6 Manfaat Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan untuk Perusahaan

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menilai performa atau kinerja karyawan Anda karena tumpukan dokumen yang mengganggu? Kini, Anda bisa melakukan penilaian kinerja karyawan berbasis web dalam perusahaan yang jauh lebih praktis, loh! Seperti apa lengkapnya? Check this out! 

 

Aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web adalah suatu perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan Anda dalam menilai kinerja karyawan. Alih-alih memanfaatkan kertas sebagai dokumen penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk melakukan penilaian lebih ringkas. 

 

Apa saja manfaat aplikasi penilaian kinerja berbasis web?

1. Membantu Perancangan Pelatihan dan Pengembangan

Aplikasi penilaian kinerja bisa membantu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan yang berdampak pada produktivitas. Mengapa demikian? Sebab berdasarkan penilaian akan ketahuan bagaimana performa karyawan selama berada di perusahaan. Manajemen kinerja dan tinjauan rutin dapat membantu mengidentifikasi kekurangan atau persyaratan pelatihan di masa depan.

2. Meningkatkan semangat kerja

Semua orang suka diberi tahu bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web dapat menyimpan informasi seputar penilaian kinerja. Gaji tidak lagi lagi menjadi peningkatan semangat kerja yang paling utama, tetapi penilaian kinerja juga menjadi sangat penting bagi meningkatkan semangat kerja karyawan. 

3. Membantu mengidentifikasi karyawan yang tepat untuk promosi

Tinjauan rutin adalah cara yang bagus untuk lebih memahami kinerja karyawan Anda dan kesesuaian untuk promosi.

Semua karyawan akan melalui proses peninjauan kinerja yang sama. Dengan demikian, manajer dapat mengevaluasi mereka dengan lebih baik untuk promosi bahkan kenaikan gaji. Hal ini tidak hanya akan membantu memastikan dipilihnya karyawan yang tepat untuk promosi tetapi juga memastikan transparansi dan keadilan dalam proses pemilihan.

4. Mendukung perencanaan tenaga kerja

Feedback kepada karyawan dalam strategi manajemen kinerja juga dapat membantu perencanaan tenaga kerja. Hal ini bisa digunakan untuk membahas beban kerja saat ini dan masa depan dengan karyawan serta membantu mengidentifikasi persyaratan apa pun untuk staf masa depan. Terlebih lagi, jika karyawan Anda berjuang dengan beban kerja  saat ini, Anda dapat membagi beban di antara anggota tim lainnya dan memprioritaskan tugas yang paling penting.

5. Mengurangi Tingkat Resign

Penelitian HR Daily Advisor  menemukan bahwa perusahaan yang menerapkan feedback karyawan secara teratur memiliki tingkat karyawan resign  14,9% lebih rendah daripada karyawan yang tidak menerima feedback. Pergantian staf yang tinggi dapat berdampak besar pada perusahaan Anda. Belum lagi dampaknya pada menyelesaikan pekerjaan dalam tim. 

Ketika karyawan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara teratur dengan manajer mereka, komunikasi menjadi lebih lancar dan mudah. Selain itu, para manajer selalu mendapat informasi terbaru mengenai kemajuan tim dan potensi masalah apa pun. Sehingga karyawan merasa menjadi bagian dari perusahaan. 

6. Memberikan otonomi karyawan yang lebih besar

Setelah karyawan Anda menyadari tujuan bisnis yang lebih luas dan kontribusinya terhadap tujuan tersebut, karyawan dapat lebih bebas untuk membuat pilihan sendiri tentang bagaimana menjalankan tanggung jawab. Hasilnya, karyawan lebih bahagia, lebih berkomitmen, lebih produktif, dan lebih loyal daripada mereka yang setiap tindakannya ditentukan. Cara ini bisa menumbuhkan kepercayaan dan inisiatif di antara karyawan Anda. Budaya seperti itu akan menguntungkan bisnis  dalam jangka panjang.

 

LinovHR memudahkan pengenalan proses manajemen kinerja pada bisnis perusahaan. Anda dapat membuat formulir manajemen kinerja khusus, mengatur jadwal survei karyawan, dan merancang feedback antara karyawan dan manajer. Semua dapat dilakukan dengan mudah secara online. 

 

Tidak hanya menjadi solusi untuk penilaian kinerja karyawan. LinovHR juga memiliki berbagai modul dan fitur lain untuk memudahkan tim HR dalam melakukan manajemen human resource.

 

Seperti recruitment software untuk mengelola proses rekrutmen karyawan, modul dan fitur payroll untuk mengelola gaji karyawan hingga modul time management untuk mengelola jadwal kerja karyawan.

 

Hubungi LinovHR untuk demo aplikasi penilaian kinerja karyawan berbasis web sekarang juga! 

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network