Mengenal Asuransi Perjalanan, Beberapa Manfaat dan Jenisnya

Asuransi ada banyak jenisnya, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi perjalanan. Memilih asuransi, Anda perlu mengetahui premi yang perlu dibayarkan.

Cari tahu lebih dulu mengenai besaran premi. Misalnya jika memilih asuransi kesehatan, Anda bisa mencari tahu detail premi asuransi Cigna proteksi sehat.

Pada pembahasan kali ini akan membahas tentang asuransi perjalanan. Termasuk, pembahasan mengenai asuransi perjalanan dan pengecualiannya.

Seperti diketahui, asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang berikan ganti rugi apabila terjadi risiko perjalanan selama nasabah bepergian. Asuransi ini tepat untuk Anda yang suka bepergian jarak jauh dengan pesawat, baik liburan maupun business trip.

Manfaat dari Asuransi Perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan paling utama adalah bisa kurangi risiko finansial saat Anda berkunjung ke kota maupun negara lain.

Selain itu, sejumlah manfaat asuransi perjalanan yang lain, seperti:

Kompensasi untuk Kehilangan Bagasi

Jika bagasi Anda hilang ataupun rusak karena kelalaian dari pihak maskapai, maka perusahaan asuransi akan berikan ganti rugi yang sesuai ketentuan polis disepakati bersama.

Kompensasi untuk Kehilangan Paspor

Jika paspor nasabah hilang karena pencurian ataupun hal tak disengaja lain, maka perusahaan asuransi akan berikan santunan untuk nasabah ajukan kehilangan ataupun pembuatan paspor baru pada kedutaan Indonesia.

Kompensasi untuk Penundaan Penerbangan

Penundaan penerbangan dimaksud adalah delay ataupun penerbangan yang pihak maskapai batalkan. Kondisi ini dapat timbulkan kerugian pada para penumpang. Jika mempunyai polis proteksi perjalanan, Anda akan dapatkan kompensasi tunai yang sesuai perjanjian polis.

Biaya Perjalanan Darurat

Jika Anda sudah lakukan perjalanan, tapi ada hal darurat yang haruskan Anda untuk kembali ke kota ataupun negeri asal dengan sesegera mungkin. Sejumlah polis asuransi perjalanan menanggung biaya perjalanan yang darurat tersebut.

Biaya Medis

Kebanyakan polis berikan pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Itu sudah termasuk biaya pengobatan karena sakit atau terluka dan biaya rawat inap di dalam perjalanan.

Bahkan karena pandemi tahun 2020, sejumlah perusahaan pun sudah sediakan manfaat asuransi perjalanan Covid-19.

Biaya Evakuasi Medis

Jika butuhkan evakuasi ke rumah sakit yang terdekat untuk dapatkan perawatan yang secepatnya, perusahaan asuransi akan urus kebutuhan tersebut.

Santunan Kematian serta Disabilitas

Jika terjadi risiko cacat atau meninggal dunia karena kecelakaan pada orang ditanggung, pihak asuransi akan berikan dana santunan ke keluarga.

Kompensasi Kerusuhan

Jika Anda bepergian ke suatu daerah, Anda tak dapat ramalkan kejadian yang nantinya terjadi. Dapat saja kebetulan terjadi suatu kerusuhan ketika berada di sana. Asuransi perjalanan tanggung risiko kerugian terjadi karena hal itu.

Pengecualian Asuransi Perjalanan

Terdapat sejumlah pengecualian yang bisa buat klaim Anda atau nasabah ditolak. Tiap perusahaan asuransi mempunyai pengecualian polis beda-beda.

kenali asuransi perjalanan Anda

Namun, umumnya pengecualian asuransi perjalanan, seperti:

  • Tindakan peperangan, terorisme, tindakan musuh asing, penyerbuan, perang saudara, huru-hara, revolusi, penggunaan kekuatan militer, ataupun penggulingan pemerintah atau penggulingan kekuasaan militer.
  • Setiap cedera, sakit, ataupun penyakit disebabkan secara langsung atau tak langsung dari radiasi atau reaksi nuklir, atau pencemaran radioaktif.
  • Setiap tindakan yang sengaja melanggar hukum.
  • Setiap kondisi medis atau penyakit yang sudah ada sebelum
  • Setiap penyakit atau kondisi medis yang ada sebelum perjalanan.
  • Negara dilarang (bisa berubah sewaktu-waktu): Iran, Afghanistan, Irak, Belarus, Syria, Kuba, Korea Utara, Republik Demokrasi Kongo, Liberia, Lebanon, Sudan, Sudan Selatan, Somalia, dan Zimbabwe. 

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan yang terbaik di Indonesia dibagi jadi sejumlah kategori yang akomodasikan perjalanan domestik serta internasional, seperti Asia, Umrah/Haji, dan Visa Schengen.

Supaya lebih jelas, mari simak penjelasan berikut ini:

Asuransi Perjalanan Domestik

Ini merupakan jenis asuransi perjalanan yang berikan uang pertanggungan pada hanya wilayah Indonesia.

Secara umum, manfaat asuransi perjalanan ini sudah termasuk tiket pesawat atau disediakan secara otomatis oleh pihak maskapai. Manfaat diberikan biasanya berupa santunan cacat atau meninggal dunia jika terjadi kecelakaan pesawat.

Asuransi Perjalanan Internasional

Jenis asuransi perjalanan ini jadi salah satu dokumen yang wajib apabila ingin bepergian pada salah satu negara dari 26 negara Eropa. Manfaat ditanggung pun biasanya lebih lengkap, mulai dari kerusakan atau kehilangan bagasi, ketinggalan pesawat, kecelakaan, serta masih banyak yang lain.

Selain wilayah Schengen, Jepang pun wajibkan turis mempunyai asuransi perjalanan saat berkunjung. Oleh karena itu, apabila ingin berkunjung ke negara Jepang, ada baiknya daftarkan dahulu diri Anda dalam asuransi perjalanan Asia untuk ajukan Visa Jepang.

Demikian pembahasan singkat mengenai asuransi perjalanan. Perlu diingat, pilihlah asuransi perjalanan terbaik dari perusahaan yang bagus dan terpercaya agar manfaat pertanggungan bisa benar-benar dirasakan.

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network