Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan dan senang diajak bermain. Kucing tidak mengeluarkan energi saat mencari makan sehingga energi yang tersimpan dilepaskan dengan bermain. Pas sekali jika dipelihara sebagai teman bermain anak-anak.

Memelihara kucing juga banyak manfaatnya loh, diantaranya menurunkan tingkat stress dan mengajarkan tanggung jawab kepada anak. Anak-anak bisa belajar tanggung jawab saat merawat kucing dengan cara memberinya makan, membersihkan kandang, hingga mengajaknya bermain.

Merawat kucing memang tampak mudah terutama untuk kalian yang belum punya pengalaman memelihara kucing. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kebersihan dan kesehatannya selalu terjaga. Nah, begini cara merawat kucing untuk pemula yang bisa kalian lakukan di rumah.

Siapkan Peralatan yang Lengkap dan Tepat

Memelihara hewan peliharaan kucing membutuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang tepat. Apa saja kira-kira yang harus diapakan saat kali pertama memelihara kucing?

Kandang

Untuk kalian yang baru kali pertama memelihara kucing, siapkan kandang yang berukuran lebih besar dari kucing. Jangan sampai kucing merasa stress karena kandangnya terlalu sempit. Menyediakan kandang bukan berarti membatasi gerak kucing ya tapi sebagai tempat tinggalnya. Makanya sediakan kandang yang nyaman agar kucing betah.

Bak Pasir

Hampir semua kucing kalau buang kotoran akan menggali pasir lebih dulu dan menimbun kotorannya setelah selesai. Nah, agar kucing bisa membuang kotoran dengan leluasa sediakan bak pasir yang pas dan tidak terlalu sempit.

Tempat Makan dan Minum

Tempat makan dan minum untuk kucing pun idealnya yang nyaman. Ada berbagai jenis bahan tempat makan kucing, mulai dari plastik, stainless steel, dan keramik. Pilihlah tempat makan dan minum yang tidak terlalu dangkal atau terlalu dalam.

Bila terlalu dangkal makanan kucing akan berserakan sedangkan jika terlalu dalam akan tersisa. Kacuali kucing kalian memang pintar meraih makanan.

Saat meletakkan tempat makan dan minumnya pun harus diperhatikan ya. Letakkan agak tinggi agar kucing mudah meraihnya dan tidak terlalu banyak menunduk.

Alas Tidur

Berikan juga alas tidur yang nyaman untuk kucing di dalam kandang. Setiap hari hewan berbulu ini membutuhkan waktu tidur minimal 15 jam. Jika kurang tidur kucing akan membuat keributan yang bisa mengganggu pemiliknya. Alangkah baiknya jika kucing memiliki siklus tidur-bangun seperti mamalia lainnya.

Cukupi Kebutuhan Gizinya

Setelah menyediakan semua perlengkapan untuk memelihara kucing, ingat selalu untuk mencukupi kebutuhan gizinya ya. Untuk tumbuh dengan baik dan sehat, hewan peliharaan satu ini membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Apalagi jika itu kucing ras, kebutuhan nutrisinya sedikit berbeda dengan kucing lokal.

Jika kalian memelihara kucing ras, berikan pakan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta antioksidan. Takaran untuk anak kucing dan dewasa pun berbeda. kucing yang masih kecil butuh protein dan kalsium yang lebih tinggi ketimbang kucing dewasa untuk menunjang pertumbuhan mereka.

Kalian juga bisa membuatkan makanan basah sebagai selingan makanan kering agar mereka tidak bosan. Berikan makanan basah seminggu tiga kali yang dibuat dari campuran nasi dan ikan segar yang telah direbus terlebih dahulu.

Jadwal pemberian makan juga hendaknya rutin dengan jam yang sama setiap hari karena biasanya kucing akan mengingatnya.

Perhatikan Kebersihannya

Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan hewan peliharaan agar selalu bersih, cantik, sehat, dan terbebas dari segala macam parasit dan penyakit kulit. Kalian bisa memandikan kucing minimal usia 2 bulan dengan sampo anti kutu, merapikan bulunya dengan menyisir setiap hari, dan juga membersihkan matanya.

Memandikan kucing dapat dilakukan setiap dua minggu sekali atau jika mereka sudah terlihat kotor. Sebelum mandi jangan lupa potong kukunya terlebih dahulu untuk menghindari cakarannya. Biasanya kucing yang takut air akan meronta dan mencakar benda-benda di sekitar.

Jika kalian merasa kesulitan untuk melakukan perawatan kebersihan kucing atau grooming ini, bawa saja ke salon khusus kucing agar mereka bisa lebih bersih, sehat, dan bulunya mengkilap.

Ajak Berinteraksi dan Bermain

Kucing adalah hewan yang suka bermain sehingga banyak sekali kita jumpai aneka mainan kucing di pet shop. Agar kucing tidak stres dan tumbuh dengan baik, kalian bisa mengajaknya bermain. Miliki beberapa mainan kucing agar mereka tidak bosan, seperti pancingan berbulu, bola, tikus-tikusan, boneka ikan, dan lainnya.

Selain bermain, kalian juga bisa mengajak kucing jalan-jalan atau sekedar menghabiskan waktu bersama. Harapannya kucing akan merasakan kasih sayang pemiliknya sehingga mereka juga bahagia.

Nah, itu dia cara merawat kucing untuk pemula. Semoga bermanfaat dan menghindarkan kalian dari kesalahan-kesalahan kecil saat merawat kucing.

Author