Halo, mama-mama sedunia! Semoga semua sehat selalu ya. Masih semangat mendampingi buah hati belajar di rumah selama pandemi, kan? Apalagi saat ini, di beberapa daerah ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jadi rencana belajar tatap muka di awal tahun 2021 masih tertunda. Harapannya, semoga semua mama-mama tetap sabar, tabah dan kuat menjadi “guru” untuk anak tercinta hingga waktu yang belum dapat ditentukan ya.

Tahun 2020 merupakan tahun yang fenomenal. Dunia terkejut dengan adanya wabah virus Covid-19 yang sangat berpengaruh di berbagai sektor termasuk pendidikan. Pendidikan anak-anak sekolah khususnya. Siapapun tak ingin terjadi keadaan seperti ini, namun apa daya. Yang dapat kita lakukan saat ini adalah melakukan adaptasi dengan sebaik-baiknya untuk bertahan hidup.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik dari peristiwa pandemi Covid-19 ini ya, mam. Kalau saya, salah satunya jadi tahu bahwa ternyata menjadi guru itu tidak mudah. Apalagi untuk mengajari anak yang baru saja lulus TK dan masuk kelas 1 SD!

Meskipun untuk mengajari anak sendiri. Jujur saja, pasti ada rasa tidak sabar jika anak yang diajari tidak langsung patuh mengerjakan dan baca tulisnya belum lancar. Saya aja kadang jadi gemas dan geregetan sendiri. Fiuh!

Setelah sekian lama berjalan, saya jadi sadar bahwa kunci anak bisa belajar dengan nyaman saat di rumah adalah pihak yang mendampingi harus sudah siap. Dalam arti, waktunya memang benar-benar tercurah untuk mendampingi saat anak belajar.

Untuk awalannya mungkin terasa sulit ya, namun setelah berjalan akan ada hasilnya. Nah, saya jadi ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman saya sendiri mengajari anak selama pandemi.

Namun bukan berarti sudah baik ya, saya tetap membutuhkan masukan dari mama yang lain. Saling sharing dan menguatkan tentu lebih baik, bukan? Karena pada dasarnya kita tidak sendirian, kok. Jangan sampai masalah pribadi dibawa-bawa dan anak menjadi pelampiasan emosi kita.

Kan, kasihan ya. Anak belum tahu apa-apa tapi jadi sasaran kemarahan orangtuanya yang sedang punya problematika sendiri. Ingat, masa depan anak masih sangat panjang dan penting untuk diprioritaskan.

 

Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah selama masa Pandemi

1. Pendamping harus siap

Saat bangun di pagi hari, mama harus sudah punya rencana hari ini mau ngapain aja. Mandi, memasak, harus dilakukan sebelum anak mulai beraktivitas. Maka yang harus dilakukan adalah bangun pagi. Perkirakan waktu untuk mandi berapa menit, masak berapa lama dan lain-lain supaya jam 7 pagi semuanya sudah siap.

2. Mempersiapkan anak

Anak juga harus belajar tanggung jawab dan disiplin. Atur jadwal jam berapa anak harus bangun pagi, mandi dan sarapan sebelum belajar dari rumah dimulai. Pastikan anak sudah sarapan dan tidak lapar saat mengikuti sekolah online

3. Stand by

Setiap sekolah pasti mempunyai aturan dan standar sendiri dalam menerapkan sistem dalam belajar dari rumah. Mama harus paham platform apa yang digunakan untuk mengerjakan tugas. Jangan sampai salah mengerjakan tugas. Misalnya, seharusnya mengerjakan tugas di Google Classroom, malah menginstal platform lain yang belum tentu digunakan.

4. Komunikasi lancar

Jika tugas dari guru dikirim melalui email, aktifkan email mama. Pantau terus hari ini ada berapa pelajaran. Gurunya siapa saja. Tugasnya dikerjakan dimana. Jangan sampai anak salah mengerjakan tugas. Maka komunikasi dengan guru harus terjalin dengan baik.

5. Alat komunikasi harus support

Pastikan alat komunikasi yang digunakan, apakah itu handphone atau laptop dalam kondisi baik. Dalam arti dapat dioperasikan. Selain itu harus selalu diperiksa koneksi internetnya lancar jaya. Jangan sampai anak sudah semangat belajar, eh jaringan internetnya putus nyambung. Hadeuh..

Itulah 5 tips belajar dari rumah yang dapat saya bagi mam! Yuk, ah saling sharing kalau pengalaman mama bagaimana? Tak ada yang menyangka kondisi seperti ini ya, ma! Kalau boleh memilih pasti tak ada yang menginginkan ada pandemi seperti sekarang ini.

Inilah warna-warni kehidupan, the colorful life yang harus selalu kita jalani dan syukuri. Tetap semangat menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan era new normal dengan displin, ya ma! Jangan lupa bahagia!

Author