Menu asam pedas ternyata sangat populer di Indonesia, juga di mancanegara, walaupun punya nama yang mungkin berbeda. Kota Pontianak juga memiliki ikan asam pedas nya tersendiri, menu makanan yang satu ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Kalimantan Barat.

Tapi meski sama-sama mengusung nama asam pedas, tentu rasanya akan berbeda di masing-masing daerah karena menggunakan rempah yang berbeda satu sama lainnya. Bagi pecinta kuliner pedas dan asam segar ini tentu tak asing lagi dengan kenikmatannya. Apalagi yang sudah mencoba pasti tahu benar Ikan Asam Pedas Khas Pontianak, Berkeringat dan Bikin Ingat

Asam Pedas, Nikmat Pedas dan Asam menjadi Satu

Asam pedas merupakan salah satu resep dari masakan Melayu, tak heran makanan ini jadi akrab di Pontianak karena banyak suku Melayu yang berdomisili di Ibu Kota Kalimantan Barat ini. Tapi tidak hanya di Indonesia, bangsa melayu juga tersebar ke Negara Jiran seperti Malaysia, Brunai hingga Singapura.

Sehingga tidak heran jika kita mencarinya di internet, kita akan menemukan beberapa tulisan yang dibuat oleh penulis dari Negara tetangga. Agak susah membuat klaim dari mana makanan ini berasal.

Jika mengecek laman Wikipedia, ikan asam pedas berasal dari Bahasa Melayu. Masakan ini juga dikenal dengan nama asam pedeh dalam Bahasa Minangkabau. Sesuai dengan namanya, masakan ini memiliki rasa asam dan pedas yang dominan.

Dengan rasa dan keunikan yang dimilikinya, masakan ini menjadi masakan tradisional masyarakat Melayu dan Minangkabau. Bahan dasar yang digunakan selain bumbu-bumbu khusus adalah ikan. Ada yang mengatakan pula, inilah mengapa rasaya cenderung pedas dan asam karena menghilangkan aroma amis yang melekat

Walaupun sudah sangat terkenal di berbagai daerah mulai dari Sumatera hingga semenanjung Melayu. Racikan bumbu masakan yang digunakan saat memasak asam pedas berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya karena berhubungan dengan ketersediaan jenis bumbu yang tersedia.

Contoh sederhana adalah perbedaan cabai dan asam yang digunakan. Ada yang menggunakan rawit, cabai keriting, cabai hijau dan masih banyak jenis lainnya. Tak mau kalah asamnya pun bermacam macam, ada yang menggunakan asam kandis, asam jawa, asam gelugur, jeruk lemon dan banyak lagi lainnya.

Bumbu dominan lainnya pun masih banyak, semuanya kembali pada selera, bahkan dalam satu daerah pun resep asam pedasnya bisa berbeda karena setiap dapur rumah punya rahasianya sendiri sendiri. Tentu saja, sayuran yang dimasukkan untuk melengkapi juga berbeda

Asam Pedas Tak Melulu Ikan

Seperti yang sudah ditulis diatas, resep asam pedas kebanyakan digunakan untuk ikan, namun sebenarnya banyak pula modifikasi dan inovasi yang terus berkembang, tak melulu ikan. Ada beberapa bahan makanan lain yang bisa digunakan. Beberapa mungkin bisa dicoba.

1. Asam Pedas Ayam

Daging ayam termasuk sumber protein yang dapat diolah bermacam macam. Siapa yang suka dengan ayam bakar dana yam goreng? Kalian bisa memodifikasinya menjadi menu asam pedas ayam. Tak jauh berbeda dengan membuat ikan asam pedas, hanya saja kali ini menggunakan ayam. Cocok sekali untuk kamu yang mungkin saja kurang begitu suka dengan ikan. Tinggal disesuaikan saja resepnya, apakah harus ditambah atau dikurangi. Ada yang sudah pernah mencoba membuatnya?

