Kalau dengar kata handphone jadul apa yang teringat di benak pembaca BRTnetwork? Lambe Turah? Mungkin itu salah satunya. Namun kali ini aku benar-benar mau mengajak kalian bernostalgia pada deretan handphone old school berikut ini. Hmm, kira-kira ada yang pernah punya salah satunya nggak ya?

5 Handphone Jadul yang Pernah Hits Pada Masanya

  1. Nokia 3310

Pernah hits pada zamannya. Bahkan orang yang sudah bisa menggenggam HP ini di zaman itu dijamin bakal tampak keren. Aku ingat HP ini adalah HP pertama yang kukenal. Waktu bapak pulang suatu malam tiba-tiba beliau mengeluarkan sesuatu yang menempel di ikat pinggangnya. Ternyata bapak mau memamerkan HP barunya.

Kalau nggak salah ingat aku masih duduk di bangku SMA. Tentu saja aku hanya bisa nyengir melihat bapak pamer HP, karena aku belum diizinkan untuk punya HP sendiri. Baru ketika masuk kuliah, aku mengumpulkan uang untuk beli HP sendiri, ya meskipun bekas. Akhirnya pilihan pun jatuh pada HP yang sama dengan bapak. Saking nggak tahu merk dan seri HP lainnya.

Kalau ingat Nokia 3310, maka aku akan ingat serunya bermain snake di saat senggang. Meski tidak semeriah game Snake yang sekarang ada versi barunya, namun saat itu review-nya game snake juga sudah jadi hiburan tersendiri saat lagi gabut.

Yang paling keren lagi, HP jadul yang satu ini tahan banting banget. Jatuh berkali-kali bahkan casingnya sampai terlepas pun, HP ini tetap nyala. Seakan menantang, “Ayo banting aku lagi.” Cocok banget buat yang punya gangguan emosi dan butuh pelampiasan banting-banting barang.

  1. Nokia 3650

Setelah Nokia 3310 terasa usang, aku diberi kejutan oleh bapak di hari ulangtahunku. Masih merk Nokia, tahu sendiri kan pabrikan HP asal Finlandia ini memang top banget pada saat itu. Bentuknya yang unik menjadi ciri khas tersendiri dari HP bersistem operasi Symbian ini.

Meski kameranya belum sebening HP-HP zaman now, tapi sudah cukup memuaskan jiwa alayku pada zamannya. Kamera VGA dan memory internal sebesar 4 Mb kala itu sudah cukup memuaskan. Coba sekarang ya, HP dengan 12 MP dan memory internal 64 mb aja rasanya masih kurang, hehe. Sama halnya dengan Nokia 3310, Nokia 3650 pun sangat tahan banting.

Punya layar berwarna, bisa menyimpan nada dering jenis poliponik dan audio lagu, serta bisa digunakan sebagai MP3 player adalah fitur yang cukup diandalkan sebagai teman perjalanan semasa kuliah.

  1. Sony Ericson Walkman 310i

Zaman semakin berganti, manusia pun semakin meningkat kebutuhan dan keinginannya. Dari 3650 aku mulai bergeser ke Sony Erisson Walkman 310i. Bisa dibilang HP ini adalah salah satu favoritku. Maklum aku pernah punya impian memiliki HP dengan desain lipat, kesampaian deh.

Dilengkapi dengan kamera VGA dan sudah bisa mengakses internet dengan jaringan GPRS kelas 10. Sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk buka email, mengakses friendster dan multiply. Bentuknya yang mungil bikin nyaman saat digenggam. Meski HP ini termasuk seri walkman termurah, tapi buatku sudah sangat membahagiakan.

Namanya juga seri Walkman, jadi fitur utama yang diandalkan dari HP ini ya kemampuan dahsyatnya dalam memutar musik. Dijamin HP-HP lain di zamannya, seri walkman memang bisa menghasilkan suara yang pas. Cocok buat yang hobi mendengarkan musik sepertiku.

Konsep clamshell yang dimiliki W310i memungkinkannya memiliki 2 layar. Layar luar hanya berupa layar kecil dan masih monokrom. Fungsinya hanya untuk menampilkan waktu, kekuatan sinyal, dan isi baterai. Kalau ada orang yang menelepon atau mengirimkan pesan pada kita, layar ini juga bisa memperlihatkan notifikasinya. Juga saat kita memutar musik, akan ada judul lagu yang berjalan di layar dengan backlight berwarna oranye.

Sementara layar di bagian dalam sudah mengadopsi teknologi TFT 262k. Cukup terang dan jernih pada masanya. Memegang HP ini di zaman now terasa terlalu kecil dan kurang mantap.

  1. LG KE 770 Shine

Beralih dari Sony Walkman, aku juga punya cerita bersama LG KE 770 Shine. Aku suka desainnya yang sederhana tapi terlihat elegan. Terbuat dari bahan logam, HP ini sangat tipis, sehingga sangat nyaman dibawa dan digenggam.

Namun karena dari logam, kita juga harus hati-hati saat memegangnya. Terkadang bisa sangat licin sehingga mudah jatuh. Untungnya HP ini juga cukup tahan banting. Sama halnya dengan Nokia 3310, aku sering sekali menjatuhkan LG ini dan bersyukur selalu selamat sentausa.

Kekurangan dari LG KE 770 Shine ini adalah saat proses charging, HP akan terasa sangat panas. Tentu saja ini dikarenakan materialnya yang terbuat dari logam. Namun untuk penggunaan sehari-hari, aku cukup puas sih dengan HP ini.

Dilengkapi dengan layar kecil berteknologi TFT 256k, aku sudah bisa berselancar di internet yang saat itu masih mengandalkan jaringan GPRS. Cukup lah buat update status di Friendster, eh masih friendster atau sudah ada Facebook ya?

Kamera HP ini juga sudah cukup oke di zamannya. 2 megapiksel lebih mending lah ya daripada VGA. Banyak sekali foto-foto anak pertama kuabadikan lewat HP ini.

  1. Blackberry Bold 9000

Ini HP jadul terakhir yang akan kuceritakan. Pasti ingat kan bagaimana Blackberry pernah menginvasi di suatu masa? Lalu HP-HP Nokia pun mulai kehilangan taringnya. Aku pun sempat merasakan nyamannya menggunakan Blackberry Bold 9000, meski hanya sebentar.

Kehadiran BB juga membuat chatting terasa lebih asyik dengan kehadiran blackberry messenger. Rasa-rasanya kalau belum punya BB pada masa itu, belum sukses disebut sebagai anak gaul. Layar VGA dan kamera 2 megapiksel sudah cukup bikin anak-anak zaman old jadi paling keren pada masanya.

Sebenarnya masih ada satu HP jadul yang berkesan buatku, Microsoft Lumia 535. Namun sepertinya kurang jadul, jadi disimpan saja deh ceritanya. Btw, di antara 5 HP di atas, ada yang pernah punya salah satunya?

Mencatat kembali kenangan bersama handphone jadul membuatku yakin akan sesuatu. Bahwasanya apa yang terlihat modern dan canggih saat ini tetap akan menjadi barang usang di masa depan. Lain kali akan saya bahas laptop jadul deh. So, nikmati saja apa yang kita imiliki saat ini. Kelak pasti akan kita rindukan.