“Halo mbak, skincarenya apa?”
“Skincare apa si yang bagus untuk kulit?”
“Rekomendasi penggunaan skincare donk mbak?”

Hai Ladies, akrab gak dengan pertanyaan-pertanyaan di atas? Sering menerima pertanyaan di atas atau malah suka menanyakan kepada teman? Gak heran sih sekarang banyak wanita yang ingin mulai menggunakan skincare karena bisa dikatakan skincare adalah investasi jangka panjang untuk wajah. Tiap wanita biasanya ingin tampil cantik. Cantik memang relatif, namun jika wajah tampak kusam dan tidak bercahaya, maka aura cantik pun pudar.

Apa Itu Skincare?

Sebenarnya jika diterjemahkan skin adalah kulit, care adalah merawat. Jadi skincare adalah merawat kulit. Terdengar simple, namun tidak untuk prakteknya. Faktanya, banyak hal-hal yang wajib dipertimbangkan dengan skincare ini. Pertimbangannya bisa dimulai dari diri sendiri dulu dengan mengenali kondisi kulit kita. Karena percuma kita ikut-ikutan beli skincare yang orang lain pakai tapi tipe kulit berbeda.

Nah sebelum memutuskan membeli produk skincare, sebaiknya perhatikan hal-hal ini:

1. Kenali kondisi kulit

Kondisi kulit menjadi hal dasar yang wajib kita ketahui sebelum memutuskan menggunakan skincare. Skincare ini bersentuhan langsung dengan kulit kita, maka wajar kulit menjadi komponen utama yang harus dikenali. Nah pertanyaannya, bagaimana cara mengenali kondisi kulit kita, sedangkan kita sendiri baru akan memulai perawatan kulit? Paling dasarnya kita bisa mengetahui kondisi kulit kita berjenis apa? Apakah normal, kering, berminyak atau kombinasi.

Nah cara lain yang bisa dilakukan adalah mengunjungi counter skincare. Counter skincare biasa menyediakan fasilitas gratis untuk cek kondisi kulit kita hingga konsultasi kulit. Atau bisa juga dengan mendatangi dokter kulit untuk mendapatkan hasil lengkap kondisi kulit.

2. Tetapkan tujuan menggunakan skincare

Menetapkan tujuan menggunakan skincare dapat menjadi panduan kita untuk menentukan skincare yang akan digunakan. Tujuan menggunakan skincare beraneka ragam sesuai kebutuhan kita. Contohnya, aku mempunyai tipe kulit kering, aku ingin mempunyai wajah yang lembab dan terlihat lebih muda, maka aku akan memilih produk-produk skincare untuk kulit kering dan juga anti-aging.

3.Pahami langkah-langkah penggunaan skincare

Setelah mengetahui kondisi kulit dan apa yang kita inginkan dari kulit wajah kita, selanjutnya yang harus dipahami adalah langkah urutan penggunaan skincare. Ini dibutuhkan untuk agar kita mengetahui apa saja yang harus dibeli. Urutan penggunaan skincare paling dasar adalah cleanser (untuk membersihkan wajah), toner (untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah), moisturizer ( untuk melembabkan wajah ) dan sunblock (untuk melindungi wajah dari sinar UV). Ini adalah urutan yang paling dasar. Di sela toner dan moisturizer dapat ditambahkan penggunaan serum sesuai dengan tujuan yang sudah kita tetapkan.

4.Baca setiap detail dari kandungan skincare

Hal wajib lainnya adalah jangan malas membaca. Bacalah setiap kandungan yang terkandung di dalam skincare dan cari fungsi nya buat apa, apakah kandungannya termasuk yang kimia yang keras atau merupakan bahan organik, apakah sudah lulus BPOM. Saat ini sudah banyak juga situs yang menjelaskan tentang kandungan skincare. Baca juga review orang beserta ratingnya pada situs-situs kecantikan yang terpercaya. Gunanya adalah supaya tidak salah pilih produk skincare. Karena jika sudah salah dan wajah kita terlanjur rusak, akan susah untuk mengembalikannya.

5. Perhatikan aturan pakai

Ini masih terkait dengan hal baca membaca. Perhatikan aturan pakainya, karena ada beberapa skincare yang penggunaannya tidak tiap hari, ada juga yang sehari sekali atau malah ada yang sehari dua kali. Ini bisa membantu kita memilih ukuran skincare yang kita beli. Jika dipakainya jarang kan ngapain beli yang ukuran besar. Skincare punya umur ketika botol atau wadahnya sudah terbuka. Jadi sayang jika sudah expired, namun produk bersisa.

6. Cari skincare yang mudah ditemukan

Aku jadikan poin ini sebagai hal yang harus diperhatikan karena penggunaan skincare adalah jangka panjang. Jangan sampai sudah cocok dengan satu skincare, begitu habis produk tidak mudah untuk ditemukan.

7. Siapkan budget

Di Indonesia sendiri ini sudah banyak sekali produk skincare yang beredar baik itu produk lokal maupun produk dari berbagai macam Negara. Harga yang ditawarkan juga beraneka ragam. Mulai dari yang murah, normal hingga yang mahal. Sebaiknya membeli skincare disesuaikan dengan kondisi keuangan kita. Produk murah bukan berarti tidak bagus, dan produk mahal bukan berarti yang terbaik. Karena sekali lagi semua tergantung kepada kondisi kulit kita.

Nah itu hal-hal yang bisa diperhatikan sebelum teman-teman memutuskan mulai menggunakan skincare. Lebih baik repot di depan dari pada mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sudah mulai membeli dan menggunakan skincare ada baiknya perhatikan 7 kesalahan sederhana dalam penggunaan skincare yang berakibat fatal. Jadi, mau mulai skincare-an kapan nih, teman-teman?

Author