Tips kulit cantik dan sehat sepertinya artikel yang paling banyak dicari oleh perempuan. Bagaimana tidak, kulit sehat dan cantik menjadi idaman bagi banyak perempuan, termasuk para traveler. Namun memang perjuangannya harus ekstra untuk perempuan yang banyak aktif di kegiatan outdoor seperti saya.

Sering melakukan trekking, bermain di bawah air laut, bahkan melakukan olahraga udara, membuat kulit saya lebih cepat bermasalah. Mulai dari terkena paparan sinar matahari, terkena kotoran debu atau juga terkena paparan dari polusi udara. Membuat kulit jadi cepat kusam dan kurang sehat.

Berbekal dari pengalaman sebagai seorang traveler yang aktif di banyak kegiatan luar ruangan, saya mempunyai beberapa tips agar kulit kita tetap cantik dan sehat meskipun aktif berkegiatan di alam bebas.

TIPS KULIT CANTIK DAN SEHAT

Rajin olahraga

Selain mendorong hormon endorfin yang membuat perasaan bahagia, olahraga akan membuat kulit kamu semakin sehat dan cantik. Keringat yang dikeluarkan akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh kita yang berefek baik terhadap kecantikan kulit. Olahraga juga dapat mendorong kadar kolagen dalam kulit yang akan membantu mencegah penuaan dini.

Olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi oksigen dalam darah yang dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat rileks sehingga akan menghindari timbulnya jerawat. Belakangan ini alat olahraga di tempat fitness untuk melatih otot wajah semakin banyak beredar.

Hindari rokok

Semua orang sudah tahu bahwa rokok membawa efek negatif untuk kesehatan termasuk juga kulit kita. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat membuat lapisan kulit terluar menyempit sehingga berefek pada aliran darah yang dapat menyebabkan kulit kusam dan terlihat pucat. Merokok juga dapat membuat kerutan-kerutan halus pada area bibir. Menjadi perokok pasif juga dapat merusak kulit kita, maka hindarilah berdekatan dengan orang yang sedang merokok.

Hindari alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menurunkan kadar kolagen dalam tubuh. Hal ini dapat merusak kecantikan kulit, membuat kulit menjadi kusam dan regenerasi kulit tidak optimal. Selain itu mengkonsumsi alkohol juga dapat membuat dehidrasi tubuh kita.

Perbanyak makanan sehat dan bergizi

Salah satu rahasia kecantikan wanita Jepang adalah rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, karena dapat membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh yang bagus untuk kecantikan kulit. Selain mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen, perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E. Vitamin-vitamin ini dapat ditemukan dari berbagai buah-buahan dan sayuran.

Istirahat yang cukup

Tidur menjadi salah satu penyumbang untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita. Istirahat yang cukup akan membuat kulit wajah lebih segar, sehingga dapat mengurangi kerutan pada kulit. Tidurlah secukupnya antara 6-8 jam setiap harinya. Silakan rasakan pada pagi hari, badan kita terasa lebih sehat dan kulit muka juga menjadi lebih segar.

Bersihkan wajah sebelum tidur

Membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur, menjadi sebuah kegiatan rutin bagi banyak perempuan. Membersihkan wajah pada malam hari dapat menghapus kotoran dan debu yang menempel termasuk dari make up yang kita gunakan. Kulit wajah yang bersih dapat membantu kulit bernafas dengan bebas.

Pada malam hari, lakukan double cleansing dengan micellar water dan facial wash, lanjutkan dengan toner untuk membuat wajah lebih segar. Lanjutkan dengan skincare untuk malam hari. Rutinitas tersebut akan membantu memaksimalkan regenerasi kulit pada malam hari.

Gunakan skincare rutin pagi dan malam hari

Jika kamu rajin membersihkan kulit wajah sebelum tidur, maka untuk memaksimalkan hasil dalam mendapatkan kulit sehat dan bersih, lanjutkan dengan penggunaan skincare secara rutin pada hari malam hari dan juga siang hari.

Penggunaan pagi hari dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau polusi udara, sementara penggunaan pada malam hari dapat membantu mempercepat regenerasi kulit. Biasanya kulit akan terasa sehat dan segar dan terasa kenyal pada saat bangun tidur.

Gunakan sunblock saat beraktivitas di luar ruangan

Nah, buat kamu yang rajin beraktivitas di luar ruangan, menggunakan tabir surya menjadi hal yang wajib. Hal ini berguna untuk menghindari kulit kamu dari paparan sinar matahari.

Gunakan tabir surya yang mengandung SPF yang cocok dengan kulit kamu. Ini menjadi salah satu tips kulit cantik dan sehat yang wajib kamu lakukan. Termasuk bagi saya sebagai seorang traveler.

Perbanyak minum air mineral, hindari minuman berwarna

Konsumsi air mineral secukupnya, sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Cara mudah menghitung kebutuhan air untuk tubuh kita adalah dengan menghitung jumlah berat badan dikali dengan 30 mililiter. Contoh berat badan adalah 50 kg x 30 mililiter, maka kebutuhan air harian untuk tubuh adalah 1500 mililiter.

Kebutuhan air untuk tubuh, selain dari air mineral, kita juga bisa mendapatkannya dari kadar air dalam sayuran dan buah-buahan. Nah, kalau sudah tahu kebutuhannya, yuk mulai cukupi kebutuhan air untuk tubuh kita agar kulitnya jadi lebih sehat dan cantik.

Selain banyak mengkonsumsi air mineral, hindari juga mengkonsumsi minuman berwarna dan mengandung soda. Pastinya terlalu sering mengkonsumsi minuman warna dan mengandung soda, kurang baik untuk tubuh karena mengandung banyak tambahan gula. Salah satunya mengurangi kecantikan gigi.

Hindari makanan junk food

Ternyata mengkonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu penyumbang rusaknya kecantikan kulit. Kandungan yang ada dalam junk food bisa membuat regenerasi kulit melambat.

Efek lainnya yang saya rasakan jika mengkonsumsi makanan siap saji ini mudah berjerawat dan cenderung mengeluarkan minyak berlebih di kulit wajah. Hal ini disebabkan karena makanan jenis ini tidak mengandung cukup nutrisi baik.

Hindari menggunakan alat kecantikan bersamaan

Tips kulit cantik dan sehat lainnya ala traveler adalah, hindari menggunakan alat kecantikan bersamaan dengan orang lain, terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah.

Jenis kulit orang berbeda-beda sehingga perawatannya juga akan berbeda-beda. Termasuk tingkat kebersihan dalam perawatan alat kecantikan juga akan berbeda.

Sebagai clean-freak saya sangat menghindari menggunakan alat kecantikan bersamaan dengan orang lain.

Rajin menggunakan masker dan exfoliator

Ingin kulit kita lebih segar, bersih, dan sehat? Masker menjadi skincare wajib buat saya. Saya gunakan 2-3 kali dalam seminggu. Saya selalu mencari yang mengandung susu karena setelah menggunakannya kulit saya semakin segar dan cerah.

Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit kita, jangan asal beli hanya karena harga murah atau promo, padahal kurang cocok dengan kulit kita.

Langkah berikutnya adalah melakukan exfoliator. Hal ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah kita. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Gunakan exfoliator yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jangan melakukannya terlalu sering karena akan membuat kulit menjadi lebih tipis.

Hindari stress

Salah satu tips yang dilakukan oleh traveler untuk membuat kulitnya semakin cantik dan sehat adalah dengan selalu happy alias harus menghindari stress.

Kenapa? Karena stress dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat membuat kulit cenderung lebih berminyak dan akhirnya bisa berjerawat.

 

Author