Instagram adalah platform yang mengedepankan visual, tapi bukan berarti kita abai terhadap hal lainnya misal caption. Jika dulu pernah membaca di forum fotografer ada tagline : “ Biar foto yang bicara “ maka hari ini boleh saya berpendapat, caption pada sebuah foto itu penting. Karena tampilan visual bisa saja multi tafsir. Jadi bagaimana caption yang disarankan untuk melengkapi visual yang kita unggah di Instagram? setidaknya ketahui 4 jenis caption ini.

Caption di Instagram

Caption adalah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan gambar atau menjelaskan sesuatu untuk melengkapi gambar, singkatnya caption adalah keterangan mendasar dari sebuah gambar.

Berbeda dengan platform lain, hal yang muncul di timeline atau kolom explorer Instagram adalah gambar atau tampilan visual lainnya. Setelah itu, barulah audiens akan melihat dan membaca captonnya. Itu sebabnya, penting untuk membuat caption yang menarik untuk meningkatkan engagement dengan audiens yang melihat postingan kita. Pada akirnya optimasi instagram melalui caption, bisa dilakukan dengan mengetahui tipe caption yang bisa dibuat ketika mengunggah gambar.

Tipe caption Instagram sendiri terbagi menjadi 4 sebagai berikut :

  1. Explanation, caption dengan tipe menjelaskan foto atau video yang diunggah
  2. Storytelling, caption yang memiliki alur cerita tersendiri dan video atau foto yang diunggah adalah ilustrasinya
  3. Commenting, caption dengan tipe mengomentari atau pendapat tersendiri dengan foto sebagai objeknya
  4. Selling, caption yang bertujuan untuk menjual produk/jasa sesuai foto yang diunggah

Nah cari tau lebih lanjut yuk tentang 4 tipe caption di atas, demi optimasi akun Instagram dan mendukung personal branding yang dibangun di platform Instagram.

Explanation Caption

Caption jenis ini dipakai ketika foto atau video yang kita upload membutuhkan penjelasan lebih detail agar followers bisa lebih mengetahui maksud dari foto tersebut. Kapan kita harus menggunakan caption tipe ini? Well, ketika kita merasa foto yang kita post akan membuat multi tafsir atau ada informasi yang ingin disampaikan ke followers, gunakan caption untuk menuliskan informasi tersebut

Storytelling Caption

Adalah caption yang memiliki alur cerita. Caption tipe ini rata-rata memiliki engagement yang tinggi karena dapat membangun koneksi dengan follower, biasanya caption tipe ini cukup panjang bahkan dapat memicu emosi pembacanya. Untuk membuat tipe caption ini tidak serta merta langsung berhasil, karena berhubungan dengan gaya cerita seseorang, makanya perlu latihan dan sering diasah hingga akhirnya punya ciri tersendiri.

Saat membuat tipe caption ini, baca kembali dan pastikan cerita yang ditulis tidak memiliki alur yang melompat-lompat atau sulit dipahami, tetap logis saat membuat cerita dan gunakan gaya bahasa sendiri sembari mengasah dan mempertajam ciri khas cerita ala diri sendiri.

Commenting caption

Ini tipe caption yang mungkin sering kita temui di explore atau mungkin di akun publik. Termasuk jenis caption yang mudah karena kita tinggal berpikir dari sudut pandang pembaca dan bereaksi saat melihat foto tersebut, misalnya saja sebuah screen shoot twitter, story seseorang atau video tiktok/youtube atau mungkin scenes film yang tengah kita tonton.

Satu hal tentang caption ini, cara kita menuliskan caption di sini bisa menentukan personaliti akun kita seperti apa. Seperti humoris, baik, jahat kejam atau mungkin unik.

Selling caption

Tipe ini memang tidak banyak mendapatkan engagement mungkin. Tapi jika kita seorang pembeli, tentu caption dengan hard selling seperti ini akan sangat membantu. Detail produk yang ditulis, ukuran, warna dan bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Tipe caption ini, memang cocok untuk akun olshop saat mengunggah barang dagangannya, atau untuk keperluan beriklan di Instagram.

Pada akhirnya, caption ikut berpengaruh pada berapa banyak interaksi yang bisa dibangun di Instagram, melalu caption kita bisa membangun koneksi yang lebih erat, entah dengan cerita keseharian,memotivasi atau sekedar bercanda. Caption Instagram ibarat suara yang ingin kita gaungkan agar didengar oleh follower, dan menjadi suara yang akan menyatukan kita dengan follower dengan tipe yang cocok dengan gaya bercerita kita.

Sudahkah membuat caption dengan gaya cerita dan karakter otentik diri kita hari ini? Mari menulis caption dengan lebih berkarakter.

 

Author