Cara Asik Menabung Bagi Kamu Yang Suka Tantangan

Orangtuaku bilang aku adalah anak yang boros, karena seringnya mereka melihat aku selalu gatal menghabiskan uang yang aku miliki. Merasa khawatir dengan nasipku yang akan kelaparan di tanggal tua, mereka menyuruhku untuk menabung. Tapi selalu gagal, karena aku memang seboros itu. Sampai 2 bulan lalu aku akhirnya menemukan cara asik investasi dengan menabung yang nggak buat miskin di akhir bulan.

Menentukan Tujuan Sebelum Menabung

Tentu kita semua tahu bahwa menabung adalah aktivitas dimana kita menyisihkan uang untuk disimpan entah itu di dalam celengan, lemari, di bawah bantal, saku celana atau di tempat yang lebih aman seperti bank.

Selain uang yang tersimpan, kita juga bisa melatih diri kita untuk membangun kebiasaan baru. Seperti 3 hal yang ingin aku bentuk selama aku melakukan tantangan menabung ini, ketiga hal itu adalah;

1.Belajar Untuk Berkomitmen

Ketika memutuskan untuk mulai menabung, sudah seharusnya kita membuat komitmen dengan diri sendiri dan jangan sampai melanggarnya. Untuk memunculkan keyakinan kita pada kemampuan kita, komitmen itu perlu kita tanamkan sejak niat awal kita menabung.

Harapannya ketika aku sudah berhasil mengikat diri atas apa yang sudah aku putuskan meski ini adalah hal kecil, aku akan bisa melakukannya di level yang lebih tinggi.

2.Belajar Membiasakan Diri Untuk Disiplin

Hal ini adalah alasan pertama aku untuk menabung, selain menghemat uang dan memperkecil pengeluaran aku juga melatih diri untuk disiplin. Tentu saja semua metode menabung mengajarkan kita hal ini. Karena jika tidak disiplin mau menabung dimanapun dan dalam bentuk apapun tetap saja tidak akan berhasil.

3.Tidak Mudah Memberikan Toleransi atau Maaf pada Diri Sendiri

Menghilangkan kebiasaan racun seperti “yaudah nggak papa kali ini saja” kalau tetap dibiarkan akan ada ‘kali ini’ untuk waktu kedepannya lagi dan lagi. Dan dengan menabung ini aku akan melatih diriku untuk tidak mudah melanggar rules yang sudah aku tentukan.

Cara Asik Menabung dengan Mengharamkan Uang

Tidak seperti Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang berhak menghalal haramkan sesuatu. Uang haram ini adalah uang yang tidak bisa kita belanjakan untuk jangka waktu yang kita tentukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah;

1.Menentukan Nominal Uang

Untuk melakukan tantangan ini harus menentukan nominal yang akan tidak kita belanjakan selama beberapa hari. Contohnya saja, uang 2ribu kita sudah menentukan uang ini untuk di haramkan, maka jangan pernah membelanjakan uang ini untuk hal apapun. Meski ketika keadaan mendesak sekalipun.

2.Menentukan Waktu Berlangsungnya Tantangan

Setelah menentukan uang yang akan diharamkan, maka tentukan waktu tantangan berlangsung. Jadi kita akan mengharamkan uang dalam jangka waktu tersebut. Contohnya aku mengharamkan uang dua ribu rupiah dalam waktu seminggu, jadi selama satu minggu aku tidak boleh membelanjakan uang dua ribu rupiah itu.

Bagiku dengan metode menabung ini lumayan menyenangkan, apalagi jika memilih nominal uang yang paling sering kita dapatkan. Seperti saat kita memilih uang 2ribu yang selalu eksis dimana-mana, Contohnya aku membeli roti seharga 5ribu dan membayarnya dengan uang 20ribu, lalu kita diberikan kembalian 15 ribu dengan nominal dua ribu yang berjumlah 5, otomatis sehari itu kita sudah menabung 10ribu sendiri.

Dengan metode ini juga aku dapat melatih diriku untuk disiplin serta membuat aku tidak mudah memberikan toleransi kepada diri sendiri. Sangat pas dari tujuan awal aku menabung. tantangan ini sudah aku lakukan selama 3 bulan ini, dan banyak sekali suka dukanya.

Apalagi ketika dihadapkan dengan situasi sulit seperti kita yang seharusnya bisa membayar belanjaan kita dengan uang pas menjadi harus memecah uang dan berakhir dengan menghasilkan uang dua ribu semakin banyak.

Tapi percayalah, semua itu akan membuat kita tersenyum tiada henti ketika akhirnya kita membuka tabungan dan menghitung jumlah uang yang sudah kita kumpulkan. Tapi banyak sedikit hasil uang yang kita kumpulkan ini tergantung dari nominal uang yang kita tentukan.

Karena jika memilih nominal yang yang jarang kita dapatkan ya sama saja tidak menabung, jadi pastikan nominalnya itu harus yang selalu kita dapatkan ya. Itulah cara asik menabung ala Aky buat yang suka tantangan.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]