Seperti biasa aku selalu menggunakan transportasi umum untuk berkegiatan, seperti transjakarta dan kereta api. Karena memang transportasi tersebut yang sangat aman untuk digunakan selain dapat berhemat, bisa juga menikmati hasil dari pajak yang dibayarkan wkwkwk.

Sejak tahun 2013, busway atau transjakarta sudah menggunakan kartu elektronik (e-ticketing) sebagai pengganti uang tunai, dimana hanya dengan tap in kartu elektronik di pintu masuk maka saldo sudah langsung terpotong, jika habis saldo maka dapat melakukan top up melalui petugas halte.

Namun semenjak pandemi transaksi top up melalui counter tidak dapat dilakukan, sehingga pengguna transjakarta dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan vending machine sebagai bentuk investasi negara. Nah, untuk itu aku ingin memberikan informasi mengenai cara menggunakan vending machine transjakarta.

Apa itu Vending Machine Transjakarta

Vending machine transjakarta merupakan suatu alat atau mesin seperti atm dan berbentuk seperti kulkas kaca yang berfungsi untuk melakukan transaksi secara mandiri tanpa adanya kasir atau operator, sehingga apabila hendak membeli kartu atau mengisi saldo yang berada pada vending machine cukup dengan memasukkan uang kertas, QR code dan debit bank .

Vending machine ini akan menggantikan transaksi pengelolaan keuangan via petugas di halte. Vending machine ini terdapat di 100 halte transjakarta dan akan terpasang sebanyak 236 vending machine.

Apa yang dapat dilakukan dengan vending machine transjakarta

Melalui vending machine transjakarta ini sahabat dapat melakukan pembelian kartu perdana, mengisi saldo dan mengecek saldo elektronik secara mandiri tanpa harus ada petugas yang melayani.

Cara melakukan transkasi melalui vending machine transjakarta:

  • Mengisi saldo / Top Up kartu elektronik
  • Jika sahabat ingin melakukan pengisian saldo top up melalui vending machine uang elektronik transjakarta ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.
  • Jika menggunakan uang tunai lakukan cara sebagai berikut:
    1. Pada halaman awal vending machine, pilih layanan yang sahabat inginkan yaitu top up saldo / isi ulang saldo
    2. Letakkan / tempelkan kartu pada mesin dengan posisi yang benar dan pas, sehingga terbaca oleh mesin
    3. Klik lanjut
    4. Pilih pembayaran dengan tunai,
    5. Pilih nominal yang tertera pada layar mesin,
    6. Masukkan uang yang ingin sahabat isi sesuai yang tertera pada layar,
    7. Pada mesin kartu uang elektronik tansjakarta hanya menerima uang kertas dengan pecahan, yaitu 10.000,- , Rp. 20.000,- Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,-
    8. Tempelkan kartu,
    9. Setelah itu tunggu sampai lampu penerimaan uang berwarna hijau sebagai tanda bahwa saldo top up kartu sudah terisi, dan ambil struk sebagai tanda berhasil melakukan pengisian top up.
  • Jika menggunakan QR Code lakukan cara sebagai berikut :
    1. Pada halaman awal vending machine, pilih layanan yang sahabat inginkan yaitu top up saldo / isi ulang saldo
    2. Letakkan / tempelkan kartu pada mesin dengan posisi yang benar dan pas, sehingga terbaca oleh mesin
    3. Klik lanjut
    4. Pilih pembayaran dengan QR Code,
    5. Pilih nominal yang tertera pada layar mesin,
    6. Lakukan scan QR code seperti link aja,
    7. Lakukan konfirmasi pembayaran melalui aplikasi digital
    8. Tempelkan kartu,
    9. Setelah itu tunggu sampai keluar struk pembayaran sebagai tanda bahwa saldo top up kartu sudah terisi, dan ambil struk sebagai tanda berhasil melakukan pengisian top up.
  • Jika menggunakan debit lakukan cara sebagai berikut:
    1. Pada halaman awal vending machine, pilih layanan yang sahabat inginkan yaitu top up saldo / isi ulang saldo
    2. Letakkan / Tempelkan kartu pada mesin dengan posisi yang benar dan pas, sehingga terbaca oleh mesin
    3. Klik lanjut
    4. Pilih nominal yang tertera pada mesin,
    5. Pilih pembayaran dengan debit bank , untuk saat ini debit bak yang dapat digunakan, adalah Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BRI.
    6. Masukkan nomor rekening debit bank
    7. Tempelkan kartu,
    8. Setelah itu tunggu sampai keluar struk pembayaran sebagai tanda bahwa saldo top up kartu sudah terisi, dan ambil struk sebagai tanda berhasil melakukan pengisian top up.

Untuk transaksi melalui transaksi vending machine dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 1.500,-. Sayangnya lagi belum semua bank dapat terhubung dengan vending machine transjakarta ini dan belum ada integrasi dengan kartu perjalananan commuterline dan mrt. Semoga fiturnya dapat terus dikembangkan dan dapat terintegrasi dengan seluruh model transaksi transportasi yang ada.

Demikian cara penggunaan vending machine transjakarta, yang dapat sahabat gunakan secara mandiri.

Author