Kemajuan teknologi dan informasi saat ini berdampak besar pada bisnis. Banyak pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun ritel mengembangkan usahanya dengan ikut berbisnis online. Dengan semakin menjamurnya e-Commerce di Indonesia secara tidak langsung dapat menarik minat konsumen untuk melakukan transaksi pembelian karena kemudahannya.

Kemudahan akses masyarakat untuk membeli sebuah produk secara online dirasakan banyak manfaatnya oleh pelaku usaha. Fasilitas toko online berupa aplikasi pada smartphone maupun website memberikan kemudahan untuk digunakan dimanapun dan kapanpun.

Tips Optimalkan Penjualan Toko Online

Namun bagi pelaku UMKM, pasti akan mengalami kemunduran jika tidak dapat mengikuti arus kemajuan teknologi. Persaingan yang sangat ketat dari para pelaku usaha untuk memasarkan produknya dengan cara apapun, termasuk dengan pemanfaatan media internet.

Bagi Anda yang ingin memulai terjun di dunia bisnis secara online, mungkin akan berfikir seribu kali untuk memulainya karena persaingan yang sangat ketat tersebut. Namun sebenarnya jika dapat mengetahui trik untuk menghadapi persaingan tersebut, hal itu dapat dengan mudah diatasi.

Berbagai macam upaya yang bisa Anda lakukan untuk memenangkan persaingan dengan membuat situs toko online agar dapat meningkatkan penjualan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan penjualan produk Anda melalui toko online.

  • Tampilan Katalog Produk Menarik

Katalog produk yang memiliki tampilan menarik dapat menjadikan pengunjung lebih penasaran untuk membeli. Pasang gambar produk yang Anda pasarkan semenarik mungkin.

Pengambilan gambar dengan menggunakan kamera dengan kualitas yang bagus serta pengambilan gambar lebih detil dari berbagai sudut gambar agar hasil lebih jelas.

  • Mudah Ditemukan di Internet

Persaingan bisnis online serta banyaknya toko online dapat menghambat penjualan karena persaingan yang ketat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengoptimalkan penjualan online Anda dengan trik SEO dengan pemanfaatan fitur blog.

Dengan menggunakan fitur blog, terbukti efektif untuk memudahkan promosi produk.

  • Proses Order dan Checkout Cepat

Cepatnya proses order dan checkout pada toko online Anda, tidak membuat bingung calon konsumen. Pengunjung akan langsung membeli produk yang mereka inginkan tanpa dibuat ribet dengan berbagai macam aturan karena prosesnya yang praktis dan mudah digunakan.

  • Berikan Garansi Produk

Dengan memberikan garansi produk pada pelanggan dipercaya dapat meningkatkan penjualan serta kepercayaan konsumen.

Ada banyak bentuk garansi untuk memikat calon pembeli, misal dengan menukarkan barang jika terdapat kesalahan atau kerusakan pada barang yang telah dikirim dengan ongkos kirim ditanggung oleh Anda sebagai pemiliki toko online.

  • Sering Berikan Diskon

Pemberian potongan harga (diskon) dapat dilakukan dalam bentuk tunai atau barang. Tujuan pemberian diskon ini agar dapat menarik konsumen serta dapat menjual produk sebanyak-banyaknya.

Pemberian diskon dapat dilakukan di hari-hari tertentu, semisal pada akhir tahun atau pada perayaan hari besar keagamaan atau nasional.

  • Promosi Melalui Media Sosial

Pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan produk sangat efektif untuk menjangkau pasar. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp dan lainnya dapat digunakan untuk memasarkan produk online.

Berikan Informasi secara detil dan buat pengguna media sosial penasaran untuk mengunjungi toko online Anda.

  • Bangun Kepercayaan Pada Konsumen

Dengan memberikan kepercayaan atas pelayanan serta produk yang anda jual hal itu dapat membangun brand. Jika konsumen telah percaya, maka akan dengan mudah untuk memperoleh calon pembeli baru.

Biasanya jika konsumen telah mempercayakan sebuah produk yang dibeli dari salah satu toko online, maka mereka tidak segan-segan ikut mempromosikan penjualan online Anda, baik itu melalui obrolan dari mulut ke mulut atau mempromosukan melalui media sosial yang mereka miliki.

  • Desain Toko Online Responsif

Desain toko online yang responsif dapat memudahkan pengunjung untuk mengaksesnya dengan menggunakan perangkat apapun, baik melalui smartphone maupun komputer.

Dengan tampilan yang responsif ini dapat memberikan kenyamanan pada pengunjung untuk berselancar di toko online yang Anda miliki.

  • Fitur Pencarian Mudah Ditemukan

Keakuratan pada fitur pencarian memudahkan pengunjung dapat menemukan berbagai produk yang ada pada toko online. Dengan begitu akan membuat betah pengunjung untuk berlama-lama dan mencari produk-produk apa saja yang tersedia.

Jika telah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, maka mereka tidak segan-segan untuk langsung melakukan transaksi pembelian.

Penutup

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha yang baru akan memulai usahanya untuk mengoptimalkan penjualan produknya melalui bisnis online – memasarkan produk online, meski persaingan bisnis online saat ini sangat ketat.

Kesabaran serta keuletan dari seorang pelaku usaha pun tidak kalah pentingnya untuk tetap konsisten memasarkan produknya.

Author