6 Tips Memilih Template Blog yang Tepat

Memilih template blog sebenarnya bukan hal yang sulit karena saat ini sudah banyak theme yang tersedia baik itu di blogger maupun wordpress.

Apalagi di situs-situs penyedia template. Mulai dari template gratisan hingga template premium (berbayar), semua ada di sana. Kamu bebas memilih sesuai selera.

Namun banyaknya variasi template yang ada bisa membuat kamu kebingungan dalam menentukan pilihan. Malah jika tidak menemukan template yang cocok, kemungkinan besar kamu akan sering gonta-ganti template.

Itulah sebabnya kamu perlu tahu cara memilih tema yang tepat. Terlalu sering gonta-ganti template dapat membawa efek yang buruk karena mempengaruhi posisi SERP blog di mesin pencari bahkan menurunkan traffik.

Tentunya kamu tidak ingin kehilangan pengunjung hanya karena masalah template, kan?

Tips memilih template blog yang tepat

Memilih template blog tidak boleh sembarang karena berkaitan erat dengan kenyamanan pengunjung.

Memang yang terpenting dari sebuah blog adalah konten namun tak dimungkiri betah atau tidaknya pengunjung di blog kita juga berkaitan erat dengan template.

Sekalipun konten kamu bagus tetapi kalau template yang kamu gunakan no user friendly, susah diakses, kecepatan loadingnya lambat ya pasti pengunjung bakal kabur.

Nah, agar kamu tidak kebingungan dan salah pilih tema, simak yuk tips memilih template blog yang tepat berikut ini.

Pilih template sesuai niche dan kebutuhan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika hendak memilih template jangan sekadar fokus dengan tampilannya saja. Tampilan menarik tetapi kalau tidak sesuai dengan niche blog jadinya tidak match.

Blog dengan niche techno jelas tidak akan cocok menggunakan template beauty. Paham, kan? Ya kecuali kalau kamu punya skill otak-atik kode template sehingga bisa menyesuaikan dengan niche blog kamu, kalau tidak mending cari aman saja.

Selain itu, memilih template jangan hanya atas dasar keinginan tetapi kebutuhan. Kira-kira template seperti apa yang kamu butuhkan? Ini berkaitan dengan tujuan kamu ngeblog.

Kalau kamu ngeblognya sekadar menyalurkan hobi, pilih template yang gratisan saja sudah cukup. Banyak kok template gratisan yang tampilan dan kualitasnya tidak kalah dengan tema premium.

Tetapi kalau kamu tidak ingin rempong dan butuh template yang terlihat profesional karena di bagian footer-nya tidak ada kredit link maka kamu boleh coba template premium.

Template gratisan atau template premium, masing-masing memang punya kelebihan dan kekurangan, kamu bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Pilih template yang user friendly dan mudah diakses

Kenyamanan pengunjung adalah hal yang utama. Ketika memilih template jangan hanya pikirkan diri sendiri tetapi coba posisikan diri kamu sebagai pengunjug blog.

Sebagai pengunjung kamu pastinya akan betah berlama-lama di blog yang mudah diakses dan memiliki navigasi yang jelas.

Blog dengan struktur navigasi yang baik akan memudahkan pengunjung mengakses setiap halaman di blog kamu. Dengan demikian jumlah page views atau traffik blog kamu juga pastinya akan meningkat.

Harus responsif

Tidak semua pengunjung membuka blog kamu lewat dekstop atau laptop. Kebanyakan malah lebih memilih mengakses blog lewat smartphone, tablet atau iphone, tergantung dengan perangkat yang dimiliki.

Itulah sebabnya template yang kamu pilih harus responsif. Maksudnya responsif adalah ketika blog kamu dibuka baik lewat laptop, smartphone, tablet atau device lain ukurannya akan menyesuaikan sehingga tampilannya tidak berantakan.

Untuk mengetahui apakah template blog yang kamu pilih sudah responsive atau belum kamu bisa cek di http://ami.responsivedesign.is/

Loading template harus cepat

Pengunjung akan cepat meninggalkan blog yang proses loadingnya lambat. Hal ini jelas membuat blog tersebut buruk di mata mesin pencari.

Oleh sebab itu kamu perlu memperhatikan kecepatan loading sebuah template. Pilihlah template blog yang ringan dan fast loading. Kamu bisa mengecek kecepatan blog lewat tools PageSpeed Insight atau GT Metrix.

Pilih template yang minimalis

Untuk memilih template kamu tidak perlu cari yang neko-neko, cukup pilih yang minimalis. Ciri template minimalis adalah simple, rapi dan bersih. Tidak banyak widgets dan dominan berlatar putih.

Tentunya jenis template seperti ini lebih nyaman dipandang ketimbang template ramai dengan widgets dan background berwarna-warni yang justru bisa bikin pembaca blog kamu sakit mata.

Pilih template dengan sturuktur data yang benar

Agar blog kamu mudah dilacak dan cepat terindeks google atau search engine lainnya, kamu harus menggunakan template dengan struktur data yang benar.

Jika terdapat struktur data yang eror jelas itu akan mempengaruhi kualitas SEO sehingga blog kamu sulit menempati halaman pertama pada mesin pencari.

Untuk mengetahui apakah blog kamu sudah memiliki struktur data yang baik atau belum kamu bisa cek di pengujian hasil kaya https://search.google.com/test/rich-results?hl=id

Itulah beberapa tips memilih template blog yang tepat dan sudah pasti SEO friendly. Semoga tips tersebut bisa membantu kamu menemukan template yang cocok dan nyaman di hati kamu dan pengunjung ya.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]