2. Asam Pedas Daging Tetel

Jika biasanya daging tetel hanya dijadikan sebagai gulai atau campuran dalam bubur, ternyata menu yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan asam pedas, teksturnya yang kenyal kenyil tentu menghadirkan nikmat tersendiri bagi penggemarnya. Tak jauh berbeda cara memasaknya, namun mungkin harus memasak lebih lama supaya dagingnya menjadi empuk. Sayuran tambahan seperti tomat dan nenas da[at ditambahkan kedalamnya atau terung Dayak dan kacang panjang. Benar-benar masakan yang bisa disesuaikan dengan selera.

4. Asam Pedas Udang

Salah satu seafood yang sangat diminati lainnya adalah udang. Supaya mudah menikmatinya, [ilihlah udang dengan ukuran yang besar, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dan jangan memasak terlalu lama karena bisa membuat udah terlalu a lot dan kehilangan rasa manis alaminya. Masak sebentar hingga udang menjadi merah. Segera angkat dan sajikan di meja makan.

5. Asam Pedas Cumi

Tidak mau kalah dari udang, cumipun sangat nikmat dimasak asam pedas, tinggal motong cumi persegi Panjang dan tinggal ditoreh supaya bentuknya menjadi bagus dan mudah dikunyah. Sama seperti udang, cumi tidak boleh dimasak terlalu lama supaya tidak a lot. Supaya semakin segar, boleh ditambahkan nenas dan tomat. Rasanya bisa jauh lebih sedap dari tom yam, asam pedas ala Thailand.

Kombinasi apa yang paling tepat saat menyajikannya di meja makan? jangan lupa untuk menyandingkannya dengan nasi hangat dan sambal terasi atau sambal belacan.

5 Tempat Makan Ikan Asam Pedas di Pontianak

Bagi warga Pontianak, tentu tidak akan terlalu susah untuk mendapatkan menu ini. Bisa dengan mudah memasaknya sendiri dirumah karena bahan bahannya tida terlalu sulit didapatkan. Apalagi saat ini banyak pasar segar yang menyajikan bahan siap pakai.

Namun bagi yang malas untuk memasak bisa membelinya di beberapa restoran yang direkomendasikan ini. Saya juga menganjurkan wisatawan untuk mencoba masakan ini jika bertandang ke Pontianak. Dimana saja?

1. Pondok Ale Ale

Berada di Jalan Letjen Soetoyo, dapat dengan mudah ditemukan karena bangunannya yang besar dan berada dipersimpangan jalan. Pondok Ale Ale Sutoyo ini menyediakan ikan segar yang dapat dipilih sendiri untuk dimasak ikan asam pedas. Pilihan paling tepat adalah ikan angsam merah yang bergading padat dan manis.

Ada dua jenis asam pedas yang dapat dipilih yaitu asam pedas ala Pontianak yang cenderung berwarna merah atau asam pedas Ketapang yang cenderung berwarna kuning. Keduanya punya karakter rempah yang berbeda namun sama sama lezat.

2. Rumah Makan Seribu Dinar

Berada di Area Pasar Mawar di Jalan HOS Cokroaminoto, Rumah Makan Seribu Dinar sudah dikelola hingga generasi ketiga. Berbeda dengan Pondok Ale Ale yang menggunakan ikan laut, Seribu Dinar meracik Ikan asam pedasnya menggunakan ikan sungai.

Paling nikmat jika menemukan ikan Belida atau Ikan Banung yang berlemak dan gurih untuk dijadikan bahan ikan asam pedas. Rasa Gurih berlemak, berbalut sempurna dengan rasa asam dan pedas. Hati hati untuk nambah nasi berkali kali.

3. Restoran Pondok Kakap

Restoran ini berlokasi di Jalan Ismail Marzuki No. 33A Pontianak. Hampir sama dengan beberapa tempat makan lainnya di Pontianak, Pondok Kakap juga menyediakan menu masakan asam pedas. Ikan yang digunakan pada menu asam pedas di restoran ini adalah ikan lais. Kamu juga bisa mencicipi menu lain seperti tim ikan jelawat dan berbagai mecam menu lainnya.

