Sepanjang tahun 2020 saya sudah mencatat drama Korea apa saja yang sudah saya tonton. Kalau dihitung-hitung sudah ada 15 drama Korea yang sudah saya tonton sepanjang tahun ini. Tapi menurut saya ada sepuluh yang bisa dikatakan sebagai drama Korea terbaik di tahun 2020.

Saya dimanjakan dengan beragam drama Korea terbaik yang menemani hari-hari saya. Pandemi Corona COVID -19 yang melanda sejak Maret 2020 lalu, membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Beruntung meski di rumah saja saya tetap merasa bahagia berkat drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020.

Sepuluh drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020 tak hanya memiliki cerita dan visual yang menarik, tapi juga mendapatkan tempat di hati para pecinta drama Korea, dilihat dari perolehan rating dan award yang di dapat.

Ini Dia 10 Drama Korea Terbaik di 2020

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist adalah drama yang paling banyak dibicarakan di tahun ini. Drama yang tayang pada bulan Maret lalu ini menjadi drama Korea peringkat kesembilan tertinggi dalam sejarah televisi kabel.

Hospital Playlist bercerita tentang persahabatan lima orang dokter yang bekerja di pusat kesehatan Yulje. Mereka adalah Lee Ik-Joon (Cho Jung-Seok), Ahn Jeong-Won (Yoo Yeon-Seok), Kim Jun-Wan (Jung Kyoung-Ho), Yang Seok-Hyeong (Kim Dae-Myung) dan Chae Song-Hwa (Jeon Mi-do).

Meski ber genre medis, Hospital Playlist ini berbeda dengan drama medis biasanya. Drama ini lebih banyak bercerita tentang kisah persahabatan kelima dokter tersebut, tak ada intrik dan perebutan kekuasaan di rumah sakit sebagaimana drama medis pada umumnya. Menariknya, para dokter dalam drama ini digambarkan suka bermain musik. Sepekan sekali mereka berlatih band.

Menonton drama ini serasa menonton drama musikal. Penonton akan dimajakan dengan beragam lagu-lagu yang easy listening. Bahkan salah satu soundtrack dalam drama ini yang berjudul Aloha, berhasil mendapatkan award dalam penghagraan OST Terbaik dalam MMA (Melon Music Award) pada 5 Desember lalu.

Beberapa hari sejak episode terakhirnya ditayangkan, penonton sudah antusias menunggu season lanjutan drama ini. Hospital Playlist season 2 akan ditayangkan pada bulan April 2021. Bahkan sekuel ini menjadi sekuel yang paling ditunggu di 2021.

2. The King Eternal Monarch

Para Minoz mari merapat… Drama The King Eternal Monarch adalah debut terbaru Lee Min Ho pasca cuti panjangnya. Bersama Kim Go Eun, Lee Min Ho menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai Raja Lee Gon.

The King Eternal Monarch beeceita tentang dunia pararel. Lee Gon (Lee Min Ho) adalah seorang raja dari kerajaan Corea. Tanpa sengaja dia menemukan jalan ke dunia pararel, dia tiba di Republik Korea Selatan dan bertemu dengan Letnan Jun Tae-eul (Kim Go Eun).

Meski berakhir bahagia, kisah cinta dunia pararel ini nampaknya kurang memuaskan. Rating drama ini terus turun bahkan di episode terakhirnya.

Tapi sebenarnya drama ini menceritakan alur yang menarik dan pastinya visual yang memukau. Tak hanya visual para pemerannya saja, tapi setting ceritanya juga menarik.

Meski tidak sukses, drama ini ternyata semakin melambungkan nama Lee Min Ho. Popularitasnya terus meroket. Terakhir Lee Min Ho bahkan dinobatkan sebagai duta hallyu paling terkenal di lima benua. Lee Min Ho bakal memulai debut Hollywoodnya dalam drama Pachinko yang akan tayang tahun depan.

3. Dinner Mate

Dinner Mate, drama manis yang bercerita tentang teman makan malam yang berakhir menjadi sepasang kekasih. Drama ini dibintangi oleh oleh Song Seung-heon, Seo Ji-hye, Lee Ji-hoon, dan Son Na-eun.

Drama ini menceritakan kisah Do Hee (Seo Ji-hye) yang dikhianati oleh pacarnya. Kim Hye Kyung (Song Seung-heon) membantunya lewat terapi makan.

Drama ini diadaptasi dari webtoon populer berjudul ‘Would You Like To Have Dinner Together?’ karya Park Shin-in. Drama ini memiliki cerita ringan tapi cukup menghibur. Mengenalkan beberapa profesi unik seperti psikolog makanan. Kim Hae Kyung merupakan seorang psikiater dan psikolog makanan. Ia menganalisis kepribadian orang lain dengan memperhatikan perilaku saat makan. Sedangkan Do Hee adalah seorang content creator.

4. It’s Okay to Not Be Okay

Drama Korea It’s Okay to Not Be Okay ini banyak mengangkat isu kesehatan mental. Drama ini dibintangi oleh Kim Soo-hyun, Oh Jung Se dan So Ye Ji.

