5 Aplikasi Keren Untuk Mempercantik Fotomu

Dalam dunia tulis menulis, sebuah konten penting keberadannya. Apalagi konten yang mengandung informasi, inspirasi maupun ajakan menuju kebaikan bersama. Konten semacam ini pastinya butuh sesuatu agar pesan yang disampaikan mengenai sasaran.

Selain tulisan yang enak dibaca dan mudah dipahami, rupanya gambar atau foto bisa juga loh menentukan sebuah konten itu menarik atau tidak.

Alasannya karena gambar atau foto bisa menceritakan sebuah kejadian. Bahkan bisa mewakili isi dari tulisan yang kita tulis. Lebih dari itu, gambar yang sudah dimodifikasi dan diberi keterangan, bisa memberikan pesan yang informatif kepada pembaca.

Contoh, foto tentang bencana banjir yang saat ini sedang melanda Banjarmasin. Tentu akan menarik minat pembaca untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan Banjarmasin dan bagaimana kondisinya sekarang ini.

Aplikasi Keren Untuk Mempercantik Fotomu

Keterangan lebih informatif bisa didapat dengan menampilkan gambar berisi infografis mengenai langkah pemerintah dalam menanggulangi bencana.

Infografis semacam ini tentu saja bukan sekadar foto yang ditempel secara mentah. Tapi bisa diolah terlebih dahulu dengan memberikan pigura misalnya. Lalu diberikan keterangan di sebelahnya lewat tulisan. Nah seperti ini tidak ada kan dalam foto kamera yang kita bidik.

Kita perlu mengolah foto atau gambar menjadi bahan acuan sebuah informasi tepat sasaran. Karena itulah kita butuh beberapa aplikasi edit foto untuk mempertajam tulisan kita.

Beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan ini bisa banget loh mengubah foto atau gambar kamu menjadi ciamik dan informatif. Aplikasi tersebut diantaranya :

1. Canva

Siapa yang tidak kenal Canva. Aplikasi yang bagi saya wajib punya ini punya sejuta kejaiban. Kita bisa memasukkan foto atau gambar ke dalamnya, disesuaikan dengan media sosial yang akan kita tuju.

Mau buat untuk insta story atau feed instagram, bisa pakai kiriman instagram. Mau buat gambar untuk twitter juga bisa. Selain itu ada facebook, pinterest bahkan youtube. Lengkap.

Keaiaiban canva juga terlihat dari infografis. Kita bisa membuat gambar yang informatif di sana. Tenang, gambar-gambarnya disediakan di canva. Jadi kita bisa mengeksplore kreativitas kita di sana. Saya selalu menggunakan canva untuk membuat gambar maupun infografis. Sangat memuaskan.

2. Snapseed

Snapseed bisa membuat foto yang pencahayaannya rendah, menjadi tinggi dan bagus. Misal hasil foto kita biasa saja. Nah kita membuatnya menjadi lebih menarik, dengan mengubah detail pencahayaan lewat snapseed.

Ada banyak tools yang bisa membantu kita mempercantik foto. Poles gambar, detail kecerahan gambar, lensa blur seolah foto bidikan kamera DLSR juga ada. Atau mau menambahkan text di foto kita. Bisa banget.

Saya juga kadang mengatur posisi foto yang terbalik atau cermin, menjadi tidak terbalik. Untuk yang satu ini, biasanya kalau kita foto selfie dengan membawa produk. Posisi seperti ini kan memungkinkan nama produk seperti terbalik atau mirror. Nah saya membuatnya tidak mirror lewat snapseed.

Snapseed bagi saya juga wajib dipunyai karena banyak sekali manfaatnya. Cobain deh dan rasakan asyiknya berkreasi mempercantik foto yang kamu buat.

3. PicsArt Photo Editor

Saya memakai PicArt biasanya untuk memasang preset. Tapi manfaat picsArt lebih dari itu. Kita bisa membuat tumbrail untuk youtube di sini. Caranya dengan mengatur posisi foto yang bisa menghilangkan background. Lalu kita pasang background dari yang sudah disediakan picsArt.

Kita juga bisa berkreasi membuat beberapa animasi gambar di sini loh. Misal mau memberikan awan dalam gambar kita, atau mau menambahkan bintang-bintang. Bisa banget. Fitur yang tersedia mempermudah kita untuk membuat gambar dengan animasi yang ciamik.

4. Background Eraser

Mau memasang foto produk yang terpisah dari backgroundnya. Atau foto kita yang kita crop dan dipasang ke gunung Fujiyama yang ada di Jepang. Bisa banget ngecropnya pakai background eraser. Kita bisa mengambil foto diri sendiri, lalu pasang deh ke tempat lain. Seolah olah kita jalan jalan ke Jepang atau Korea.

Background eraser juga bisa digunakan untuk mengambil foto produk saja. Ini yang sering saya gunakan. Lalu gambar produk yang sudah dihapus backgroundnya tadi ditaruh ke canva untuk postingan blog, atau ke picsArt untuk postingan youtube.

Kamu juga bisa mengkreasikan foto yang sudah dihilangkan backgroundnya ini ke postingan sosial media lainnya. Coba deh, mudah kok cara menggunakannya.

5. Story Art

Mau tampilan insta story yang gak biasa. Pakai bermacam-macam sticker lucu, atau kolase yang ciamik. Bisa banget menggunakan aplikasi Story Art. Template yang disediakan beragam dan banyak banget. Ada kategorinya lagi yang membuat gambar atau foto kamu makin ciamik.

Misal mau foto yang dikemas dengan gaya minimalis, atau mau nuansa film, girlly, skenario, new years, Halloween. Semua kategori ada. Bahkan untuk kategori food juga ada kok.

Tak perlu bingung mengatur letak foto, karena ada tanda plus di tengah yang langsung bisa digunakan untuk memasukkan foto yang ingin kita pasang. Nanti otomatis fotonya menyesuaikan dengan pigura yang ada di template. Oke kan.

Ukurannya memang untuk instastory di instagram. Tapi kalau kamu mau memasangnya untuk feed instagram atau postingan di blog, bisa juga kok. Tinggal cari template yang posisinya persegi atau kotak, lalu crop deh sesuai dengan yang kamu inginkan.

Saya biasanya pakai Story Art untuk postingan di instagram. Baik untuk insta story maupun feed instagram. Selain itu, bagus juga kok untuk tampilan di blog. Tinggal bagaimana kreasi kita dalam menerapkannya.

Nah, bagaimana? Sudah mahir menggunakan kelimanya. Atau ada yang belum mencoba salah satunya. Manfaatkan segera ya, agar postingan kamu makin ciamik.

Kelima aplikasi tadi bisa kalian download di play store yang ada di smartphone kamu. Gratis. Jadi tunggu apalagi. Yuk pertajam ekspresi dan berkreasi dengan menampilkan foto keren untuk postingan kita.

Salam kreativitas.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]