Jika kamu tengah mencari arti kesuksesan yang sesungguhnya maka buku biografi Jack Ma & Alibaba ini bisa menjadi jawabannya. Ada banyak hal penting yang bisa kita petik dari kisah perjalanan pemilik e-commerce raksasa yang mendunia ini. Tidak hanya sukses karena menjadi besar, tetapi sukses karena mampu menjalani prosesnya.

Jack Ma yang memiliki nama asli Ma Yun merupakan pemilik e-commerce raksasa dari Tiongkok yaitu Alibaba. Berawal dari keyakinannya pada internet setelah membuat web page berupa jasa penerjemahan Haibo, Jack Ma membuat e-commerce business to business (B2B). Hingga akhirnya membangun e-commerce berskala internasional.

Dalam Buku Biografi Jack Ma & Alibaba ini semu perjalanan hidup Jack Ma dari kehidupan masa remajanya hingga sukses mengembangkan Alibab dikupas tuntas. Pun, buku dengan tebal 176 halaman ini memberikan banyak inspirasi untuk selalu berusaha dengan maksimal dalam mencapai suatu tujuan.

Khususnya untuk kamu yang sedang atau hendak terjun dalam bisnis marketing online. Jack Ma dengan murah hati berbagi pengalaman, kesulitan dan kesuksesannya dalam membangun dan mengembangkan jasa perdagangan secara online.

Berikut ini sedikit pembahasan mengenai pelajaran penting yang dapat diambil dari buku biografi Jack Ma & Alibaba.

Pelajaran Penting Buku Biografi Jack Ma & Alibaba

1. Berpikir Out of The Box

Jack Ma pernah berkata seperti ini bahwa kita bisa memprediksi masa depan jika memanfaatkan perubahan-perubahan secara maksimal. Seperti dulu, saat transportasi mengandalkan kuda, kotoran dari hewan berkaki empat ini berceceran di mana-mana.

Banyak orang lebih fokus membersihkan kotoran kuda untuk memecahkan permasalahan tersebut. Akan tetapi, berbeda saat kita mampu berpikir di luar konteks, maka akan seperti para ahli otomotif yang membuat mobil untuk mengakhiri masalah tersebut.

Berpikir out of the box adalah bukan cara untuk menjadi beda. Melainkan sebuah cara untuk menciptakan inovasi baru dan mampu memecahkan suatu permasalahan.

2. Jangan Takut Gagal

Saat hendak membangun e-commerce B2B tidak ada yang mendukung lelaki yang lahir di kota Hangzou tersebut. Penyebabnya adalah karena saat itu belum ada internet di Tiongkok. Walau begitu Jack Ma tetap membuat website komersial pertama Tiongkok yaitu China Yellow Pages.

Yang membuat Jack bertekad adalah bukan karena keyakinannya pada internet melainkan mempercayai bahwa dari setiap pengalaman memiliki kesuksesannya tersendiri. Kita tidak akan pernah tahu jika tidak mencoba. Kalaupun gagal maka carilah jalan lain.

Kuncinya adalah apakah kita bersedia membayar harga yang harus dibayar dan bersedia mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki.

3. Pantang Menyerah

Terbatasnya akses internet membuat Jack ma pantang menyerah meyakinkan para pemilik perusahaan untuk mendaftarkan perusahaan mereka di internet. Terbukti dari semangat dan kegigihannya yang tidak mudah luntur membuat China Yellow Pages memiliki reputasi baik dan akhirnya banyak yang kenal dengan internet.

Hal ini sepadan dengan ucapan Laifa Ma, Ayah Jack Ma bahwa ketika kita sanggup kelelahan karena mengendarai sepeda puluhan kilometer jauhnya. Kenapa kita tidak memberikan upaya yang sama terhadap hal-hal yang sedang diperjuangkan.

4. Berani Mengambil Resiko

Kesuksesan Alibaba tidak hanya karena seorang Jack Ma. Melainkan ada dua tokoh lain yang berkontribusi besar yaitu Cai Chongxin dan Masayoshi Son. Cai Chongxin memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan berpengalaman dalam bidang investasi. Sedangkan Masayoshi Son adalah pendiri SoftBank.

Baik Cai Chongxin maupun Masayoshi Son memutuskan bergabung dengan Alibaba karena gairah dan semangat yang terpancar dari sepasang mata Jack Ma. Selain itu Cai Chongxin adalah orang yang suka mengambil resiko. Sedangkan Masayoshi Son mengakui dirinya termasuk ‘orang gila’ seperti Jack Ma tentunya dalam artian khusus.

5. Fokus pada Tujuan

Dalam mencapai suatu kesuksesan maka perlu menetapkan fokus dan tujuan yang akan dicapai. Jelas sekali Jack Ma dapat memprediksi internet akan memengaruhi banyak orang di masa depan. Oleh karena itu dia fokus membangun e-commerce dan kini terbukti nyata kesuksesannya.

Ada cara untuk menentukan tujuan dan fokus yaitu dengan menemukan minat yang ada dalam diri kita dan menjadikannya sebuah talenta. Talenta inilah yang akan menjadi peran penting menuju kesuksesan yang kita inginkan.

Demikianlah 5 hal yang dapat diambil dari kisah perjalanan Jack Ma. Tentunya ada banyak hal menarik dan menginspirasi lainnya dari buku biografi ini yang tidak dapat aku tuliskan semua.

Informasi Buku
Judul: Jack Ma & Alibaba – A Business and Life Biography
Penulis: Yan Qicheng
Alih Bahasa: Irene Christin
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Halaman: 176 hlm
Cetakan kedua: Maret 2019
ISBN: 978-602-04-5455-9
978-602-04-5456-6 (digital)

Author