Halo semuanya, kali ini Maria Tanjung  ingin melakukan review pada smartphone Xiaomi Redmi Note 9 yang baru muncul dan lagi ngehits di beberapa kalangan milenial nih.

Sebenarnya tidak baru-baru amat sih ya mungkin sudah ada sekitar tiga bulanan beredar di pasaran. Bukan hal aneh jika seseorang ingin memiliki smartphone yang murah namun di dalamnya terdapat fitur lengkap dan kapasitas memori yang cukup besar. Saya pun inginnya demikian.

Kemarin keponakan saya baru saja melakukan tukar tambah smartphone lamanya dengan yang baru. Setelah mempertimbangkan kualitas, spesifikasi dan tentu saja faktor terakhir adalah budget atau dana yang dimiliki, akhirnya saya menyarankan kepadanya untuk membeli smartphone Xiaomi Redmi Note 9.

Xiaomi Redmi Note 9

Hal tersebut dikarenakan keponakan akan menjalani pendidikan di Fakultas Teknik Informasi dimana pasti memerlukan smartphone sebagai penunjang sarana perkuliahan. Apalagi di masa pandemi tentu perkuliahan lebih banyak melalui daring.

Membeli smartphone dengan kapasitas memori besar dan baterai tahan lama dengan budget terjangkau merupakan pilihan utamanya saat ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9

Berikut Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 yang membuat keponakan menjatuhkan pilihan untuk membeli si abu-abu nan eksotis itu

Ram : 6 Gb
Rom : 128 Gb
Sim : Dualsim (Nano SIM, Dual Stand-by)
Baterai : 5020 mAh
Layar : 6,53 inchi
Kamera Depan : 13 MP
Kamera Belakang : 48 MP
Warna Yang Tersedia : Hijau, Abu-abu, dan Putih

Pada saat membeli Xiaomi Redmi Note 9, kita akan mendapat charger, kabel data, sim ejector, silicon case dan tentu saja buku panduan dalam mengoperasikan Xiaomi Redmi Note 9 di dalam dus boxnya. Sebagai pembeli Xiaomi Redmi Note 9 kita juga mendapat garansi TAM selama satu tahun.

TAM atau kepanjangan dari PT. Telemata Artha Mandiri, merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia. Jadi misalnya teman-teman memiliki smartphone Xiaomi dan kebetulan ada kerusakan di bagian tertentu, teman-teman tinggal datang saja ke service center Xiaomi terdekat di kota kalian.

Kebetulan saya berdomisili di kota Surabaya maka service centernya berada di Plaza Marina dan Gedung World Trade Center (WTC).

Unboxing Xiaomi Redmi Note 9

Gak ketinggalan nih, begitu membuka dus box Xiaomi Redmi Nounite 9 ada ucapan terima kasih dari Alvin Tse sebagai Country Director Xiaomi Indonesia karena telah memilih produk Xiaomi. Hal tersebut merupakan suatu bentuk perhatian kepada para pengguna gadget Xiaomi tipe apapun sekaligus bentuk branding juga sih menurut saya.

Memori penyimpanan internal yang lumayan besar merupakan kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 9, apalagi untuk seseorang yang suka mendonwload banyak aplikasi media sosial serta melakukan pengeditan foto maupun video. Kalau keponakan saya sepertinya lebih suka bermain games di smartphone. Entah berapa banyak aplikasi games yang sudah di downloadnya

Selain itu juga kemampuan baterai bertahan sampai delapan belas jam jika dipakai untuk menonton video, bermain games bahkan melakukan pertemuan dengan teman-teman melalui aplikasi Zoom. Kalau hanya untuk berselancar di media sosial sih malah justru baterainya bisa bertahan sampai kurang lebih tiga puluh enam jam, bahkan lebih.

Waktu pertama kali mencoba kameranya, saya membandingkan dengan smartphone milik saya yang kualitas gambarnya tidak sejernih Xiaomi Redmi Note 9. Mungkin dikarenakan kamera depan sebesar 48 MP yang membuat benda yang di foto menjadi jernih dan nampak sesuai aslinya.

Lalu setelah saya perhatikan ketika sampai di rumah, ternyata ada empat lensa kamera di belakang smartphone tersebut. Milik saya saja, saya perhatikan hanya ada dua lensa kamera.

Secara keseluruhan menurut saya Xiaomi Redmi Note 9 sudah cukup bagus di kelasnya. Hanya saja ukurannya terlalu besar untuk telapak tangan saya. Mungkin saya akan lebih memilih smartphone dengan ukuran 5 sampai 5,5 inchi.

Bagi kalian yang sudah membaca spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 yang baru rilis di bulan Juni 2020 ini pasti kaget nih ada smartphone dengan fitur yang lumayan lengkap namun harga juga tidak mahal-mahal banget. Dengan harga kisaran 2,7 sampai 2,8 juta kita bisa membawa pulang Xiaomi Redmi Note 9 ini. Smartphone lain dengan spesifikasi sejenis bisa jadi harganya di atas tiga juta rupiah.

Xiaomi Redmi Note 9 ini bisa dibeli di konter-konter penjualan smartphone terdekat di kota kalian atau di beberapa toko daring yang memiliki aplikasi di play store. Jika sudah membulatkan tekad untuk membeli Xiaomi Redmi Note 9 pastikan barang masih tersegel ketika kita terima dari sales-nya.

Kemarin saya juga sudah memastikan bahwa smartphone yang akan dibeli keponakan saya masih bersegel. Maklum, saya belum punya riwayat jual beli smartphone di toko tersebut.

Jadi, kalau ada rencana membeli smartphone tapi masih bingung beli merek dan tipe apa, mungkin review dari saya bisa melengkapi referensi kalian yang ingin mengganti gadget lama dengan yang baru. Pastinya semua kembali lagi dengan keputusan kalian yang memiliki dana yah.