Fitur Fotografi Kamera Smartphone yang Berguna saat Traveling

Penggunaan kamera saat traveling sudah menjadi satu kebutuhan bagi para traveler dan wisatawan masa kini. Ada banyak alasan yang mendasari kebutuhan tersebut seperti untuk sekadar kenang-kenangan, mengabadikan momen liburan, atau bahkan hanya untuk aktualisasi diri dengan mengunggah ke berbagai platform media sosial seperti facebook dan instagram.

Jika dahulu perlengkapan kamera saat traveling cukup ribet karena harus menenteng kamera analog maupun DSLR dengan lensa yang beraneka ragam dan ukuran, kini traveler dan wisatawan cukup dengan membawa smartphone yang ringan dan ringkas saja maka semua kebutuhan fotografi perjalanan bisa terpenuhi.

Evolusi smartphone terutama pada kamera-kamera yang tersemat di dalamnya, kini sudah hampir setara dengan DSLR bahkan ada beberapa fitur yang mengungguli kamera digital ini. Kemampuan fotografi smartphone ini membuat perubahan perilaku masyarakat sehingga makin menggemari penggunaan kamera smartphone dibanding lainnya.

Perubahan ini terjadi terutama terjadi pada Milenial dan Gen-Z yang cenderung memilih cara traveling secara flashpacker dan backpacker dimana segala sesuatu yang dikerjakan harus cepat, mobile, dan barang-barang yang dibawa harus ringan, ringkas juga tidak ribet.

Fitur Fotografi Kamera Smartphone

Karena kebutuhan akan fotografi pada kamera smartphone makin meningkat maka tak heran jika hampir semua perusahaan brand smartphone berlomba-lomba mengembangkan berbagai fitur pada kamera yang disematkan di flagship smartphone-nya.

Berbagai keunggulan dari fitur fotografi tersebut semakin meningkatkan kualitas dari smartphone itu sendiri sehingga makin dapat bersaing dari sisi harga dan makin banyak diminati. Selain ringan, ringkas dan mudah dioperasikan, kamera pada smartphone memiliki fitur-fitur terbaik yang sangat cocok digunakan saat traveling.

Saya merangkum sedikitnya ada 10 fitur fotografi pada kamera smartphone yang sangat bermanfaat jika digunakan saat traveling. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

1. Mode Panorama

Mode panorama sangat bermanfaat ketika kita ingin mengabadikan pemandangan alam atau satu destinasi dengan banyak objek dan sisi. Fitur ini akan mendapatkan foto memanjang dengan resolusi yang baik.

2. High Dynamic Range (HDR)

HDR dalam fotografi bermakna besarnya perbedaan antara bagian terang dan gelap dari sebuah foto. Dengan demikian, HDR pada kamera smartphone dapat menyeimbangkan antara bagian gelap dan terang dari sebuah objek yang kita bidik.

Saat traveling dan mengalami perubahan cuaca yang tiba-tiba, maka foto menggunakan fitur HDR ini amat sangat membantu sehingga menghasilkan foto yang stabil dengan cahaya yang merata.

3. Grid (Garis Pandu)

Ketika sedang berada di tepi laut, gunung atau bahkan perkotaan sekalipun, fitur grid ini akan sangat membantu untuk menyeimbangkan posisi bidikan kamera secara mendatar pada pemandangan atau posisi tegak lurus pada objek tertentu yang kita bidik.

4. Timer (Pengatur Waktu)

Penggunaan timer pada saat foto traveling sangat diperlukan. Terutama jika kita ingin berswafoto atau berfoto beramai-ramai namun tidak ada orang yang dapat dimintai tolong untuk memfoto. Karena itu, pengaturan timer dalam beberapa detik akan sangat membantu.

5. Exposure

Exposure pada kamera bermakna banyaknya cahaya yang jatuh ke sensor gambar dimana cahaya tersebut akan menentukan seberapa terang dan gelapnya hasil foto. Fitur exposure hampir dipunyai oleh semua kamera dari brand smartphone sejak keluaran beberapa tahun lalu hingga sekarang. Jadi tidak perlu khawatir jika menginginkan fitur ini ada di smarphone anda.

6. Aperture/Diafragma (Bukaan Kamera)

Aperture atau bukaan kamera biasa ditandai dengan lambang f/angka. Seperti f/1.4 atau f/2.8 dimana semakin besar angka semakin kecil bukaan lensa begitu juga sebaliknya. Meskipun aperture pada kamera smartphone sangat terbatas, namun hasilnya tidak begitu jauh dari kamera DSLR atau mirrorless.

Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa mendapatkan hasil foto yang cukup maksimal saat pencahayaan berkurang atau dalam kondisi low light.

7. ISO

ISO merupakan fitur yang mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya. ISO ditandai dengan angka seperti ISO 100, ISO 200, ISO 400 dan seterusnya. Semakin tinggi angka ISO-nya maka semakin tinggi pula sensitivitas lensa terhadap cahaya.

Penggunaan ISO bisa dimainkan saat kita ingin mengatur pencahayaan pada kamera smartphone secara manual. Dengan menggunakan fitur ISO kita akan mendapatkan hasil gambar yang baik sesuai dengan yang kita harapkan.

8. Ultra Wide

Beberapa kamera keluaran terbaru memiliki fitur ultra wide dimana fitur ini dapat menangkap gambar dengan jangkauan yang lebih luas dan lebar. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika sedang liburan atau traveling dimana kita ingin memfoto pemandangan alam seperti laut dan gunung.

9. Night Mode (Mode Malam)

Fitur night mode merupakan salah satu keunggulan kamera-kamera smartphone masa kini. Fitur ini mampu menyerap cahaya yang masuk dari lingkungan sekitar lalu mengolahnya sehingga mennghasilkan foto yang lebih jelas dan terang meskipun pencahayaan sangat minim karena malam hari.

Saat membidik objek disarankan kita harus memegang erat smartphone dan tidak bergerak supaya cahaya yang sedang dikumpulkan oleh sensor kamera akan terekam dan terkumpul dengan baik.

10. Filter

Satu kelebihan dari kamera smartphone dibanding jenis kamera lainnya adalah karena dibekali dengan fitur filter dimana kita bisa mendapatkan hasil foto dengan beragam filter semisal vivid, warm, gramatic, monochrome, noir, valencia, ND dan lain sebagainya. Filter ini dapat membuat variasi warna pada foto yang dihasilkan sehingga tidak monoton.

Itulah fitur-fitur fotografi pada kamera smartphone yang dapat anda manfaatkan secara maksimal sehingga menghasilkan foto traveling atau foto liburan yang memuaskan.

Tidak semua smartphone yang memiliki semua fitur di atas, maka ketika akan membeli periksalah terlebih dahulu fitur-fitur mana yang paling anda ingin miliki sehingga tidak sampai salah pilih.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]