4. ALILA Prasmanan

Selain menawarkan tempat untuk bersantai berupa cafe dengan berbagai menu yang menarik, ALILA Cafe and Resto juga menyediakan berbagai menu tradisional seperti asam pedas. Kamu bisa menemukannya di ALILA Prasmanan. Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, asam pedas dan ikan bakar menjadi menu andalan di tempat ini. Jika ingin mencoba menu andalan tersebut, kamu bisa langsung ke ALILA Prasmanan di Jalan K.S. Tubun (di depan Rumah Sakit Bhayangkara) Pontianak.

5. Rumah Makan Asam Pedas Pak Amat

Walaupun mengusung nama asam pedas sebagai cii khasnya, Rumah Makan Asam Pedas Pak Amat yang berada di Jalan HM Suwignyo No 1 ini tak hanya menjual asam pedas. Ada banyak menu khas melayu lainnya yang dijual. Namun ciri khasnya disini adalah menjual asam pedas kepala ikan yang ukurannya jumbo, bisa dimakan 2-3 orang sekaligus untuk 1 porsinya. Sensasi menghisap tulang kepala ikan yang bersalut asam dan pedas tentu membuat beberapa orang ketagihan untuk menikmatinya berulang kali.

Sensasi asam dan pedas dari rumah makan diatas mempunyai ciri dan karakter yang berbeda. Mulai dari bumbu racikan yang menjadi ciri khas masing masing tempat hingga jenis ikan yang digunakan. Semuanya memberikan citarasa yang berbeda satu sama lainnya. Sehingga sulit untuk membandingkan karena masing masing punya ciri khas tertentu yang diminati penikmatnya.

Resep Asam Pedas Pontianak

Tak punya waktu ke Pontianak, namun punya waktu untuk berbelanja dan memasak sendiri menu nya dirumah. Saya akan membocorkan resep yang mudah dan bisa dipraktekkan di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan untuk 2 porsi

Ikan

  • 1/2 kg ikan kakap merah/angsam/baung/lais/belida yang sudah disiangi dan diberi perasan jeruk sambal

Sayur Pelengkap

  • 1 buah Terung asam atau Terung Dayak/Boleh diganti setengah buah nanas yang sudah disiangi bersih
  • 1 buah tomat mengkal diiris (optional)

Bumbu Halus

  • 3 sdm cabai kering giling
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4-6 Cabe rawit (pedas menyesuaikan)
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdt terasi (jika suka)
  • Gula dan Garam secukupnya

Bumbu Cemplung

  • 1 btg serai geprek
  • 6-7 asam kandis atau Asam Gelugur (Keasaman menyesuaikan)
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam

Pelengkap

  • Minyak goreng untuk menumis bumbu
  • 500 cc Air

Cara Membuat (20 Menit)

  • Siangi ikan dan beri perasan jeruk sambal
  • Haluskan Cabe kering, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit dan tambahkan terasi kemudian tumis bersama asam kandis/asam gelugur+lengkuas geprek+serai geprek+daun salam,tumis sampai harum.
  • Masukkan 500 cc air,tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan ikan, terung asam/nanas dan tomat.
  • Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera.
  • Masak hingga matang dan sajikan
  • Tak perlu waktu yang lama, Menu ikan asam pedas sudah tersedia dan siap disantap.

Kesimpulan

Ikan Asam Pedas Khas Pontianak, Berkeringat dan Bikin Ingat. Sungguh membangkitkan selera makan. Rasa asam membuat nafsu makan bertambah dan liur mengembang sementara citarasa pedasnya membuat makan berkeringat dan selalu menambah porsi nasi putih. Makanan khas Pontianak ini jadi salah satu ikon kuliner yang tidak dapat dipisahkan dari kota Khatulistiwa. Jika bertandang kemari jangan lupa untuk menikmati. Selamat Makan dan Salam Yumcez!

Author