, untuk menemukan keindahan air terjun. Menariknya lagi, setiap air terjun tentunya memiliki keindahannya masing-masing.

Ada yang indah karena ketinggiannya, maupun karena pemandangan di sekitarnya. Beberapa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan yaitu air terjun Tiu Kelep, Sendang Gile, Mangku Sakti, Benang Kelambu, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, air terjun di Lombok tidak semuanya sulit diakses kok, tapi yang pasti, semakin sulit dan jauh aksesnya, terkadang semakin indah pula surga bernama air terjun itu.

Wisata sambil Belajar dari Pecinta Lingkungan

Bosan dengan aktivitas wisata yang begitu-begitu saja? Kenapa tidak wisata sambil belajar mencintai lingkungan? Tentunya dari mereka, para pecinta lingkungan. Seperti apa sih? Nah, di Lombok sendiri ada sejumlah tempat yang bisa kalian datangi.

Beberapa diantaranya yakni, Mbak Aisyah Odist dari Bank Sampah NTB Mandiri dan Pak Theo dengan surga kertasnya bernama The Griya Lombok. Ya, kalian bisa belajar bagaimana mengelola sampah dengan baik.

Entah itu sampah organik maupun anorganik, lewat Mbak Aisyah Odist, pemilik Bank Sampah NTB Mandiri. Bank sampah yang pengelolaan yang berbeda dari bank sampah pada umumnya. Selain itu, ada pula Pak Theo, seorang seniman kertas. The Griya Lombok, merupakan rumah sekaligus galerinya tempat ia membuat dan memajang karya seninya yang terbuat dari kertas. Ada daun pintu, kursi, meja, dan sejumlah perabot lainnya berbahan dasar kertas.

Selain tiga hal tersebut, tentunya masih ada banyak sekali aktivitas seru lainnya yang bisa kalian lakukan saat traveling ke Lombok. Gunakan waktu yang ada selama di Lombok sebaik mungkin, dan tetaplah menjadi traveler yang bijak.

Jaga kebersihan destinasi wisata yang didatangi, infokan kepada pengelola jika ada hal yang kurang berkenan, serta bantu kabarkan kepada yang lainnya ketika kalian menikmati suasana di Lombok.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]