Siapa yang suka dengan pepaya? Suka buahnya saja atau daun dan bunganya juga?

Di musim pandemi seperti ini, kita disarankan untuk lebih menjaga hidup dan pola makan yang lebih sehat serta menerapkan protokol kesehatan. Tak lupa untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Beruntung kita hidup di daerah tropis yang bisa dibilang banyak jenis buah dan sayur. Selain harga yang relatif murah, kita juga bisa menanamnya sendiri di rumah. Kali ini saya ingin bercerita tentang Pepaya.

Resep Tumis Bunga Pepaya

Pepaya dengan nama ilmiah Carica papaya L merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Sekarang ini pepaya sudah sudah tersebar di seluruh daerah tropis termasuk Indonesia tentunya. Pepaya sendiri banyak jenisnya seperti California, Carsiya, Hawai, Bangkok, Red lady, Pepaya Gunung atau Carica dan sebagainya. Selain dimakan secara langsung, pepaya juga bisa diolah jadi berbagi macam makanan seperti abon, es krim, puding atau manisan.

Saya masih ingat, dulu saat kecil lumayan suka makan pepaya karena buah ini banyak tumbuh di samping rumah. Selain murah, buah pepaya juga banyak manfaatnya terutama untuk melancarkan pencernaan. Lucunya sekarang terbalik. Saya kurang suka makan buah pepaya matang, tapi malah suka makan olahan daun dan bunganya. Memangnya bunga pepaya bisa dimakan? Tentu saja bisa!

Pepaya mulai dari akar, pohon, buah, biji, daun dan bunganya itu punya banyak manfaat. Dulu saya pikir bunga pepaya untuk hiasan saja apalagi baunya memang wangi. Sekarang sudah tahu bahwa tumis bunga pepaya itu enak sekali. Selain itu, kandungan nutrisi bunga yang memiliki rasa pahit ini kaya akan flavonoid dan antioksidan. Dua hal ini sangat baik untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Selain itu, ada vitamin A, C, E, serta folat. Nutrisi tersebut baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Karena sudah tahu berbagai kandungan yang ada di dalamnya, saya kasih resep tumis bunga pepaya sederhana untuk kalian coba di rumah:

Bahan:
Bunga Pepaya
Bawang Merah
Bawang Putih
Cabai
Garam
Gula Putih

Cara Masak Tumis Bunga Pepaya:

  • Rajang bunga pepaya, jangan terlalu lembut
  • Panaskan air. Jika sudah mendidih, tambah sedikit garam atau asam jawa dan masukkan bunga pepaya. Masak sampai agak matang kurang lebih 15 menitan
  • Saring bunga pepaya matang lalu cuci dengan air bersih dan peras sampai tidak ada air
  • Siapkan bumbu dan haluskan yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai secukupnya. Saran saya, lebih baik agak pedas biar makin sedap
  • Tumis bumbu sampai harum
  • Masukkan bunga pepaya, tambah garam dan gula secukupnya
  • Aduk-aduk sampai matang
  • Tumis bunga pepaya siap dinikmati

Manfaat yang bisa kita dapat dari Bunga Pepaya antara lain:

  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Melancarkan sistem pencernaan
  3. Melancarkan sirkulasi darah
  4. Menghilangkan radikal bebas
  5. Mencegah kanker
  6. Penurunan berat badan

Sudah terbayang enak dan manfaat dari makan tumis bunga pepaya? Langsung saja kalian coba resepnya di rumah. Bahannya mudah dicari dan murah juga. Soal rasa, pahit memang, tapi dengan cara merebusnya dengan air garam atau asam jawa, itu akan mengurangi rasa pahit di dalamnya. Lagian rasa pahit itu malah menambah nafsu makan kita lho!

Bunga pepaya bisa dikonsumsi untuk penderita kolestrol maupun asam urat yang tinggi. Ibu saya sering membuat tumisan bunga pepaya bersama daun pepaya juga. Tambah sedap deh untuk lauk makan. Yang pasti, enak, murah dan juga menyehatkan.

Kadang kala, kita butuh rasa pahit setelah terlalu sering makan makanan enak yang manis dan gurih. Hidup juga butuh yang pahit biar kita bisa lebih bisa mensyukuri keadaan dan merasakan perasaan bahagia. Setuju kan?! Jadi yuk kalian coba Tumis Bunga Pepaya juga!

Jika mau coba varian resep tumis bunga pepaya lainnya, kalian bisa menambahkan tempe, ikan teri, kacang panjang, rebon atau Pete. Tergantung selera masing-masing. Atau kalian punya resep olahan bunga pepaya versi lain? Silakan share di sini juga!

Author