5 Kreasi Kotak Kayu Bekas Buah untuk Rumah Yang Lebih Artsy

Ada yang melihat kotak kayu bekas buah teronggok begitu saja di tempat sampah? hmm, sayang banget ya. Padahal kotak kayu bekas buah bisa dibuat jadi kreasi kotak kayu yang bikin rumah makin cantik.

Melihat kotak kayu bekas buah dengan lebih seksama memang penampilannya tidak begitu menarik ya. Terlihat tidak rata beberapa potongan kayunya, tidak terawat dan tentu saja agak bau karena bekas dipakai buah-buahan, ya.

Bahan untuk membuat kotak buah sendiri biasanya memang berasal dari bahan kayu basah seperti kayu jabon dan pinus. Selain itu, ada juga yang terbuat dari limbah hasil sawmill atau penggergajian kayu.

Bentuk yang kurang rapi seringkali membuat kotak kayu bekas buah dibuang begitu saja. Walaupun digunakan, seringnya hanya untuk tempat sampah. Sayang sekali sebenarnya, ya.

Ngomong-ngomong, kita bisa lho memanfaatkan kotak bekas kayu buah tersebut untuk jadi bahan dekorasi. Beberapa kreasi dari kotak kayu buah pun sudah banyak kita lihat di pinterest. Saya sendiri sudah menggunakan kotak kayu bekas buah tersebut menjadi lemari buku. Lumayan sekali membuat budget saya lebih hemat. Untuk kamu yang hidupnya masih merantau, anak kos, atau dana terbatas tapi ingin kamar atau rumah terlihat tetap artsy, kotak kayu bekas buah ini bisa banget diandalkan.

Cara Membuat Kotak Kayu Bekas Buah Lebih Artsy

Tutupi dengan kertas koran atau kertas kado

Biar penampilannya nggak terlihat bulukan, kita bisa menutupinya dengan kertas. Buat kamu yang ingin dekorasi rumah terlihat girly atau memang suka yang warna-warni, bisa menutupinya dengan kertas kado. Kalau mau terlihat lebih klasik, gampil banget, kita bisa memanfaatkan koran-koran yang tidak terpakai untuk menutupinya. Dijamin, orang-orang tidak akan menyangka bahwa kayu tersebut berasal dari kotak kayu bekas buah.

Cat kayu dengan warna yang elegan

Nah, kalau warnanya ingin lebih awet, bisa juga kamu memilih menggunakan cat. Ingat, pilih cat kayu ya. Bukan sembarang cat, lho. Lagi-lagi pilihan warna pun akan kembali ke selera masing-masing ya. Untuk kamu yang suka dengan warna warni, pilih acrylic water based paint yang bagus. Atau jika ingin warna tetap natural, bisa cukup dengan diplitur dan atau dipernis.

Kotak kayu bekas buah ini yang pasti baru bisa digunakan setelah dibersihkan terlebih dahulu ya. Kalau tidak, tentu baunya bakal tidak enak dan membuat barang-barang yang akan kita taruh jadi kotor juga.

Macam Kreasi Kotak Kayu Bekas Buah Yang Ciamik

1. Lemari Dapur

Di dapur, biasanya selain membutuhkan meja untuk menaruh masakan dan belanjaan, kita juga butuh tempat untuk menaruh beberapa kebutuhan dapur yang bisa tahan lama di luar ruangan. Dua atau tiga tumpuk kotak kayu bisa banget digunakan untuk menaruh sayur-mayur dan bumbu dapur kita.

Cukup dengan dihias sederhana, kayu-kayu bekas tersebut semakin membuat dapur kita lebih elegan dan nampak cantik dari kejauhan. Selain ditumpuk, kita juga bisa mencantolkannya di dinding-dinding dapur ataupun menempelkannya di tembok.

2. Kursi bergaya Ottoman

Butuh kursi buat males-malesan, tapi males beli atau memang lagi bokek? Coba jalan ke toko buah dan perhatikan barangkali ada kotak kayu bekas buah di sana. Kamu bisa memintanya atau mungkin perlu merogoh sedikit uang untuk mendapatkannya.

Setelah itu, kamu bisa mengkreasikan satu kotak kayu bekas buah tersebut untuk tetap dudukmu. Langkahnya mudah, ambil bantal atau busa lalu tutup dengan kain yang lebih lebar, jahit deh. Simpel kan.

3. Lemari Buku

Untuk dibuat menjadi lemari buku malah lebih simpel. Setelah diwarnai sesuai dengan selera masing-masing, kita buat kreasi kotak kayu bekas buah tersebut dengan susunan sesuka kita. Jika kamu orangnya mudah bosan, kotak kayu tersebut tidak perlu dipaku ataupun dilem biar bisa diubah-ubah sesuai keinginanmu. Namun jika kamu suka tampilan yang simpel, menghubungkan antar kotak kayu bekas buah tersebut dengan paku ataupun lem tidak salah juga.

4. Lemari televisi

Ruangan tengah yang biasa menjadi ruang keluarga kurang pas rasanya jika tidak memiliki televisi dan tentu saja lemari untuk menaruhnya. Jika dulu lemari apa saja bisa, belakangan ini lemari dengan model satu set dengan televisi sedang hits.

Ukuran kotak kayu bekas buah cocok sekali untuk digunakan sebagai lemari televisi. Kita bisa menyusunnya dengan berjejer ke samping sekitar 2-3 kotak. Lalu bawahnya kita bisa melapisinya dengan kayu panjang dan pasang roda. Jadi bisa digeser-geser deh. Unik, kan!

5. Lemari Tanaman

Di masa pandemi ini, banyak orang mulai menggeluti kegiatan berkebun. Jika ingin ikutan berkebun tanpa perlu mengeluarkan uang banyak, menggunakan kotak kayu bekas buah juga bisa, lho. Kamu bisa menaruh tanaman langsung di dalam kotak kayu tersebut, atau menyusun kotak kayu seperti lemari dan menaruhnya tanaman yang sudah ada di dalam pot untuk disusun di atasnya. Terlihat cantik dan rapi, ya.

Nah, sekian kreasi untuk menggunakan kotak kayu bekas buah. Kamu nanti kalau lihat kotak kayu bekas buah, bisa nih menjadikannya sebagai penghias rumahmu seperti contoh penggunaan di atas. Selamat mencoba.

Author

5 pemikiran pada “5 Kreasi Kotak Kayu Bekas Buah untuk Rumah Yang Lebih Artsy”

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network