Drama ini bercerita tentang Gang Tae (Kim Soo-hyun) yang berkerja sebagai perawat rumah sakit jiwa. Gang Tae merawat kakaknya Sang Tae (Oh Jung Se) yang menderita autisme. Sang Tae juga trauma kepada kupu-kupu.

Sang Tae kemudian bertemu deng Ko Moon Yeong (So Ye Ji) seorang penulis dongeng anak. Sang Tae sangat mengidolakan Ko Moon Yeong sehingga datang ke acara peluncuran buku terbarunya. Ternyata acara peluncuran buku menjadi kacau.

Gang Tae dan Sang Tae pindah ke kampung halamannya. Moon Yeong juga kembali ke rumah orang tuanya, sebuah kastil ditengah hutan.

Singkat kata Gang Tae dan Moon Yeong pun menjadi sepasang kekasih. Mereka saling menyembuhkan luka batinnya masing-masing. Dan berusaha menyingkap tabir kematian ibu Gang Tae dan misteri hilangnya ibu Moon Yeong.

Drama It’s Okay to Not Be Okay ini banyak mendapat penghargaan, baik lokal maupun internasional. Dimulai dari penghargaan dalam 10 Acara Internasional Terbaik oleh The New York Times. Dan termasuk serial yang paling banyak ditonton di Netflik.

Tak hanya dramanya, para pemerannya juga mendapat beragam penghargaan karena peran mereka dalam drama It’s Okay to Not Be Okay ini. Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji membawa pulang trofi kemenangan dari Asia Artist Awards (AAA) 2020 kategori Hot Issue. Kim Soo Hyun juga memenangkan penghargaan tertinggi Daesang berkat perannya sebagai Moon Kang Tae di ajang penghargaan yang sama. Begitu juga dengan Seo Ye Ji yang keluar menjadi pemenang kategori Best Artist.

Pasangan drama It’s Okay to Not Ne Okay ini kembali dipertemukan di penghargaan APAN Star Awards 2020 dengan memenangkan nominasi Popular Star Award. Wah pantas ya kalau drama ini masuk dalam list drama terbaik tahun ini. Cerita dan akting pemerannya sudah teruji.

5. Do You Like Brahms?

Penyuka musik klasik wajib nonton drama ini. Do You Like Brahms adalah drama musikal dengan kisah cinta yang manis. Drama ini bercerita tentang kisah mahasiswa jurusan musik.

Do You Like Brahms menceritakan bagimana jatuh bangunnya membangun karir di dunia musik. Mulai dari penolakan dari keluarga, tekanan dari dosen, bagaimana membuat pertunjukan musik yang bagus, persaingan yang ketat bahkan pembajakan karya musikal juga dibahas dalam drama ini.

Episode pertama Do You Like Brahms? langsung mencuri perhatian. Drama ini mencapai rating tertinggi di Korea Selatan pada episode pertamanya.

Kisah cinta drama ini sangat manis. Chemistry antara Kim Min Jae yang berperan sebagai Park Joon Young. dengan Park Eun Bi berperan sebagai Chae Song Ah begitu terasa. Bisa dibilang mereka berdua adalah pasangan paling sopan sepanjang cerita romance drama Korea.

Joon Young berjuang untuk kembali meniti karirnya sebagai pianis. Sedangkan Song Ah berjuang meraih impiannya sebagai pemain biola.

6. Record of Youth

Satu lagi drama yang bercerita tentang perjuangan meraih mimpi, Recors of Youth. Drama Record of Youth ini bercerita tentang anak muda yang berusaha meraih cita-citanya. Adalah Sa Hye-Jun yang diperankan oleh Park Bo-gum yang bercita-cita menjadi aktor terkenal.

Sa Hye-Jun yang berasal dari keluarga biasa ini cukup kesulitan dalam meniti karir sebagai aktor. Banyak cobaan yang harus dihadapi. Mulai dari honor yang tidak seberapa, tidak dianggap hingga ditipu manager.

Saat tengah merintis karirnya dia bertemu Ahn Jeong-ha yang diperankan oleh Park So-dam. Jeong-ha bercita-cita sebagai make up artis terkenal. Keduanya berhasil dalam meraih impiannya, hanya saja kisah cinta mereka harus kandas ditengah jalan. Ah sedih…

Selain itu drama ini juga menampilkan bromance yang baik antara Sa Hye-Jun dengan Won Hae-hyo (Byeon Woo-seok). Hae-hyo juga berkarir sebagai aktor. Meski bersaing, mereka tetap menjaga hubungan persahabatan yang sudah lama terjalin.

7. Tale of The Nine Tailed

Kisah Gumiho, legenda urban Korea Selatan sering diangkat dalam drama. Kali ini Gumiho atau rubah berekor sembilan diperankan oleh Lee Dong Wook. Tale of The Nine Tailed adalah drama genre fantasy yang bercerita tentang Lee Yeon (Lee Dong Wook) yang mencari cinta pertamanya.

