Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Cek di Sini!

Memberikan perlindungan terhadap kendaraan bukan hanya rutin menjalani servis saja, melainkan juga melengkapinya dengan asuransi mobil.

Tak hanya memberikan banyak sekali manfaat pertanggungan yang juga melindungi pengemudi dan penumpang di dalamnya, asuransi mobil dapat memberikan jaminan kendaraan dalam keadaan baik meski sudah mengalami kerusakan. Karena itu, Anda perlu mencari asuransi mobil terbaik.

Buat Anda yang tengah mencari asuransi mobil terbaik cek selengkapnya seluruh informasi yang dibutuhkan, termasuk rate asuransi mobil terpercaya agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Seperti diketahui, dua jenis asuransi mobil menawarkan manfaat asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Mengenal Lebih Dalam Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan berupa perbaikan atas kerusakan dan atau kerugian pada suatu kendaraan seperti mobil. Asuransi satu ini juga memberikan perlindungan jika mobil yang Anda tumpangi dicuri oleh orang jahat.

Seperti dipaparkan sebelumnya, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih nasabah, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk menerima perbaikan kerusakan mobil baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar, sementara asuransi TLO hanya menerima perbaikan kerusakan mobil yang kerusakannya minimal 75%.

Asuransi mobil comprehensive lebih cocok untuk mobil baru, berbeda dengan asuransi yang TLO lebih cocok untuk mobil bekas atau second. Jadi pastikan tau terlebih dahulu separah apa kerusakan pada mobil Anda baru menentukan produk asuransi mobil yang akan digunakan.

cara memilih asuransi, asuransi mobil terbaik

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Berikut ini adalah tips memilih asuransi mobil terbaik untuk Anda:

Terdaftar di OJK

Hal utama yang menjadi pertimbangan penting memilih asuransi mobil tentu saja perusahaan yang legal. Dan salah satu tandanya adalah perushaaan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jangan sekali-kali membeli asuransi di perusahaan yang tidak terdaftar di OJK. Pasalnya, perusahaan seperti itu sudah pasti tidak jelas dan ilegal.

Memiliki Bengkel Rekanan yang Luas

Hal lain yang tak kalah penting dilakukan adalah, memilih perusahaan yang bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan. Semakin banyak tentu semakin bagus, apalagi perusahaan juga bekerjasama dengan bengkel yang tidak jauh dengan tempat tinggal kita.

Proses perbaikan mobil menjadi jauh lebih cepat karena Anda tidak perlu membawanya ke tempat yang jauh. Kecuali jika perusahaan asuransi tersebut memberikan layanan derek gratis dalam polis asuransinya.

Tak cukup sampai di situ, pastikan juga bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan adalah bengkel resmi. Bisa memberikan garansi suku cadang asli dan perbaikan jika setelah diperbaiki rusak kembali.

asuransi mobil, memilih asuransi mobil, asuransi mobil terbaik

Memilih Premi yang Wajar

Jangan pernah tergiur dengan premi asuransi yang terlalu murah, sebab sudah ada aturan tersendiri yang membahas tentang premi asuransi mobil.

Berdasarkan peraturan yang tercantum di dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017, perusahaan asuransi dalam menentukan premi harus mempertimbangkan beberapa aspek yaitu jenis asuransi, jenis kendaraan, kategori, uang pertanggungan, dan wilayah.

Premi asuransi mobil All Risk biasanya lebih tinggi bila dibandingkan dengan asuransi Total Loss Only.

Memiliki Layanan Tambahan

Coba cek di website resmi perusahaan asuransi terkait apakah menerima layanan tambahan.

Layanan tambahan pada asuransi mobil itu berupa derek gratis ke bengkel, tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, atau tambahan asuransi kecelakaan.

Jika memang perusahaan asuransi memberikan layanan tersebut tidak ada salahnya untuk dipilih. Sebab, memang layanan-layanan seperti itu pasti Anda butuhkan.

Dengan seluruh hal-hal penting dimiliki, yang sebaiknya tidak dipilih adalah perusahaan yang tidak memberikan manfaat utama secara maksimal.

Itulah pentingnya memiliki asuransi mobil dan cara memilih proteksi kendaraan terbaik. Semoga bermanfaat!

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]