Yuk, Wisata ke Kebumen Jawa Tengah! Soalnya wisata Kebumen sangat beragam dan memikat. Sekali kalian ke kota Ngapak ini, maka dijamin kalian tidak mau pulang hehehe.
Kebumen adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten bersimbol burung walet (ornag Kebumen menyebutnya burung lawet) ini, letaknya sangat strategis dan diapit oleh banyak kabupaten lainnya. Seperti Banyumas, Purworejo, Banjarnegara, dan Wonosobo.
Makanya teman-teman bisa mampir ke kota Kebumen dari jalur mana sana, dan bisa naik apa saja. Dari bus, kereta api, pesawat lewat Yogya, sampai mau bawa kendaraain sendiri juga bisa. Terserah kalian saja hehehe. Oke.. tanpa berlama-lama, inilah wisata-wisata memikat yang ada di Kebumen.

1. Pantai
Kebumen sangat beruntung karena dilewati jalur pantai selatan. Makanya jangan heran Gais, kalau berjajar banyak pantai indah dan memikat di sini. Bagi kalian yang suka main ke pantai, di sini surganya.
Kalau teman-teman dari arah Cilacap atau Banyumas maka bisa mulai dari pantai Ayah atau Logending yang langsung berbatasan dengan pantai Jetis Cilacap. Sedangkan kalau teman-teman dari arah Yogya atau Purworejo, bisa mulai dari Pantai Laguna Lembupurwo Mirit.
Pantai Kebumen ini memiliki 2 jenis. Pertama ada pantai yang landai. Seperti Pantai Ayah, Pantai Suwuk, pantai petanahan dan lainnya. Jadi teman-teman begitu sampai lokasi, lansung terlihat pantainya.
Tapi ada juga pantai yang menyatu dengan bukit dan tebing. Seperti pantai Menganti, pantai Surumanis pantai lampon dan lainnya. Untuk mencapau pantainya, kita harus menuruni jalan dulu. Tapi pemandangan pastinya sangat indah.

2. Bukit
Bagi yang suka naik-naik ke puncak bukit, pasti akan happy saat jalan-jalan ke Kebumen. Soalnya bukit di sini sangat banyak dan beragam. Serunya lagi, bisa sekalian camping, lho. Sambil menikmati sunrise atau sunset.
Mulai dari Bukit pentulu, bukit Pesona kayangan, sampai bukit Wasiat putri yang didominasi oleh hutan pinus milik perhutani dengan pemandangan yang indah. Terus banyak juga bukit yang langsung view-nya ke laut. Misalnya bukit Jerit, bukit Hud atau Watu Pawon Patemon.
Bukit berbunga yang sengaja dibuat juga ada yaitu Bukit Banyu langit di daerah Pejagoan. Bisa lihat swah, sungai, juga ada area kolam bermain anak. Tidak jauh dari situ, ada Brujul Advanture Park yang bisa memacu adrenaline. Pastinya bisa campin juga. Seru banget.. kan.

3. Goa
Kebumen juga punya gua-gua andalan wisata. Dari goa Jatijajar yang sudah merupakan gua kering dengan terkait legenda Lutung Kasarung. lalu ada goa Petruk yang masih sangat alami dengan aneka bentuk baru di dalamnya. Ada juga goa Barat yang di dalamnya terdapat banyak air terjun.
Selain itu di bagian utara Kebumen, banyak juga gua-gua. Seperti goa Langse Indah dan goa Silodong yang juga termasuk dalam kawasan geopark Kebumen Karangsambung. Pastinya tidak boleh teman-teman lewatkan.

4. Curug
Kebumen juga punya banyak curug atau air tejun, lho. Ada yang sudah dikelola secara modern. Seperti curug Sudimoro, curug Sindoro, curug Kedondong
Untuk curug yang masih alami ada curug Silangit dan curug sidoayu. Seru.. Karena bertualang di alam bebas, termasuk bisa mandi di bawah air terjun yang sejuk. Pastinya masih banyak curug-curug lainnya yang belum Jalan-Jalan Bambang Kunjungi.

