Bagi yang suka ke pantai, wajib nih, main ke Kebumen. Banyak pantai indah dan memikat. Salah satunya wajib menikmati pesona Pantai Menganti Kebumen Jawa Tengah yang saat ini jadi primadonanya pantai di sana.

Pantai menganti termasuk jajaran pantai di pantai Laut selatan. Makanya selain pantai menganti, banyak juga pantai-pantai indah lainnya yang sudah pernah saya kunjungi. Dari Pantai Ayah atau Pantai Logending, sampai ke Pantai Laguna Lembupurwo Mirit.

12 Pantai Memikat di Kebumen sudah pernah saya kunjungi.

Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah Kebumen Jawa Tengah. Banyak yang bilang, kalau pantai ini indahnya seperti pantai di Bali. Saya juga pernah membaca tulisan, ada yang menyamakan dengan pantai di Selandia Baru. Benarkah?

Pastinya untuk membuktikan semua itu, Teman-teman harus mampir langsung ke Pantai Menganti. Sebagai gambaran, Pantai Menganti ini berbukit dan mempunyai tebing karst yang indah. Dijamin memanjakan mata, hati dan jiwa. Sedap…

Asal Usul Pantai Menganti

Menurut cerita, Pantai Menganti itu artinya pantai menanti. Ehm.. siapa yang menanti dan siapa yang dinanti, ya? Hehehe. Jadi dulu ada seorang panglima yang menjalin kasih dengan gadis biasa. Sayang hubungan mereka tak direstui. Mereka pun sepakat untuk bertemu di samudra hindia.

Sayangnya, sang gadis pujaan tak kunjung datang. Padahal sang panglima sudah menanti lama menanti.. rembulan kian berganti hahaha kayak syair lagu saja ya. Akhirnya tempat itu disebut menanti yang sekarang jadi pantai Menganti.

Rute Ke Pantai Menganti

Siapkan mental saat akan mengunjungi Pantai Menganti. Soalnya… Rutenya sangat memacu adrenaline. Jalanan berkelok-kelok, naik turun dan menanjak. Tapi seru.

Saya sudah 3 kali ke Pantai Menganti dan selalu naik motor. Itu seperti bermain game motor saja. Seru apalagi ditambah dengan suasana alam yang memanjakan mata selama perjalanan. Sekali ke sana, rasanya ingin datang terus hehehe.

Kalau teman-teman dari arah Purworejo maka bisa mengikuti jalur menuju ke Pantai Suwuk. Nanti dari sana ikuti saja jalan melewati beberapa pantai, terus sampai tujuan. Sedangkan kalau teman-teman dari daerah Cilacap, bisa jalan dari arah Pantai Ayah atau Pantai Logending.

Tiket Masuk ke Pantai Menganti

Sebelum masuk area pantainya, sudah ada loket menanti. Siapakan uang sebesar12.500 per orang sudah termasuk parkir motor ya. Sedangkan parkir mobil atau bus rombongan, pastinya disesuaikan lagi. Tapi tetap pas di hati dan kantong.

Untuk parkirnya, motor bisa di parkir di depan TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Bisa juga terus nanjak dan parkir di dekat lokasi. Sedangkan untuk mobil parkirnya hanya bisa di Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Nanti ada mobil khusus yang akan mengantar teman-teman sampai ke atas. Gratis..

Fasilitas Pantai Menganti

Pantai Menganti ini wisatanya sudah dikelolah dengan baik. Beberapa bagian sudah dibagi sesuai namanya. Jalanan juga sudah dipavingblok. Jadi jalan-jalan menyusuri pantai yang wisata andalan Kebumen Jawa Tengah ini semankin menyenangkan.

1. Jembatan Merah

Sesuai namanya jembatan merah, ada jembatan berwarna merah. Di bawahnya terdapat karang-karang indah. Di sini jadi spot andalan untuk foto-fptp. Apalagi dengann deburan ombak.

2. Lembah Menguneng

Tidak ketinggalan ada sebuah lembah yang sangat memikat dan hijau. Di salah satu sudut, ada gazebo besar, lalu tidak jauh ada spot foto yang sangat memikat. Teman-teman bisa bersantai di sana sambil foto-foto.

3. Gazebo

Setelah berjalan-jalan, boleh sekali istirahat di gazebo-gazebo yang sudah disediakan. Pemandangan yang langsung menghadap ke laut lepas, dengan semilir angin, dijamin membuat teman-teman betah. Bahkan mungkin langsung ingin tidur hahaha.

Untuk menikmati gazebo ini, teman-teman cukup membayar 10 ribu. Itu bisa digunakan sepuasnya. Tapi ingat, jangan meninggalkan gazebo dalam keadaan kosong, karena itu sudah dihitung selesai pemakaian. Kalau mau pakai lagi, ya bayar lagi.

4. Pantai

Namanya juga pantai, pastinya ada pantai Menganti ada pantainya juga. Tepatnya di depan TPI. Hanya saja pantainya tidak terlalu landai. Tidak ada pohon kelapa atau cemara laut, tapi berbatu-batu karang. Tampak perahu nelayan bercat biru yang berjejer di tepian.

Tapi tetap seru kok. Banyak sudut-sdut eksotis yang bisa jadi spot foto. Termasuk perahu-perahu nelayan itu. Apalagi pasirnya berwarna putih. Boleh tuh, pose tiduran hahaha.

5. Tempat Pelelangan Ikan

Bagi yang doyan ikan laut dan aneka seafood lainnya, ini surganya. Jadi teman-teman bisa membeli ikan. Tapi kan tidak bisa dibawa pulang? Tenang, banyak warung makan di sekitar. Minta saja dimasakkan sesuai selera. Nanti tinggal ongkos masaknya.

Pastinya dong, bisa sekali menikmati aneka seafood di tempat. Apalagi ikannya masih sangat fresh. Warung yang menhadap pantai, bikin suasana makin keceh. Harganya terjangkau. Kalau tak percaya, langsung buktikan saja hehehe

6. Villa

Belum puas menikmati keindahan Pantai Menganti? Tenang, teman-teman bisa menginap. Soalnya ada villa yang disewakan. Harganya juga tak mahal. Apalagi kalau sekeluarga atau patungan ramai-ramai bareng teman.

Misalnya teman-teman datangnya agak sorean, bisa langsug menikmati sunset. Besok paginya bisa jalan-jalan pagi sambil menikmati sunrise. Siang lanjut keliling pantai Menganti. Seru benar kan.. hehehe. Makanya pantai Manganti buka 24 jam.

Itu dia sedikit cerita Pantai Menganti Kebumen. Seperti yang sudah saya tuliskan tadi, kalian tidak akan percaya, kalau belum merasakan langsung. So.. bergegas ya, main ke Kebumen dan nikmati berbagai wisatanya. Selamat jalan-jalan.

Bambang Irwanto