Temen-temen disini pasti udah sering nih denger tips menurunkan berat badan. Karena memang udah banyak hal tersebut berseliweran di internet. Namun dari sekian banyak tips yang ada kemungkinan untuk cocok di tubuh kamu pasti juga berbeda-beda.

Karena pasti banyak faktor yang bisa mempengaruhi sukses tidaknya kita untuk menurunkan berat badan. Apalagi sejak adanya pandemi covid-19 yang kemarin sempat membuat kita tak bisa untuk keluar rumah secara bebas. Salah satu dampak positif dari adanya pandemi ini adalah naiknya berat badan hehe.

Tips Menurunkan Berat Badan

Kurangnya pembakaran energi yang tidak di imbangi dengan masuknya berbagai makanan yang terus menerus di terima oleh tubuh. Akibatnya angka timbangan pun naik drastis, pipi semakin bulat dan perut makin membuncit hehehe. Untuk mengurangi masalah tersebut aku ingin berbagi tips ini berdasarkan pengalamanku sendiri.

Ketahui tipe tubuh

Mungkin masih ada yang belum tahu nih, manusia itu punya 3 tipe tubuh secara umum, seperti Ectomorph, Mesomorph, dan Endomorph. Di bawah ini akan aku jelasin secara singkat 3 tipe tubuh tersebut.

  • Ectomorph

Pernah liatkan orang yang makannya banyak tapi tetep kurus? Nah kalau kamu seperti itu berarti tipe tubuh kamu adalah ectomorph. Ciri fisik dari pemilik tipe tubuh seperti ini adalah badannya kurus,ukurang pinggang yang kecil, massa otot yang kecil serta lebar bahu yang juga kecil.

Hal tersebut disebabkan mereka memiliki metabolisme yang tinggi, sehingga mubah membakar makanan apupun yang telah dikonsumsi.

Olahraga yang tepat untuk orang yang bertubuh ectomorph adalah full body workout. Olahraga kardio sebaiknya dihindari dan lebih baik jaga asupan makanan yang tepat dan seimbang.

  • Mesomorph

Kalau pemilik tipe tubuh mesomorph ini mungkin dambaan setiap orang. Karena mereka memiliki postur yang ideal. Dengan ukuran tulang bahu yang lebar namun punya ukuran pinggang yang kecil serta memiliki ukuran sendi tangan yang sedang. Jadi, bisa dikatakan pemilik tipe tubuh seperti ini enggak gemuk dan juga gak kurus.

Pemilik tipe tubuh mesomorph bisa fokus melakukan fokus latihan di bagian tubuh tertentu, seperti paha ataupun perut. Hampir semua jenis olahraga cocok dengan tipe tubuh ini. Jadi olahraga kardio pun sangat bagus untuk menurunkan lemak di tubuh kamu. Bersyukurlah jika kamu memiliki tubuh seperti ini.

  • Endomorph

Nah kalau ini merupakan tipe tubuh yang punya daya metabolisme yang rendah, sehingga walaupun hanya mengkonsumsi makanan yang sedikit bakalan mudah mengalami berat badan. Ciri-cirinya memiliki bentuk tubuh yang bulat, gemuk serta ukutan pinggang dan paha yang cenderung lebar. Nah dari sini aku paham kenapa aku mudah sekali mengalami kenaikan berat badan sebab aku mempunyai tipe tubuh endomorph.

Pemilik tipe tubuh ini perlu perjuangan yang ekstra jika ingin menurunkan berat badan. Jadi olahraga yang cocok adalah High Intensity Interval Training (HIIT). Nah kalau aku olahraga yang paling mudah adalah lari. Selain cocok bagi tubuhku, lari membuat tubuh bugar dan bisa membuat mood jadi baik. Setelah berolahraga jangan lupa untuk mengurangi mengkonsumsi karbohidrat maupun lemak. Pemilik tipe tubuh ini biasanya sudah untuk diet, termasuk aku hehe.

Jaga Pola dan asupan makanan

Langkah selanjutnya setelah mengetahui masing-masing tipe tubuh kita. Kita juga harus menjaga pola dan asupun makanan. Hindari mengurangi porsi makan secara drastis, sebab pola makan seperti ini malah bisa membuat berat badan kembali naik dengan cepat. Yang perlu di perhatikan adalah kualitas makanan yang kita konsumsi bukan jumlah/porsi/kuantitas nya. Jadi pilihlah makanan yang kaya akan nutrisinya.

Asupan makanan yang harus di hindari adalah mengkonsumsi gula berlebih, lemak tak sehat, apalagi karbohidrat berlebih. Sebaiknya asupan makanan yang harus kita konsumsi adalah makanan dengan nutrisi kalori yang sehat dan seimbang misalnya vitamin, mineral, serat, protein dan lemak sehat.

Aktif bergerak

Jika kamu tidak sempat olahraga, ataupun lagi cedera usahakan untuk tetap aktif bergerak. Kenapa? ya sederhana, agar tetap ada kalori yang terbakar. Meskipun jumlah kalori yang terbakar kemungkinan sedikit. Setidaknya tubuh kita tetap mendapatkan energi sehingga bisa tetap bugar. Namun akan lebih baik jika kamu rutin berolahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu. Contoh hal yang bisa kamu lakukan agar aktif bergerak seperti menaiki tangga, mengajak anjing jalan-jalan, bahkan beres-beres rumah, mem

Kendalikan pikiran

Nah bagian tips ini mungkin agak sedikit nyeleneh namun tetep masuk di akal. Sebab kita harus bisa mengendalikan pusat pikiran kita dalam beberapa hal. Jadi, walaupun belum sempat berolahraga cara ini bisa sukses jika dilakukan dengan benar. cara yang cenderung nyeleneh tersebut seperti dibawah ini :

  • mengunyah makanan pelan-pelan
  • pakai piring kecil
  • konsumsi banyak protein
  • jangan taruh makanan yang tidak sehat di tempat yang terlihat
  • perbanyak makanan yang mengandung serat
  • minum air putih lebih sering
  • ubah porsi makan menjadi lebih sedikit
  • hindari makan sambil melakukan hal lain
  • jaga pola tidur dan hindari stres

Olahraga

Senjata yang paling pamungkas untuk menurunkan berat badan ialah dengan berolahraga. Apabila kamu telah menentukan tipe tubuh kamu seperti apa, maka selanjutnya jangan lupa berolahraga. Selain membuat tubuh sehat dan bugar. Olahraga dapat mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori di tubuh kamu. Salah satu olahraga yang sering aku lakukan adalah berlari. Selain mudah dan murah, lari bisa di lakukan di mana saja. Bahkan di halaman rumah sekalipun.

Tapi bagi yang kelebihan berat badan (obesitas), pada awalnya akan kesulitan memulai lari. Sebaiknya lakukan olaraga ringan saja yang fokus pada tubuh bagian tertentu. Kamu bisa melakukan workout ringan seperti: jumping jack, squat, skipping (lompat tali), dynamic squat. Atau bisa juga lakukan olahraga jalan kaki dengan durasi waktu minimal 30 menit sampai 60 menit.

Bersepeda juga salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan, walaupun olahraga ini tidak membentuk otot tubuh, namun sangat efektif mampu membantu merampingkan tubuh kamu, pokoknya semua lemak yang menibum di area bokong, paha dan pinggang pasti akan luntur dengan bersepeda.

So, mungkin hanya itulah tips menurunkan berat badan yang bisa aku bagikan. Bagi yang suka lari maupun drama korea jangan lupa kunjungi blog dan instagram pribadiku ya di kotak Author. Stay safe, stay healthy, and stay fit.