Menulis blog adalah pekerjaan sehari-hari dari seorang bloger atau narablog. Berbelanja ide dengan memperbanyak bacaan, menentukan judul dan kerangka tulisan merupakan hal rutin yang dilakukan untuk memperbaharui artikel blog, konsisten menulis blog salah satunya.

Apa yang terjadi jika blog tidak memiliki postingan baru? Lama-kelamaan akan ditinggalkan pengunjungnya dan dengan mudah dilupakan pembaca.

Sama halnya jika ada suatu ruangan kamar di dalam rumah, yang tidak pernah diurus, dibersihkan dan diubah-ubah letak dan keadaan interiornya. Hiyy, menyeramkan.

Keuntungan Kiat Konsisten Menulis Blog

Tentunya blog yang artikelnya rutin memposting artikel terbaru, memiliki sekian banyak keuntungan. Berikut keuntungan bila seorang narablog konsisten menulis blog:

1. Mendapatkan Kepercayaan dari Pihak Klien

Bloger profesional pastinya kerap memperoleh penawaran komersial dari pihak klien. Entah itu content placement, content writing, banner placement, backlink placement, product review dan sebagainya.

Maka jika blog kamu tidak aktif memposting artikel terbaru, bisa dipastikan pihak klien kurang percaya, bahwa kamu memang seorang narablog postingannya update terus.

2. Semakin Percaya Diri

Blog yang kontennya konsisten diperbaharui, akan menambah rasa percaya diri bagi penulisnya. Karena dengan terus menerus update berarti semakin banyak karya yang dihasilkan.

Hal ini menunjukkan eksistensinya di dunia blogging. Bandingkan dengan bloger yang hanya sesekali menulis blog. Akan terlihat perbedaannya. Baik dari segi kualitas tulisan, maupun performa blognya.

3. Meningkatnya Keterampilan Menulis

Masih ingat tidak saat pertama kali belajar naik sepeda waktu masa kanak-kanak dulu? Setiap hari ada rasa penasaran kan, gimana sih caranya supaya cepat lancar naik sepedanya. Kadang jatuh, bangun lagi. Mencoba terus sampai akhirnya bisa bersepeda tanpa takut jatuh lagi.

Demikian pula skill menulis. Jika selalu berlatih, lama kelamaan kualitas tulisan akan semakin baik. Sastrawan kenamaan, Prof. Kuntowijoyo membagikan rumus menulis yang beliau punya. 6M, yang pertama menulis, yang kedua menulis, dan yang ketiga, yang keempat menulis, yang kelima menulis, dan yang keenam, menulis. Jadi menulis, menulis, menulis, menulis, menulis dan menulis.

Konsistenlah, lalu temukan perbedaan kualitas tulisanmu tahun lalu dengan tahun ini. Lalu beberapa tahun lalu dengan sekarang. Maka akan jelas terlihat kemajuannya dari waktu ke waktu.

4. Dikenal sebagai Bloger yang Produktif

Menulis blog bagi seorang bloger yang produktif tidak asal menulis saja, namun tak luput memperhatikan keyword, tampilan artikel, tag heading, gambar-gambar pendukung, dan hal lain terkait optimasi SEO-nya.

Bloger produktif memiliki banyak karya dan memiliki konsistensi dalam meng-update blognya. Ada kebanggaan tersendiri jika dikenal luas sebagai narablog yang aktif menelurkan karyanya. Diakui kemampuannya, dan berhasil eksis di tengah-tengah dunia blogging.

Hal ini merupakan suatu hal yang disyukuri mengingat menulis blog di zaman sekarang sudah menjadi suatu profesi yang bisa mendatangkan penghasilan.

5. Memberikan Pengaruh bagi Pembaca Blog

Bayangkan jika satu artikel kamu bisa memengaruhi pembaca jadi merasa termotivasi dan produktif melakukan sesuatu. Bagaimana dengan banyak artikel? Apalagi postingan blog yang ditulis rata-rata menempati halaman satu Google.

Wah, pasti banyak dicari pengunjung, banyak dibaca, banyak pula memberikan pengaruh. Inilah sebenarnya yang disebut dengan influencer. Maka konsisten menulis blog menjadikan kamu orang yang berpengaruh dan banyak memberikan inspirasi positif bagi banyak orang. Keren, kan.

konsisten menulis blog

Lantas gimana agar konsisten terus menulis blog? Berikut kiat-kiatnya, disimak ya.

