Tips Merawat Kesehatan Kulit Di Rumah

Hampir genap satu tahun kita menghadapi Covid 19. Memilih diam di rumah kecuali urusan sangat penting adalah pilihan bijak saat ini. Tapi berkegiatan di rumah dan jarang bertemu orang lain ini jadi alasan untuk malas merawat kulit.

Alhasil kulit jadi kusam dan muncul banyak masalah. Duhh..
Walaupun kamu cuma di rumah jangan sampai absen menjaga kesehatan kulit ya, terutama wajah. Walaupun tidak ada orang lain yang melihat tapi setidaknya aset pentingmu terjaga.

Tidak perlu ke salon kalau kamu merasa tidak tenang. Kamu bisa lakukan tips merawat kulit di rumah kok. Caranya simpel, asli tanpa repot.

Tips Merawat Kesehatan Kulit Di Rumah

1. Bersihkan wajah

Walaupun tidak ber-make up karena di rumah terus tapi kita tidak pernah tahu apa saja yang bisa menempel di kulit. Membersihkan kulit terutama wajah tidak perlu tangan ahli untuk melakukannya.

Kamu bisa lakukan sendiri menggunakan micellar water dan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lakukan setidaknya dua kali sehari tapi yang paling wajib adalah malam sebelum tidur. Supaya saat malam hari, kulitmu bisa beristirahat dengan nyaman.

2. Pakai pelembab dan tabir surya

Siang hari setelah selesai membersihkan wajah, aplikasikan pelembab pada kulit wajah supaya kulit tidak kering dan terhidrasi dengan baik. Pilih juga produk yang sesuai dengan jenis kulimu ya.

Setelah itu lanjutkan dengan memakai tabir surya dengan perlindungan SPF 30 ke atas. Meskipun kamu hanya di rumah tapi kemungkinan kulitmu terpapar sinar matahari masih besar.

Sinar matahari yang mengenai kulit sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan masalah kulit serius dalam jangka waktu yang lama. Jangan sampai lengah untuk mencegah hal buruk itu terjadi.

3. Pakai lotion

Setelah wajah diberi perlindungan, kulit badanpun jangan sampai luput dari perhatian. Selesai mandi, balurkan lotion hand and body agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

Pilih juga lotion yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau aku selain pilih yang cocok, pasti pilih yang wangu juga. Kalau kamu?

4. Minum air putih

Air putih juga menunjang kesehatan kulitmu loh. Dibanding minuman kekinian yang sedang banyak muncul saat ini, air putih bisa membantu kulit tetap lembab.

Hidrasi yang baik akan membantu kulitmu dalam proses regenerasi. Sehingga kulit yang kenyal dan sehat bisa terjaga.

Setidaknya penuhi syarat 1,5 liter minum air putih per hari. Jika kamu bisa konsumsi lebih malah lebih baik.

5. Pola makan yang sehat

Selain minum air putih, kamu juga harus menjaga pola makan yang teratur dan sehat. Makan makanan yang mengandung serat dan vitamin. Sebisa mungkin hindari makan junk food dan minuman kemasan. Ya kalau memang pengen banget, bisa seminggu sekali saja. Selebihkan makan makanan sehat.

Banyak makan sayur segar dan buah-buahan ya. Sebisa mungkin variasikan menu untuk tiap harinya. Selain menghindari kita bosan, asupan vitamin pada setiap buah dan sayuran yang pasti berbeda itu bisa diterima tubuh kita tentunya.

6. Cukup istirahat

Paling penting yang harus kamu ingat agar kulit selalu sehat adalah jam tidur yang cukup. Biasanya jika kita banyak kegiatan di rumah, maka jam tidur jadi tidak beraturan.

Apalagi untuk kamu yang punya kebiasaan nonton drama dengan banyak episode. Rela begadang untuk memuaskan penasaran sudah pasti terjadi. Apalagi besok tidak perlu bangun pagi untuk beraktivitas.

No, jangan sering-sering lakukan ini ya. Kulitmu akan mengalami masalah jika kamu kurang istirahat. Karena saat kamu tidur, kulit kamu juga ikut relaks dan bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Kalau kamu tidak beristirahat maka rutinitas kulitmu ini akan terganggu. Jangan begadang lagi ya. 🙂

***

Itu dia tips merawat kesehatan kulit yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi. Selain tips di atas kamu harus menjaga rasa bahagia diri kamu juga ya. Sebab kebahagiaan juga bisa menambah kesehatan kulitmu juga loh. Kulit jadi berseri-seri secerah senyum kamu. Kamu bisa kok lakukan me time di rumah supaya tetap bahagia.

Semoga artikel ini bermanfaat ya dan tetap jaga kesehatan. Semoga pandemi segera berlalu. 😉

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]