Pandemi yang menyerang dunia sempat membuat semua wisata ditutup. Namun untuk membuat ekonomi kembali berjalan seperti biasa, pemerintah pun memberikan ijin kepada pengusaha dan pengelola wisata untuk membuka kembali usahanya untuk umum, tentunya dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan.

Wisata One Day One Trip Kepulauan Riau

Setelah Pulau Labun dan Pulau Pengalap Kepri (Kepulauan Riau) Coral yang memberikan harga promo ketika masa new normal, sekarang Pulau Ranoh pun telah membuka kembali tempat wisatanya untuk umum baik yang ingin menginap disana ataupun hanya untuk berwisata satu hari.

Pulau Ranoh

Meski untuk umum, tetap saja untuk masuk ke pulau pribadi yang di kelola dengan baik ini, kita harus menggunakan jasa travel yang sudah bekerjasama dengan pihak pengelola, atau memang langsung menghubungi pengelola Pulau Ranoh melalui email atau media sosialnya.

Aku pribadi juga menggunakan salah satu jasa travel untuk mengunjungi Pulau Ranoh. Meeting point untuk semua peserta trip dilakukan langsung di pelabuhan Pulau Ranoh yang terletak di Pulau Galang Baru setelah jembatan 6 Barelang. Setelah melewati pengecekan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer, para tamu dipersilahkan untuk masuk ke dalam kapal, karena jadwal kapal berangkat yakni jam 10:00 WIB.

Jarak dari pelabuhan menuju Pulau Ranoh hanya butuh waktu 20 menit saja. Saat sampai di Pulau tamu disambut ramah oleh staff pulau wisata yang langsung mengarahkan semua tamu menuju restaurant untuk menikmati welcome drink.

Pulau Ranoh yang Instagramable

Laut indah terbentang didepan mata, seiring pasang air yang semakin membuat pantai Ranoh menjadi lebih enak dipandang mata, semilir angin disertai rindangnya pohon kelapa membuat aku dan para tamu tak sabaran untuk mengabadikan moment ini dengan berfoto foto.

Schedule makan siang masih satu jam lagi , aku dan teman temanku mengisi waktu dengan berkeliling area Pulau, Ada minimarket yang menjual beberapa aneka makanan kecil dan minuman dingin, ada gazebo yang bersih dan tempat tempat instagramable yang pastinya cocok buat kita kita yang senang berfoto.

Penginapan di Pulau Ranoh

Kami juga menyempatkan diri melihat beberapa kamar yang disediakan pengelola Pulau Ranoh, ada yang berbentuk Bunk Bed dimana satu kamar bisa diisi oleh 12 orang lengkap dengan locker untuk masing masing tamu.

Permalamnya tamu yang berwisata dikenakan biaya sebesar Rp 600.000 / orang, diuar makan pagi dan malam. Sementara Villa dengan 2 kamar dikenakan biaya Rp 2.500.000/ malam untuk 4 orang diluar makan pagi dan malam juga.

Seafood di Pulau Ranoh

Keasikan melihat kamar kamar yang ada di Pulau Ranoh tak terasa jam makan siang tiba, kamipun segera menuju restaurant dan menyantap menu yang sudah disediakan. Makanan yang disediakan bisa dibilang banyak sehingga tamu tak perlu takut kehabisan karena staff nya selalu memperhatikan ketersediaan lauk pauknya.

Wisata Water Sport

Perut kenyang hatipun senang, setelah sholat zuhur di musholla yang sudah disediakan, kamipun segera duduk bersantai ditepi pantai dan bersiap main water sport.

  • Jadi untuk paket one day dan menginap sama sama mendapatkan fasilitas :
    Snorkling : Karena area snorkeling berada sekitar 1 km dari pesisir pantai Pulau Ranoh, makanya untuk snorkling jam nya terjadwal yakni jam 2 siang ya, waktunya sekitar 30-45 menit.
  • Banana Boat : Waktunya tak terbatas, selama berada di area Pulau Ranoh tamu bisa memanfaatkan Banana Boat dengan jumlah peserta minimal 5 orang.
  • Cano dan Fat Boy : Waktunya juga tak terbatas, kapan saja tamu ingin bermain dipersilahkan, selama belum jam 4.00 sore untuk peserta one day trip.

Jam 3 sore lagi-lagi peserta one day trip mendapatkan makanan kecil berupa bubur dan teh kopi hangat, sehingga perut yang tadinya mulai keroncongan akibat melakukan aktifitas kembali full.

Aaaah ditempat yang indah seperti Pulau Ranoh ini waktu selalu cepat berlalu, tak terasa jam 4.30 sore semua peserta trip sudah harus masuk kapal dan meninggalkan keindahannya.

Kesimpulan

500 ribu kedengarannya mahal banget ya, namun jika dibanding dengan fasilitas yang didapatkan selama di Pulau Ranoh Aku rasa terpuaskan juga. Dari segi makanan komplit, pelayanan juga serta fasilitas dan kenyamanan berada disana pun dapat, inilah kisah wisataku di era new normal.

Author