5 (Lima) Kiat Konsisten Menulis Blog

1. Menyambut Tantangan ODOP

Menyambut baik tantangan One Day One Post (ODOP) yang diselenggarakan suatu komunitas menulis, merupakan kiat ampuh untuk membuat kamu konsisten menulis blog. Biasanya koordinator ODOP telah menyusun tema yang akan ditulis selama satu bulan. Sehingga tidak perlu bersusah payah lagi menentukan tema ngeblog di hari tersebut.

2. Bergabung di Grup-grup Bloger

Saat ini dunia blogging dimeriahkan oleh banyaknya grup-grup bloger. Baik di aplikasi kirim pesan WhatsApp, Telegram, dan Line, maupun di media-media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Semuanya merapatkan diri dalam satu barisan dengan tujuan yang relatif sama, yaitu untuk meningkatkan trafik blog. Meski kalau ditelisik dengan cermat, ada grup-grup yang memiliki kecenderungan spesifik. Seperti grup yang berorientasi ke bloger lomba, brand campaign, atau sekadar berdiskusi tentang teknis ngoprek blog.

Adanya kegiatan blogwalking terjadwal di grup-grup bloger, memberikan motivasi tersendiri bagi seorang narablog. Masa’ sih tidak tergugah ingin menulis juga, lihat tuh teman-temannya sudah sibuk dengan beraneka ragam tema ngeblognya masing-masing.

3. Jadikan Konsisten Menulis Blog sebagai sebuah Kebutuhan

Penulis Cahyadi Takariawan mengumpamakan menulis bagaikan bernafas. Semua manusia akan mati kalau tidak bernafas, bukan? Nah, demikian juga menulis blog. Jadikan ngeblog sebagai sebuah kebutuhan yang jika tidak dipenuhi serasa ada yang kurang dalam keseharian kita.

Sudahkah saya menulis blog hari ini? Kalimat ini bisa kamu tempelkan di cermin agar mudah terlihat setiap harinya. Sehingga hari-hari akan diisi dengan meng-update tulisan di blog. Perlu diperhatikan kemampuan ini tergantung pula dengan keputusan di awal. Apakah kamu seorang bloger penuh waktu atau paruh waktu.

4. Miliki Target Bulanan

Punya target membuat kamu jadi lebih terpacu untuk menulis blog. Ingin menulis berapa artikel dalam sebulan? 30, 20, 15, 10, semua dikembalikan pada penulisnya. Target tiap orang berbeda-beda, bisa menulis blog secara konsisten bagi seorang bloger, belum tentu berlaku hal yang sama pada narablog lainnya.

Dengan menentukan target bulanan, paling tidak mau menumbuhkan komitmen pribadi untuk mencapainya sehingga tidak bermalas-malasan dan terjebak dalam zona nyaman tanpa target.

5. Menulis blog dengan bahagia

Menulis dengan bahagia tentu berbeda dengan menulis karena terpaksa. Salah satu kiat konsisten ngeblog adalah menulislah dengan bahagia. Bagaimana cara menulis dengan bahagia? Pasti kamu punya dong trik spesialnya, karena yang paling familier dengan diri kita sendiri siapa lagi kalau bukan diri sendiri.

Bisa dengan ngeblog di waktu terbaik, kondisi fisik yang prima, anak-anak yang sudah tenang kalau bagi emak-emak bloger kayak saya. Menulis blog dianggap sebagai me time, hadiah, dan hiburan bagi diri pribadi atas aktivitas rutin yang telah menyita waktu sehari-hari.

Sangat menyenangkan jika me time bisa pula menambah cuan ke rekening tabungan kita kan. Duh, jadi ingin konsisten menulis blog terus deh jadinya.

Kesimpulan

Konsisten menulis blog memiliki sekian banyak keuntungan. Antara lain, mendapatkan kepercayaan dari pihak klien, semakin percaya diri, meningkatnya keterampilan menulis, dikenal sebagai bloger yang produktif, dan memberikan pengaruh pada pembaca blog.

5 kiat konsisten menulis blog, pertama, menyambut tantangan ODOP, kedua, bergabung di grup-grup bloger, ketiga, jadikan menulis blog sebagai sebuah kebutuhan, keempat, miliki target bulanan, dan yang terakhir, menulis blog dengan bahagia.

Demikian kiat-kiat konsisten menulis blog, semoga mendapatkan faedah dari artikel ini, syukur-syukur menjadi inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk senantiasa konsisten dalam memperbaharui konten blognya.

 

Author