Kamu termasuk orang yang anti baca buku? Sekali baca setengah halaman saja sudah bikin ngantuk? Mungkin kamu belum baca tips ini. Ada 4 tips menyenangkan yang bisa kamu lakukan supaya kamu jadi hobi membaca.

Bacalah, maka kamu akan menemukan dunia yang sebelumnya enggak pernah kamu temukan. Percaya enggak? Harus, soalnya banyak orang yang sudah membuktikannya, buktinya nih ya. Modal membaca ini bisa mengantarkan banyak orang keliling Dunia tanpa biaya sepeserpun. Iya modal awalnya cuman mau baca aja. Apa enggak tertarik?

Yang perlu kamu lakukan untuk pertama kali adalah, baca tulisan ini sampai selesai. Saya jamin, kamu enggak akan nyesel samasekali. Toh, bacanya juga enggak sampai 5 menit kok. Habis ini, pasti kamu jadi hobbi baca. Sungguh, tulisan ini sengaja ditulis buat kamu.

Bicara membaca, kita akan ketemu dengan benda ajaib bernama buku. Buku adalah liburan termurah yang bisa kamu beli. Buku adalah pesawat, kereta api, dan jalan harapan untuk orang-orang yang ingin berada di tempat lain. Buku adalah guru buat kamu, buku juga bisa jadi perusahaan aktif yang bisa ngasih kamu penghasilan aktif. Wooow, kalau urusan penghasilan, sepertinya kita sepakat bahwa itu cukup menggiurkan bukan?

Baiklah, ini saatnya. Sudah waktunya kamu membaca keempat tips berikut
Syaratnya satu. Baca sampai selesai ya.

4 Tips Menyenangkan biar Kamu Hobi Membaca

1. Niat

Segala sesuatu itu harus ada awalnya. Dan awal yang bagus adalah niat. Harus ada ucapan dari lisan dan hati kamu, bahwa kamu hendak melakukan sesuatu. Kamu bisa anggap itu sebagai DP kamu ke diri kamu sendiri. Sebelum nanti, membayar semua hal yang berhubungan dengan hobi itu.

Minta izin sama diri sendiri, jujur aja apa adanya. Atau kamu bisa bilang gini : “Wahai diri, izinkan aku menyenangi aktifitas membaca, ini buat kamu juga, iya kamu! kamu harus kasih saya izin. Karena aku ingin cinta membaca, aku ingin membuka dan melihat dunia dengan membaca. Wahai diri, izinkan aku ya.”

Habis itu kamu bilang “Dengan menyebut nama Tuhanku, aku ingin menjadi orang yang senang membaca” ucapkan ya. Buang gengsi atau malu yang ada. Awalnya aja begini, nanti-nanti kalau sudah jatuh cinta, enggak perlu lagi kok.

2. Jangan Banyak Mikir, Ambil Buku yang Bikin Kamu Senang.

Iya beneran. Jangan banyak mikir. Ceritanya kamu lagi di suatu tempat, ada beberapa buku tergeletak menunggu seseorang mengambil lalu membacanya. Ambil buku yang ketika kamu liat saja, itu buku sudah bikin kamu senang. Entah itu ketika melihat sampulnya, nama penulisnya, atau kamu nyontek bentar bagian sinopsisnya. Pokoknya selama ada bagian yang bikin kamu seneng, ambil lalu pegang.

Ini bagian yang sakral, kamu harus berani bilang sama buku yang kamu pegang, “Hey, aku mau baca kamu, dengan alasan apapun, kamu harus izinkan aku membacamu” habis itu “Ya Tuhan, izinkan aku membaca buku ini.” habis itu, silahkan buka bagian mana saja yang menurut hati kamu yang paling dalam, itu adalah bagian yang pertama kamu ingin buka.

Baca sampai kamu benar-benar senang, kalau bagian yang pertama kamu baca enggak bikin seneng, cari bagian yang lain. Saya sarankan kamu buka bagian daftar isi, yang ada di awal buku. Atau baca lagi sinopsis yang ada di bagian paling belakang buku.

3. Kenalan Dahulu

Tips lain yang bisa kamu lakukan adalah kenalan. Tentu kamh pernah dong dengar istilah “tak kenal maka tak sayang?” Ya! Kenalan dulu aja. Sayang kemudian.

Salah satu cara kenalan yang efektif adalah dengan mengajak hati, ajak apa yang hati sukai. Biasanya hati suka kalau mata juga suka bukan? Mangkannya ada istilah dari mata turun ke hati, ciyeh kayak mau jatuh cinta aja. Ya memang! Karena jatuh cinta itu menyenangkan, dan tips ini akan membuat kamu jatuh cinta sama hobbi membaca. Dan kamu menjadi senang ketika membaca. Camkan itu dalam hati ya nak.

Tentu kamu tahu apa yang hati kamu mau, yang hati kamu suka. Misalnya nih ya, hati kamu suka dengan hal-hal romantis. Coba mulai dengan mencari buku yang katanya, romantis. Manfaatkan smartphone, buka google lalu ketik di pencarian “Buku yang romantis” ketemu? Jangan langsung beli atau baca, coba ketik lagi di pencarian “Review buku yang bukunya udah kamu pilih tadi” baca deh tuh Reviewnya.

Atau kamu bisa coba baca novel pembangun jiwa, sama kok caranya. Ketik di mesin pencarian “Novel pembangun jiwa” jangan lupa sama review novel pembangun jiwanya juga ya. Nah, ada tanda-tanda mulai suka, lalu jatuh cinta? Udah jangan banyak mikir, segera pinang.

4. Libatkan Orang Lain

Tabiat orang nyatanya memang berbeda-beda. Tapi kita ini makhluk sosial bukan? Makhluk yang nyatanya enggak bisa hidup sendirian. Selalu butuh orang lain untuk melangsungkan hidup. Seperti butuhnya mamang angkot kepada penumpang, butuhnya mamang cilok ke dedek-dedek gemes yang suka cilok, atau butuhnya kamu sama dia yang segala-galanya buat kamu.

Cara selanjutnya adalah coba kamu ajak orang lain yang kamu lihat kamu rasa, dia itu suka dengan buku. Udah jatuh cinta malah. Atau yang gampang banget baca buku. Dia yang meski enggak kemana-mana bawa buku, tapi ketika baca buku dia gak bisa diganggu. Udah seneng banget.

Curhat sama dia, jujur sama dia kalau kamu ingin seperti dia. Ingin sama-sama seneng baca buku, cinta sama buku. Atau malahan sampai kamu sama buku tuh bisa berlarian ke sana ke mari dan tertawa. Pokoknya curhatkan semuanya, lalu minta solusi sama dia. Bisa juga tanya bagaimana dia bisa dekat dengan buku. Dengarkan dia secara seksama, buka mata dan hati kamu. Ikhlaskan semata-mata demi kebaikan kamu.

Sekian tips dari saya, kamu pasti bisa kok. Jangan batasi diri dengan tidak membaca, dunia itu luas kawan. Akan ada banyak perjalanan yang bisa kamu dapatkan ketika membaca. Yuk senangi membaca.