Memulai menulis di blog bukanlah hal yang sulit, namun bertahan agar bisa konsisten menayangkan tulisan secara teratur setiap bulannya, menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger. Maka, seorang blogger, perlu punya “bank ide” untuk menjaga produktivitasnya dalam menghadirkan berbagai konten tulisan di blog yang dikelolanya. Hal ini pun bisa membantumu terhindar dari writerblock.

Selain itu, ide bukanlah sesuatu yang bisa datang dengan sendirinya. Terkadang ide perlu diumpan, dipancing, bahkan dikumpulkan, kemudian diolah sedemikian rupa, sebelum masuk ke dalam draft tulisan. Butuh proses yang nggak sekejap mata, sehingga tulisan tadi bisa tayang juga.

DARI MANA IDE MENULIS BLOG DIDAPATKAN?

Ada beberapa cara dalam mengumpulkan ide menulis blog agar tulisanmu bisa tayang secara teratur. Semoga tips berikut bisa bermanfaat untuk kamu.

BAHASAN YANG KAMU SUKAI DAN KAMU DALAMI

Lho, kenapa si bahasan jadi ide menulis blog yang perlu juga didalami, selain disukai? Sebab dengan mau mendalami bahasan yang kamu sukai dan ingin sekali kamu jadikan bahan tulisan di blog, maka kamu akan dengan senang hati mencari tahu lebih dalam mengenai tema yang ingin kamu tuliskan tadi.

Dengan rasa ingin tahu tersebut, kamu bisa menemukan berbagai literatur pelengkap, sehingga saat dituliskan ke dalam blogpost-mu, tulisannya nggak akan berakhir hanya sampai di bagian kulitnya saja, tetapi bisa lebih informatif. Bukankah tulisan yang cukup lengkap, bisa memanjakan pembaca?

PENGALAMAN PRIBADI

Berbagi pengalaman pribadi dianggap sebagai salah satu alasan seseorang menulis blog. Sesederhana pengalaman saat melakukan sebuah perjalanan, apa saja yang ditemui dari destinasi wisata yang dikunjungi, sampai bagaimana sih kamu bisa sampai ke destinasi wisata tadi?

Atau mungkin … tentang pengalamanmu saat mengikuti ujian CPNS, misalnya. Bahkan pengalaman saat si kecilmu menjalani proses toilet training, atau mungkin trik kamu “menjebak hati” pasanganmu yang sekarang hingga sampai ke jenjang pernikahan, bisa banget jadi bahan tulisan.

Pengalaman pribadi merupakan bagian yang paling banyak bisa dimasukkan ke dalam bank ide menulis blog milikmu. Kisah-kisah yang berkesan buat kamu, dan setelah dituliskan di blog pribadimu, kelak akan menemui pembacanya yang bisa saja langsung berguman “wah iya ya”, atau “ih, aku banget nih”, maupun “oh ternyata begitu ya”.

MEMBACA BUKU MENJADI IDE MENULIS BLOG

Sudah tahukan, kalau amunisi dari lancar menulis adalah pandai membaca? Maknanya, biasanya seseorang yang senang menulis – apalagi menulis di blog – dikatakan perlu gemar dan mahir membaca. Apalagi kan, menjadi blogger berarti siap untuk menjadi pejuang literasi digital.

Membaca buku punya banyak sekali manfaat, semisal akan membiasakan seseorang untuk mampu menyampaikan maksud dengan runut, melatih berimajinasi dengan logika, berpikir kritis, termasuk membiasakan menulis sesuai dengan ejaan yang tepat, bahkan … tentu saja bisa jadi ide untuk menulis di blog.

Pendapat yang mengungkapkan “membaca adalah jendela dunia” benarlah adanya. Membaca akan membawamu ke mana-mana, termasuk menjadi tempat kamu mengumpulkan ide untuk mewujudkan karya lainnya dari hasil olah pikiran dan jiwamu juga.

TONTONAN

Apapun yang kamu tonton, mau itu drama korea, film Indonesia, maupun hanya sebuah vlog di kanal Youtube, bisa banget memunculkan ide menulis blog buat kamu.

Bagi seseorang yang senang menonton, ada banyak sekali yang bisa kamu eksplor dari tontonan yang kamu sukai. Mulai dari acting para pemainnya, alur ceritanya, bahkan pesan apa yang kamu dapat dari tontonanmu tadi. Banyak lho ide yang bisa kamu kumpulkan dari menonton.

OBROLAN

Hasil bersosialisasi dengan teman, kerabat, atau orang yang kamu temui sambil lalu di dalam sebuah perjalanan, bisa saja menjadi bahan tulisan kamu. Sekadar bahasan mengenai naiknya harga bawang dan cabai, bencana alam yang sedang terjadi, sampai urusan semudah cara mencuci kaus kaki yang baik dan benar, bisa saja menjadi ide menulis kamu.

Obrolan yang justeru memancing ide, biasanya merupakan obrolan ringan yang mengalir saja tanpa dipaksakan lho. Coba kamu ingat kembali, adakah obrolan yang berakhir menjadi ide tulisan di blog kamu?

BLOGWALKING

Ada banyak sekali manfaat dari menjalankan sebuah ritual yang lumrah dilakukan oleh para blogger. Yap … blogwalking. Kamu sering melakukannya?

Ajang saling kunjung sesama blogger ini, juga bisa menjadi sarana bagi kamu menemukan ide untuk menulis blog. Semisal, kamu memperhatikan tema bahasan yang teman blogger kamu tuliskan, maka kamu juga bisa menuliskan pengalamanmu yang bisa jadi hampir sama dengannya, namun pastikan menulisnya ya dengan gaya bahasa kamu sendiri.

Belum lagi, saat blogwalking, kamu juga bisa membangun pertemanan dengan teman sesama blogger. Pada akhirnya, makin akrab kamu, maka akan ada saja obrolan yang kamu bisa lakukan dengannya melalui media sosial. Nah, bisa jadi bahan tulisan kamu juga, bukan?

Termasuk, kamu menemukan kesempatan untuk mempelajari, bagaimana cara teman blogger lain menyajikan tulisannya. Nantinya kamu bisa melakukan ATM alias amati tiru modifikasi dari tulisan teman blogger lainnya, sebagai ide untuk memunculkan tulisan di blog kamu.

Banyak kan sumber ide menulis blog yang bisa kamu umpan, pancing, kumpulkan, lalu realisasikan menjadi tulisan kamu di blog? Jadi, masih merasa bingung untuk menuliskan apa di blog kamu?

Author