Hai, perkenalkan aku Nita, aku penulis di https://nitajuwithafina.com/ . Sudah beberapa waktu ini aku suka ditanya oleh beberapa teman dari komunitas, “laptop yang bagus apa si buat nge-blog dan design kecil2an?”. Kalau dalam Kelas Growthing suka ada pepatah “selalu ada celah” jadi pada kesempatan ini aku coba membahas tips memilih laptop untuk blogger versi ku.

Ketika ada pertanyaan dari teman mengenai “laptop apa si yang bagus dibeli? “, biasanya aku tidak langsung merujuk ke satu merk tertentu, melainkan ada beberapa pertanyaan yang aku ajukan kepada calon pembeli tersebut, mengapa? Karena kebutuhan orang berbeda-beda.

Meskipun tujuannya sama-sama untuk nge-blog, bisa jadi selain itu kebutuhannya beda-beda ada yang digunakan untuk nge-blog dan nge-game atau nge-blog dan keperluan anak sekolah dan lain sebagainya. Terkadang setelah dirinci, ternyata butuhnya bukan laptop melainkan PC ( Personal Computer ).

Tips Memilih Laptop Untuk Blogger

Di tulisan ini aku ga akan bahas terlalu detail mengenai perbedaan detail antara laptop dan PC (karena temanya bukan itu hehe) inti nya PC lebih powerfull daripada laptop, namun tidak cocok untuk penggunaan mobilitas tinggi.
Jika ingin mencari yang powerfull maka belilah PC, jika ingin mencari yang simpe/praktis maka belilah Laptop. Jika ingin keduanya digabung, ingat pepatah bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk teknologi

Sebelum memutuskan membeli laptop, maka tips dari aku:

  1. Lakukan membuat listing Kebutuhan

Listing kebutuhan sederhana saja, coba dituliskan dulu kebutuhan kita terhadap pengadaan laptop tersebut, contohnya :
a. Untuk menulis/konsep blog -> MS. Office
b. Membuat design sendiri -> Adobe Photoshop / Corel Draw
c. Browsing -> Chrome/Firefox
d. Video Editing -> Power Director/Adobe Premier
e. Membaca file PDF -> Adobe Reader
f. Keamanan -> Software Antivirus
g. Sekolah anak -> Zoom
h. Koneksi internet -> Wifi
i. Utak atik code -> Visual Studio Code
Listing dan software di atas hanya contoh, dapat disesuaikan dengan kubutuhan masing-masing. Mungkin bisa jadi ditambah game, setelah riewuh dengan segala urusan , me time-nya dengan main game. Kebetulan aku bukan penggemar game dan ga terlalu suka nonton di laptop, jadi listing yang ku buat yang standart aku aja.

  1. Laptop mau dibawa kemana saja?

Sebelum membeli laptop, biasanya calon pembeli udah punya bayangan laptop ini bakal dibawa kemana saja. Ini penting untuk menentukan ukuran laptop yang akan dibeli. Karena ukuran akan berpengaruh ke berat laptop. Cek review yang ada di online juga penting loh.

Jika mobilitas tinggi, maka tidak disarankan laptop dengan ukuran besar karena pasti akan berat dan juga jangan terlalu kecil sebab nanti jika diperlukan untuk memperlihatkan suatu design ke orang lain akan terhambat. Jika laptop kebanyakan akan stay di rumah atau stay di kantor saja makan laptop 14 inch cukup memadai.

Sekarang Waktunya Menilik Spesifikasinya Laptop

Untuk membeli laptop yang menjadi highlight adalah processor, memory, operating system, hardisk, dan warranty. Bukan berarti yang lain tidak penting ya. Cuma memang biasa ini yang biasa dilihat lebih dahulu ketika membeli laptop.

  • Processor

Processor itu bisa diibaratkan otaknya computer/laptop, gunanya untuk memproses data dan mengontrol system. Saat ini yang umum digunakan untuk personal computer maupun laptop ada 3 macam processor: Intel , AMD dan Apple. Kalau pilihan teman-teman membeli laptop jatuh ke laptop keluaran Apple ( Macbook ) maka otomatis akan menggunakan processor Apple.

Namun jika membeli selain Macbook, akan terdapat 2 pilihan yaitu antara AMD dan Intel. Aku sudah pernah mencoba ke tiga jenis processor tersebut. Secara umum masing-masing brand pasti punya keunggulan masing-masing. Kalau bagi aku karena aku nyaman dengan windows dan tidak terlalu suka bermain grafis ( seperti game ) pilihanku jatuh ke processor Intel. Keunggulan AMD adalah grafisnya yang tajam, serta harganya yang murah. Sedangkan untuk Mac secara spesifikasi berasa di atas kedua processor lainnya.

  • Memory ( RAM )

Memory adalah tempat penyimpanan sementara di saat menggunakan laptop atau aplikasi tertentu agar dapat diproses secara cepat. Orang biasa suka salah kaprah, bahwa memory ini tempat penyimpanan data, bukan ya teman-teman . Memory atau biasa disebut RAM ini semakin besar maka proses yang teman-teman lakukan akan semakin cepat. Kalau media penyimpanan, semakin besar, maka semakin banyak data yang bisa disimpan. Untuk saat ini idealnya RAM di 4GB, ini untuk penggunaan normal- normal saja. Kalau aku saat ini menggunakan RAM 8GB karena memang aku membutuhkan load memory yang lumayan besar.

  • Operating System

Operating system saat ini umumnya ada 3 macam Microsoft Windows, Linux dan Apple Machintos. Dari ketiga OS tersebut pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika teman-teman akan mempergunakan untuk design, aku sarankan silahkan memilih Microsoft Windows atau Apple Machintos.

  • Hard Disk

Hard disk ini yang merupakan media penyimpanan data. Untuk kapasitasnya beragam, tipenya pun beragam. Untuk memilihnya dikembalikan ke kebutuhan masing-masing. Untuk aku pribadi, aku lumayan banyak menyimpan data, aku menggunakan hardisk yang 500GB.

  • Waranty

Waranty atau garansi ini penting banget yang biasa dilupakan oleh pembeli. Tanyakan laptop terebut garansi apa? Lengkap, toko atau bagaimana? Tak lupa tanyakan juga proses nya. Saran aku si, cari laptop yang garansinya bisa digunakan di tempat kita tinggal, untuk mempermudah jika terdapat kerusakan. Penting juga diketahui garansi nya berapa lama.

Demikian teman-teman tips memilh laptop yang bisa aku bagikan, oh ya untuk harga tidak aku cantumin, karena harga akan berbanding lurus dengan spesifikasi yang teman-teman pilih. Semoga bermanfaat.