5. Bendungan dan Embung
Apa sih perbedaan bendingan dan waduk ya? Sebenarnya sama-sana untuk meyimpanan air. Tapi bendungan besar da sistemnya komplit, sedangkan embung hanya berupa kolam cekungan.
Nah, di Kebumen ad dia bendungan besar yang dijadikan juga tempat wisata. Pertama Bendungan Sempor di kecamatan Sempor, kedua ada Bendungan Wadaslintang yang letaknya berbatasan dengan daerah Wonosobo.

Sementara embung-embung itu banyak di sebelah utara Kebumen yang merupakan daerah daratan tinggi. Seperti embung Selokerto dan Embung Cangkring. Serunya di sana bisa menikmati durian juga.

6. Wisata Kota
Bagi yang suka wisata kota, pastinya wajib mampir ke Benteng Van der Wijck dan Roemah Martha Tilaar di kecamatan Gombong. Apalagi jarak ke duanya sangat berdekatan.
Benteng Van Der Wijck peninggalan Belanda ini sangat pas untuk wisata keluarga. Selain mempelajari sejarah, teman-temab bisa melihat langsung keunikan benteng Belanda berbentuk persegi delapan itu. Kalau kurang puas, teman-teman bisa menginap di hotel yang tersedia dalam kawasan benteng.
Sedang Roemah Martha Tilaar adalah rumah masa kecil Ibu Martha Tilaar, salah satu pakar kosmetik Indonesia. Teman-teman akan melihat koleksi barang-barang keluarga Ibu Marta Tilaar dan keluarga.
Bagi teman-teman yang suka kupu-kupu, bisa ke Alian Butterfly Park di dearah Alian. Di sana terdapat aneka ragam kupu-kupu dan serangga. Malah ada taman kupu-kupu. Teman-teman bisa bercengkrama dengan kupu-kupu lucu yang terbang ke sana kemari.
Serunya lagi, di depan Alian Butterfly Park ini, ada pemandian air panas alami Krakal. Bagus sekali untuk pengobati penyakit kulit. Mau ajak berenang anak-anak juga bisa. Seru…

7. Kuliner Khas Kebumen
Pastinya ya, Jalan-jalan tanpa wisata kuliner, bagaikan sayur tanpa garam. Eh.. Hahaha. Jadi jangan lewatkan wisata kuliner saat jalan-jalan ke kota BERIMAN (Bersih, Indah, Aman, Manfaat, Rapi) ini.
Mulai dari sate ayam Ambal yang bumbu cocolannya dari tempe. Kemudian soto Gombong yang pedrkedelnya dari singkong. Ada juga Nasi Penggel yang bentuknya bulat-bulat kayak bola pingpong. Tidak ketinggal tempe mendoan yang lebat, dengan cocolan sambal kecap. Mantap…

8. Oleh-Oleh Khas Kebumen
Habis menikmati wisata dan kuliner Kebument, jangan lupa dong, bawa oleh-oleh khasnya. Biar senang orang-orang di rumah dan para tetangga hehehe.
Nah, Teman-teman bisa beli lanting aneka rasa. Jangan lupa beli sriping atau kripik pisang. Ada juga jipang beras dan tingting kacang. Eh, ada juga jenang atau dodol khas Kebumen. Banyak pilihan rasa juga.
Kebumen juga punya batik khas, lho. Tidak lupa juga ada kerajinan daun pandan dengan aneka bentuk. Mulai dari dompet, tas, topi, gantungan kunci dan lainnya.
Makanya, yuk, Wisata ke Kebumen Jawa Tengah. Dijamin senang di hati dan jiwa, pas di kantong hahaha. Soalnya tiket masuknya murah dari 5 ribu rupiah sampai 25 ribu. Bahkan ada yang 3 ribu.
Jadi ditunggu kedatangan teman-teman semua ya.. Selamat jalan-jalan.

Bambang Irwanto.