Bersepeda Aman dan Nyaman di Normal Baru

Saat ini sepeda menjadi pilihan banyak orang untuk berolahraga. Sepeda menjadi trend baru tidak hanya sebagai alat transportasi saja. Kini banyak yang memilih bersepeda sebagai sarana berwisata atau melepaskan penat bersama teman-teman, pasangan bahkan keluarga.

Bersepeda kini menjadi olahraga yang banyak dipilih banyak orang menyusul trend gaya hidup sehat terus digaungkan. Hampir setiap saat dan di jalanan terlihat orang bersepeda. Karena tidak hanya menyehatkan ataupun sebagai alat transportasi, sebagian orang juga memilih bersepeda sebagai salah satu bentuk menghilangkan penat.

Agar aman selama bersepeda tentu harus memperhatikan apa tujuan bersepeda, apakah sekadar untuk berolahraga atau hanya sekedar sebagai sarana berwisata. Selain itu tentu saja harus memperhatikan jarak tempuh yang ideal serta durasi bersepeda.

Sayangnya banyak yang masih lalai memperhatikan keamanan, selama bersepeda mulai dari lupa pakai masker, tidak pakai helm hingga berkerumun. Tentu sebaiknya kita harus memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam bersepeda. Selain itu apakah tujuan kita bersepeda, apakah hanya sekedar untuk berolahraga atau hanya untuk berwisata.

Tips Bersepeda Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Ketika bersepeda kita harus memperhatikan jarak tempuh dan durasi bersepeda.Karena setiap orang memiliki daya tahan yang berbeda selama bersepeda, apalagi jika menderita cedera lutut atau mengalami masalah di lutut, harus benar-benar memperhatikan masalah ini. Pasalnya bersepeda tentu berbeda dengan olahraga jalan sehat atau berlari.

Dan tentunya kita juga harus memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan benar-benar prima. Jika kondisi tubuh tidak fit sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Karena tujuan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan kita bukan malah sebaliknya.

Tips Aman Bersepeda

Untuk yang memilih bersepeda sebagai aktivitas sehari-hari ataupun hanya sebagai ajang rekreasi tentu tidak boleh sembarangan. Berikut tips aman bersepeda di fase normal baru seperti saat ini.

1. Bersepeda Sendiri

Untuk menjaga keamanan selama masa pandemi Covid-19, sebaiknya lakukan olahraga sepeda sendirian dan hindari bersepeda kelompok. Jika ingin bersepeda dengan rombongan sebaiknya lakukan dengan anggota keluarga yang tinggal serumah yang sudah dipastikan sehat.

2. Lengkapi Alat Pelindung Diri

Sama seperti mengendarai kendaraan bermotor, jika bersepeda tentu harus melengkapi diri dengan helm. Meski terkadang dianggap remeh, helm menjadi salah satu alat pelindung diri agar aman bersepeda. Sebaiknya pilih helm yang sesuai dengan standar olahraga sepeda. Selain itu meski bersepeda kita juga membutuhkan lampu penerang saat berada di jalan yang gelap. Termasuk juga melengkapi sepeda dengan bel sepeda.

3. Gunakan Masker

Selama Pandemi Covid 19, kita dianjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan sehingga agar aman bersepeda tentu kita juga harus menggunakan masker. Sebaiknya pilih masker khusus untuk olahraga dengan bahan yang cepat kering. Masker ini juga bisa melindungi dari debu dan asap kendaraan bermotor jika bersepeda di jalan raya.

4. Siapkan Minum

Tentunya untuk melindungi agar tetap terhidrasi dan aman selama bersepeda, sebaiknya kita menyiapkan minum sendiri. Sehingga kita tidak perlu singgah ke warung atau mini market hanya untuk membeli minum. Hal ini untuk meminimalisir bersinggungan dengan banyak orang.

5. Waktu dan Tempat Bersepeda

Waktu dan tempat olahraga bersepeda juga menentukan sekali agar aman bersepeda karena jika waktu tidak tepat bisa jadi kita terjebak kemacetan karena jalanan yang padat dan ramai oleh kendaraan bermotor. Sebaiknya kita memilih waktu dan tempat yang benar-benar tepat untuk bersepeda. Jika ingin bersepeda di jalan raya sebaiknya pilih waktu di jam 05.30 pagi hari karena belum banyak yang berangkat bekerja atau pergi ke sekola. Selain itu durasi waktu bersepeda jika hanya untuk menjaga kesehatan cukup selama 30 atau 60 menit saja.

Karena setiap orang memiliki daya tahan yang berbeda selama bersepeda, apalagi jika menderita cedera lutut atau mengalami masalah di lutut, harus benar-benar memperhatikan masalah ini. Pasalnya bersepeda tentu berbeda dengan olahraga jalan sehat atau berlari.

Selain itu kita harus memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan benar-benar prima. Jika kondisi tubuh tidak fit sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Karena tujuan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan kita bukan malah sebaliknya.

Nah itu tadi tips aman bersepeda, semoga bisa membantu, jika kalian melakukannya In Syaa Allah akan bisa melindungi diri dan bisa tetap aman dan nyaman bersepeda, selalu patuhi prokes juga ya dengan ketat.

 

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network