Mendaki gunung bagi sebagian orang adalah sebuah hobi. Bahkan tak jarang orang yang menjadikan kegiatan mendaki gunung sebagai gaya hidup. Tak hanya orang dewasa, kegiatan mendaki gunung kini juga diminati oleh anak-anak.

Rekomendasi Gunung di Jawa Barat yang Cocok Didaki Bersama Si Kecil

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang menjadi ikon kota Bandung. Secara geografis, gunung ini terletak di 2 kabupaten, yaitu kabupaten Bandung dan Subang.

Dinamakan Tangkuban Perahu karena bentuknya seperti perahu yang terbalik (tangkuban berarti tertelungkup).
Gunung Tangkuban Perahu cocok banget didaki bersama anak. Begitu tiba di parkiran saja kita sudah bisa melihat pemandangan kawahnya. Ada 3 kawah yang cukup terkenal di gunung ini, yaitu kawah Ratu, kawah Upas, dan kawah Domas.

Kawah Ratu adalah kawah terbesar dan bisa terlihat dari tempat parkir. Sementara 2 kawah lainnya yaitu kawah Upas dan Domas, bisa dilihat jika kita menyusuri bibir kawah Ratu. Lama perjalanan menuju kedua kawah ini sekitar 30-45 menit.

Dan jika ingin benar-benar menapaki puncak gunung Tangkuban Perahu, kita perlu mendaki sekitar 1 jam lamanya. Saran saya sih lakukan pendakian bersama dengan orang sudah hafal jalur. Ada juga sejarah dari cerita rakyat tentang gunung ini.

2. Gunung Putri Lembang

Siapa yang tak kenal daerah Lembang. Kawasan yang memiliki banyak tempat wisata alam. Kebanyakan, pengunjung dari luar kota sering mengunjungi daerah Lembang jika ke Bandung.

Di Lembang, ada sebuah gunung yang juga cocok untuk didaki bersama anak-anak. Gunung Putri namanya. Dari tempat parkir menuju puncaknya, diperlukan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam pendakian.

Paling enak sih sambil camping di sini. Di malam hari, kita bisa melihat pemandangan kerlip kota Bandung. Dan di pagi hari kita bisa berburu sunrise. Jika beruntung, kita juga bisa menikmati pemandangan lautan awan.

3. Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan berada di daerah Cisurupan, kabupaten Garut. Gunung Papandayan termasuk gunung favorit bagi para pendaki, termasuk saya. Gunung ini banyak menyajikan pemandangan yang tak membosankan. Mulai dari pemandangan kawahnya yang masih aktif, pemandangan hutan mati yang berasal dari pohon cantigi yang mengering akibat letusan Papandayan, hingga hamparan bunga edelweis yang cantik.

Medan gunung ini tergolong cukup mudah, tidak terlalu curam. Makanya, banyak yang menyarankan gunung ini bagi pendaki pemula. Dan sekarang kondisinya semakin baik. Sudah dibuatkan tangga hingga hutan mati. Pinggir kawah pun sudah disediakan pagar, sehingga semakin aman jika membawa anak-anak ke sini.

Jika kita hanya ingin menuju hutan mati nya saja, maka waktu pendakian sekitar 2 jam lamanya. Sementara, jika kita ingin melihat hamparan bunga edelweis yang cantik, kita bisa melanjutkan pendakian dari hutan mati menuju pondok saladah dengan estimasi perjalanan 40 menit.

4. Gunung Galunggung Tasikmalaya

Ibu saya pernah cerita saat gunung Galunggung meletus. Waktu itu, abu nya sampai menutupi langit di Bandung. Warna langit sangat gelap seperti malam hari. Cerita ini menunjukkan betapa dahsyatnya letusan gunung Galunggung saat itu. Ada yang mengalaminya juga? Berarti kakak seangkatan dengan ibuku. Hehe.

Namun kini, gunung Galunggung menjadi dalah satu objek wisata menarik di Tasikmalaya. Gunung ini sangat cocok didaki oleh anak-anak karena dari tempat parkir, kita cukup menaiki sekitar 600-an anak tangga. Setelah melewati tangga, maka kita akan menemukan pemandangan kawah gunung Galunggung yang berwarna kehijauan.
Selain kawah, di kawasan gunung Galunggung juga ada tempat pemandian air panas. Sumber air panas nya sudah tentu berasal dari kawah.

Namun ada yang disayangkan dari tempat wisata ini, yaitu pungli nya! Terakhir ke sana, tahun 2019, begitu saya sampai di gerbang masuk, saya dimintai uang untuk tiket. Eh, beberapa ratus meter dari gerbang, saya kembali dihadang oleh beberapa orang meminta pembayaran lagi. Entah pembayaran untuk apa. Semoga ya, ke depannya pungli ini tidak ada lagi.

Nah, itu dia rekomendasi gunung yang cocok didaki bersama anak-anak. Sudah ada rencana mau kemana? Semoga pandemi ini segera berlalu ya, agar kita bisa menikmati liburan ke gunung bersama anak tanpa khawatir.

Author