Berkarya dari rumah saat ini bukan lagi sebuah hal yang aneh. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, rumah kini sudah bisa difungsikan sebagai tempat kerja. Bermodalkan koneksi internet dan kemampuan diri yang bisa diasah seiring bertambahnya waktu, Anda bisa melakukan 7 jenis pekerjaan freelance berikut ini.

  1. Digital Marketer

Dunia digital saat ini sedang benar-benar naik daun. Hampir semua hal mulai diarahkan ke arah digital, termasuk penjualan barang. Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam pemasaran produk, digital marketer bisa menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa memulai karir di bidang digital marketing dengan menawarkan pada orang-orang terdekat lebih dahulu. Jika dalam proses tersebut, orang-orang yang menggunakan jasa Anda ternyata merasa terbantu, pasti pelan-pelan branding sebagai digital marketer akan naik.

  1. Translator

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing di atas rata-rata, menjadi penerjemah adalah sebuah pekerjaan freelance yang cukup menjanjikan. Bahasa-bahasa yang penerjemahnya paling banyak dicari akhir-akhir ini yaitu Bahasa Inggris, Mandarin dan Korea. Maka silakan kalau Anda menguasai tiga bahasa tersebut.

Anda bisa mulai memperkenalan diri sebagai penerjemah dan siap-siap mendapat klien pertama. Untuk menambah wawasan, memperluas networking dan mendapatkan klien, ada baiknya Anda bergabung dengan komunitas penerjemah yang banyak bertaburan di media sosial.

  1. Content Writer

Bisa dibilang ini adalah salah satu jenis pekerjaan freelance yang paling banyak dilakukan dan dicari. Modal yang Anda miliki untuk bisa menjadi content writer yaitu kemampuan menulis, koneksi internet dan kedisiplinan.

Tak jarang seorang content writer diminta klien untuk menyelesaikan lebih dari 3 tulisan dalam sehari. Jika Anda ingin menggeluti pekerjaan ini, bersiaplah untuk menambah wawasan terkait kepenulisan dan juga memahami SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan yang dibuat ramah dengan mesin pencari.

  1. YouTuber

Pekerjaan ini sedang difavoritkan oleh banyak anak muda. Tak heran jika semakin banyak youtuber-youtuber bermunculan. Terlihat mudah, hanya berbekal dengan handphone, microphone, lighting dan kemampuan cuap-cuap di depan kamera, kini semua orang bisa memulai video pertamanya di Youtube.

Tentu saja untuk bisa menghasilkan di YouTube diperlukan konsistensi, kedisiplinan dan kreativitas. Agar video Anda banyak dilihat, pastikan memilih niche yang unik dan anti mainstream, sehingga lebih mudah diingat oleh penonton.

  1. Web Designer

Hampir semua urusan digital saat ini membutuhkan website. Maka tak heran jika kebutuhan akan web designer semakin meningkat jumlahnya. Jika Anda memiliki kemampuan dalam membuat desain web yang menarik dan unik.

Mengapa tak menerima pesanan pembuatan web saja mulai sekarang? Anda tak harus keluar rumah terlalu sering, hanya cukup di depan PC (personal computer) atau laptop dan mulai berkarya.

  1. Programmer

Tak jauh berbeda dengan web designer, programmer juga sangat dekat dengan kehidupan digital. Bedanya seorang programmer biasanya menghasilkan software untuk PC maupun ponsel pintar.

Untuk menjadi seorang programmer freelance, maka Anda membutuhkan kemampuan coding, beberapa bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan perusahaan, dan PC dengan spesifikasi mumpuni.

  1. Photo Editor

Jika Anda menguasai beberapa aplikasi photo editing dan memiliki sentuhan seni yang tinggi, editor foto bisa menjadi pekerjaan freelance yang cocok. Semakin berkembangnya dunia digital, semakin banyak orang yang suka mengambil foto dengan gadgetnya.

Anda bisa menjadikan fakta ini sebagai peluang bisnis. Menerima editing foto menjadi album yang menarik dan lain daripada yang lain.

Di antara ketujuh jenis pekerjaan freelance di atas, mana yang paling cocok buat Anda? Selamat berkarya di rumah ya!

 

Yuk gabung ke sosmednya BRT Network:
Instagram: https://www.instagram.com/brtnetwork.id
Twitter: https://www.twitter.com/brtnetworkid

3 Tips Traveling ke Luar Negeri Gratis ala Mahasiswa

 

Author