Tips dan Contoh Ide Jualan Online

Di zaman seperti saat ini bisa dikatakan masuk ke era digital karena semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Pada awalnya, ponsel hanya dapat melakukan komunikasi nirkabel jarak jauh, tetapi sekarang memiliki fungsi yang sangat beragam, seperti mengambil gambar, merekam video, dan bahkan menghasilkan uang melalui pedagang online.

Belanja online hingga jualan online bukan lagi hal yang asing dalam hidup kita. Bagi para digital savvy, kehadiran bisnis online membuat hidup lebih mudah dan menghemat waktu dan tenaga karena mereka dapat melakukan aktivitas ini kapan saja dan di mana saja tanpa harus langsung ke toko.

Bagi para pelaku usaha, berjualan secara online tentunya menjadi peluang usaha yang memudahkan mereka dalam berbisnis, apalagi kalau mengikuti ide jualan online Evermos. Mereka berjualan tanpa mengenal waktu dan tempat, atau bisa mengurus dagangannya kapan saja, dimana saja, sehingga tidak perlu membayar sewa tempat.

Ide Jualan Online sebagai Ide Usaha Rumahan Kreatif

Jika Anda tertarik untuk mencari peluang bisnis dengan membangun bisnis online, Anda harus terlebih dahulu memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai cara untuk memulai sebuah bisnis online.

Dengan memahami perbedaan cara memulai bisnis online, Anda dapat memilih pendekatan bisnis online yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut beberapa cara memulai bisnis online tanpa modal banyak.

  • Menjual Jasa

Tiak semua jenis bisnis berhubungan dengan jual beli barang. Keahlian yang Anda miliki juga dapat digunakan sebagai bisnis penjualan di media online, seperti menulis kreatif, desain grafis, melukis, atau mencari ide usaha seperti ide usaha rumahan Evermos.

Cara memulai bisnis online jenis ini adalah dengan memasarkan jasamu di sosial media, e-commerce atau bahkan di website sendiri dan menunjukkan beberapa hasil karyamu di media tersebut.

Untuk layanan seperti penulisan kreatif dan desain grafis, Anda dapat mengirimkan hasil pekerjaan Anda melalui email. Sedangkan untuk hasilkarya seni seperti lukisan, Anda tidak perlu khawatir dengan sistem penjualan lukisan yang sudah dibuat karena Anda bisa memanfaatkan jasa pengiriman.

Anda dapat menikmati beberapa keuntungan dengan mempelajari cara memulai bisnis online dengan menjual jasa daripada barang. Misalnya, Anda tidak perlu repot mencari dealer dan tidak tahu istilah out of stock.

  • Dropshipping

Jika Anda baru dalam bisnis ini Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang dana Anda atau jumlah yang hilang, Anda bisa menggunakan Cara berbisnis online ini menggunakan sistem dropshipping sebagai ide usaha rumahan, ide yang kreatif bukan?

Apa itu sistem dropshipping? Konsinyasi adalah cara menjalankan bisnis online di mana Anda, penjual, berfungsi untuk memasok produk sementara pihak lain (distributor) memasok , mengemas dan mengirimkan produk ini kepada pembeli, tetapi penjualan ini masih atas nama Anda.

Mengenai sistem pembayaran, pembeli akan mengirimkan uang ke rekening Anda sesuai dengan harga produk yang Anda tetapkan, kemudian Anda mengembalikan uang tersebut ke dealer sesuai dengan harga yang mereka tetapkan.

Singkatnya, ide jualan online yang laku setiap hari seperti ini memposisikan Anda sebagai jembatan antara pembeli dan pemasok barang.

Ide Jualan Online di online shop

Cara menjalankan bisnis online ini bagi Anda yang tidak ingin repot karena tidak perlu menimbun dan mengurus barang yang Anda jual dan persiapkan.

  • Reseller

Seperti namanya, Anda adalah tangan kedua dari distributor. Beda dengan dropshipping yang mengandalkan distributor untuk mengantarkan produk ke pembeli, dan dalam sistem ini Anda yang mengirim produk karena Anda membeli produk dari distributor kemudian memasarkannya.

Cara menggunakan sistem Reseller untuk memulai bisnis online tentunya membutuhkan dana untuk stock barang yang di jual. Namun, kelebihan sistem ini dibandingkan dengan dropshipping adalah Anda tidak akan kehabisan reseller hanya karena Anda sudah memiliki stok barang.

Anda juga memiliki kesempatan untuk mengambil foto produk untuk katalog jika diinginkan, sehingga produk yang dijual berbeda dengan foto yang diberikan oleh dealer. Anda juga dapat mengidentifikasi lebih dalam produk yang Anda jual karena Anda telah melihatnya sendiri, sehingga Anda dapat detail jika calon pembeli memiliki pertanyaan tentang suatu produk.

  • Pre-order (PO)

Pre-order atau biasa disingkat PO adalah ide jualan online tanpa modal. Seringkali sistem ini juga digunakan untuk layanan penyimpanan kargo dari luar kota atau luar negeri. Sistem ini merupakan kombinasi dari sistem dropshipping dan reseller.

Pada tahap awal, sistem Pre-Order sama dengan beberapa sistem lainnya, yaitu produk pre-market. Jika ada yang tertarik, pembeli akan mengirimkan sejumlah uang. Tergantung pada keputusan yang Anda buat, jumlah yang ditransfer bisa setengah dari uang muka atau lunas segera. Anda kemudian menggunakan produk yang diminta dengan dana yang ditransfer dan mengirimkan produk ke pembeli.

Jika Anda menerima pesanan dalam jumlah besar, sistem pemesanan di muka akan bekerja dengan lancar. Dengan menggunakan metode memulai bisnis online ini, Anda dapat mengklaim berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mengumpulkan pembeli.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis online Anda dengan cara dan ide apa pun. Pertama, Anda harus mencari peluang bisnis online yang dicari konsumen. Anda dapat mengetahuinya dari bilah Penelusuran Massal di search engine Google.

Setelah itu, Anda harus tahu apa yang ingin Anda jual dan target pasar Anda, karena kedua hal ini saling berkaitan. Jika Anda memilih produk yang ingin Anda pasarkan, Anda tahu siapa target penjualan Anda dan begitu pula sebaliknya. Produk dan target pasar juga berkaitan dengan harga.

Cari saja ide jualan online banyak keuntungan yang didapatkan serta harga yang dipatok bisa disesuaikan dari kualitas dan seberapa langka benda tersebut.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah modal. Bagi yang berminat memulai bisnis online dengan menawarkan jasa, Anda harus memiliki dana yang cukup. Misalnya, jika Anda ingin memulai layanan pencetakan foto Polaroid, tentu Anda harus memiliki printer dan kertas Polaroid. Demikian juga, jika Anda memilih cara menggunakan sistem Pengecer untuk menjalankan bisnis online Anda.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]