Memiliki binatang peliharaan banyak manfaatnya. Selain dapat mengurangi stress dan menjadi hiburan, mempunyai hewan peliharaan dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Di mana segala aktivitas ke luar rumah pun dibatasi. Memiliki binatang peliharaan dapat menjadi kegiatan positif yang bisa mengalihkan perhatian dan menghindarkan kebosanan.

Pertimbangan Sebelum Memiliki Peliharaan

Sebelum memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan. Yakni :

  • Libatkan anak untuk memilih hewan yang hendak dipelihara

Melibatkan anak untuk turut menentukan hewan yang akan dipelihara sangat penting. Agar nantinya anak dengan senang dan suka rela untuk mengurusnya.

Selain itu, diskusi yang dilakukan juga sebagai media belajar anak untuk menyampaikan pendapat dan betukar pikiran. Hal ini juga menjadikan komunikasi antara orang tua dengan buah hati semakin terbuka dan harmonis.

Pemilihan hewan tentu saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing keluarga. Beberapa binatang yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk dipelihara diantarannya adalah :

    • Ikan

Ikan bisa menjadi pilihan karena mudah dalam penanganan. Anak dapat diberi tugas untuk memberi makan secara rutin, dan bersama orang tua membersihkan dan mengganti air di akuarium.

    • Anjing atau kucing

Kedua binatang ini memang mainstream. Sejak dulu banyak keluarga memilih kedua hewan ini untuk dipelihara. Selain lucu dan menggemaskan, kedua binatang ini juga mudah perawatannya.

Apalagi untuk makanan juga banyak tersedia di petshop dengan aneka pilihan merk dan harga. Yang perlu digaris bawahi, demi amannya di masa pandemi ini ruang gerak dari hewan ini harus dibatasi.

    • Iguana

Binatang ini juga banyak dipelihara. Bentuknya unik seperti hewan purba. Cara perawatannya juga tidak susah. Cukup diberi sayur dan buah sebagai makanannya. Hewan ini juga bisa dilatih untuk jinak kepada pemiliknya. Sering saja diajak ke luar kandang untuk sekedar berjemur dan dimandikan.

    • Love Bird

Burung ini memiliki bulu yang indah dan termasuk jinak. Dan termasuk hewan yang mudah dipelihara.
Love bird tidak menghasilkan suara yang merdu. Daya tariknya terletak pada keindahan bulunya.

Nah, hewan-hewan di atas hanyalah sebagai contoh pilihan saja. Masih banyak hewan lain yang bisa dipilih untuk dipelihara. Semua tergantung pertimbangan masing-masing keluarga.

  • Pertimbangkan usia anak

Usia anak minimal jika hendak diberi tanggung jawab untuk memelihara hewan adalah di usia 7 atau 8 tahun.
Di usia ini, anak sudah bisa diminta untuk membantu mengurus  binatang seperti memberi makan atau minum dan diberi petunjuk dan arahan apa saja yang sebaiknya dilakukan.

  • Pertimbangkan situasi dan kondisi lingkungan rumah

Beberapa hewan peliharaan butuh tempat yang longgar dan kandang tersendiri. Seperti iguana misalnya.
Jika hendak memelihara iguana, kita harus mempersiapkan kandang yang lapang dengan paparan sinar matahari yang cukup. Agar hewan yang dipelihara nyaman dan sehat.

Oleh karena itu kondisi rumah menjadi salah satu pertimbangan juga untuk menentukan jenis binatang apa yang akan kita pelihara.

  • Budget atau anggaran yang kita sediakan

Ini juga penting. Berkaitan dengan pemenuhan hak dari hewan yang kita pelihara. Jangan sampai budget yang kita anggarkan terlalu minim atau tidak cukup. Akibatnya perawatan yang kita berikan kepada hewan peliharaan kita tidak maksimal.

Terutama jika hewan yang kita pelihara sakit sehingga perlu tindakan dari dokter hewan.

Manfaat memelihara hewan bagi anak

Selain untuk mengajarkan tanggung jawab, memiliki hewan peliharaan juga banyak manfaatnya. Seperti :

  1. Menjadi media belajar anak

Anak akan belajar bagaimana makhluk hidup tumbuh dan berkembang secara langsung. Tentu ini akan memberi sensasi dan pengalaman tersendiri yang mengesankan sekaligus menyenangkan.

  1. Mengajari anak tentang kasih sayang

Dengan memiliki hewan peliharaan, anak jadi tahu bagaimana sebaiknya memperlakukan hewan. Sehingga timbul rasa peka dan sayang kepada binatang.

  1. Menjadikan anak lebih percaya diri

Melihat hewan yang dipeliharanya sehat, tentu membuat anak menjadi lebih percaya diri, karena mampu melaksanakan tanggung jawab yang dipegangnya.

  1. Bisa menjadi hobi yang menghasilkan dikelak kemudian hari.

Jika ditekuni, bukan tidak mungkin kebiasaan memelihara hewan ternak ini menjadi hobi yang mendatangkan pemasukan ketika dewasa nanti.

  1. Membuat imun tubuh lebih kuat

Hewan yang dipelihara menghadirkan perasaan suka dan bahagia bagi pemiliknya. Dan perasaan gembira inilah yang membuat sistem pertahanan tubuh bekerja dengan optimal sehingga imun menjadi kuat. Sehingga tidak heran kalau kita sering mendengar ungkapan “hati gembira adalah obat”.

Nah, begitu banyak bukan manfaat memiliki hewan peliharaan? Yuk, ajak anak untuk mulai memiliki binatang peliharaan di rumah..

Sapti Nurul H