Cinta pertamanya bereikarnasi sebagai Nam Ji Ah (Bo Jo Ah) yang berprofesi sebagai produser acara urban legend. Kisah cinta beda dunia ini berjalan tidak mudah, banyak cobaan yang harus dihadapi. Salah satunya berhadapan dengan Imoogi (Lee Tae-rii), makhluk legenda yang punya kekuatan besar.

Drama ini juga menjadi drama comeback bagi Kim Bum yang berperan sebagai Lee Rang, adik dari Lee Yeon. Tale and the Nine Tailed ini berhasil membuat penonton terkena second lead syndrome. Bersyukur Drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020 ada kisah Gumiho.

Banyak penonton yang jatuh hati pada peseona Lee Rang. Apalagi di akhir episode Lee Rang menunjukkan pengorbanan terbesar sebagai seorang adik.

8. Start-Up

Start-Up adalah drama terbaru yang dibintangi cinta pertama Korea, si cantik Bae Suzy. Drama korea terbaik ini bercerita tentang bagaimana para anak muda berusaha merintis binis start-up.

Selain Bae Suzy, Start-Up dibintangi oleh Nam Joohyuk dan Kim Seon-ho. Start-Up ber setting kawasan fiksi Korea Selatan Silicon Valley yang disebut Sandbox dan menceritakan kisah orang-orang di dunia perusahaan rintisan.

Drama ini selalu mencetak rating tertinggi di setiap episodenya. Bahkan menjadi drama yang banyak dilihat di Netflik.

Pesona Kim Seon-ho yang berperan sebagai Han Ji-pyeong memikat penonton. Penonton pun terkena second lead syndrome. Bahkan penonton terbagi jadi dua kubu, kubu Do-san yang diperankan Nam Joo-hyuk dan kubu Ji-pyeong. Uniknya perseteruan dua kubu ini memanas, sepanas layaknya pilpres, hehe.

9. Birthcare Center

Birthcare Center adalah sebuah mini drama, drama ini hanya berjumlah 8 episode. Drama yang menceritakan kehidupan para ibu baru dalam pusat perawatan pasca melahirkan ini sangat unik dan menarik.

Drama ini mengangkat kisah Oh Hyun Jin (Uhm Ji Won) yang menjadi ibu di usia 40 tahun. Pekerjaannya sebagai direktur pelaksana sebuah perusahaan kosmetik membuat dia tidak tahu apa-apa soal merawat anak. Ini yang membuatnya menjalani masa perawatan di pusat perawatan pasca melahirkan, Serenity. Disini petualangannya dimulai.

Birthcare Center ini sangat cocok untuk ditonton oleh para ibu baru, bahkan ayah juga harus menonton drama ini. Drama ini banyak mengangkat kisah perjuangan ibu baru yang penuh lika-liku, mulai dari belajar menyusui, merawat anak sampai mom war yang tak berkesudahan.

Birthcare Center sedikit banyak mengangkat kisah ibu baru. Meski begitu drama ini menyampaikannya dengan kocak. Drama ini termasuk drama komedi yang sangat menghibur untuk diikuti. Apalagi kualitas akting pemainnya tidak diragukan. Selain dibintangi oleh Uhm Ji Won drama ini juga dibintangi aktris senior (Park Ha-Sun, dan aktor Korea yang sedang naik daun, Yoon Park.

10. True Beauty

Terakhir drama Korea terbaik di tahun 2020 ini adalah True Beauty. Drama ini diangkat dari cerita webtoon dengan judul yang sama. Drama yang baru memasuki episode 7 ini selalu meraih rating tinggi dalam setiap penayangannya.

True Beauty bercerita tentang kisah pelajar SMA yang bernama Im Ju Kyung yang diperankan aktris Moon Ga Young. Kejelekan wajahnya membuat Ju Kyung banyak mengalami kemalangan, mulai dari korban bully hingga ditolak oleh cinta pertamanya.

Ju Kyung pun belajar menggunakan make up. Make up memberikan keajaiban padanya. Ju Kyung berubah menjadi gadis yang sangat cantik. Dia akhirnya merasakan bisa punya teman dan tak lagi menjadi bahan olok-olok. Ju Kyung bahkan diperebutkan oleh dua cowok ganteng, Lee Soo-Hoo yang diperankan oleh Cha Eun-Woo dan Han Seo-Joo yang diperankan oleh Hwang In-Yeop.

True Beauty menceritakan kehidupan khas remaja. Bagaimana remaja berjuang meraih impiannya, mendapatkan eksistensi hingga menjalin hubungan dengan orang yang disukai. Kisah cinta segitiga menjadi inti cerita dari drama ini.

Lalu siapakah yang akan dipilih oleh Ju Kyung? Apakah Soo-Hoo ataukah Seo-Joo?

Nah bagaimana? Dari sepuluh drama Korea terbaik sepanjang tahun 2020 ini, mana saja yang sudah kamu tonton? Adakah yang menjadi favoritmu?

Author