Serum wajah merupakan cairan bening dalam botol kecil yang mengandung sejumlah bahan aktif untuk perawatan kulit wajah. Dalam dunia kecantikan terdapat berbagai macam serum wajah dengan manfaat masing-masing. Kandungannya pun beragam mulai vitamin hingga antioksidan dengan tekstur ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Meskipun keberadaan serum wajah bukan merupakan hal baru, namun masih banyak yang beranggapan bahwa penggunaannya tidak terlalu penting dalam rutinitas skincare harian. Padahal, pada umumnya serum wajah memiliki komposisi yang lebih ringan dibandingkan pelembab berbentuk krim sehingga tidak menutup pori-pori dan memiliki efek melembabkan lebih tinggi. Berikut 9 macam serum wajah dan manfaatnya untuk perawatan kulit:

9 Macam Serum Wajah dan Manfaatnya

  1. Serum Anti-Acne

Serum anti-acne merupakan salah satu serum yang sangat diminati untuk mengobati jerawat. Umumnya serum anti-acne memiliki kandungan anti bakteri untuk mengobati jerawat dan bahan-bahan menenangkan untuk mengurangi peradangan kulit. Selain mengobati, serum anti-acne juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

  1. Serum Vitamin A

Serum Vitamin A mengandung bahan-bahan yang dapat membantu produksi kolagen wajah. Selain itu Serum Vitamin A sangat efektif mengembalikan kondisi kulit akibat terbakar sinar matahari dan meratakan warna kulit yang belang. Umumnya kandungan Vitamin A juga terdapat dalam varian serum lain yaitu pada serum anti-aging.

  1. Serum Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan yang sangat popular di dunia kecantikan. Serum Vitamin C sendiri sangat diminati karena kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin C juga bermanfaat sebagai anti radang sehingga dapat mengobati kulit yang terluka akibat paparan sinar matahari dan juga jerawat. Selain itu serum Vitamin C terbukti efektif mengurangi masalah pigmentasi wajah, membantu memperbaiki kulit kusam dan mencerahkan wajah.

Salah satu sumber juga menyebutkan bahwa penggunaan Vitamin C dalam dosis rendah yaitu tidak lebih dari 15% efektif sebagai pencerah. Sedangkan penggunaan dalam dosis yang lebih besar yaitu lebih dari 15% efektif untuk mengatasi kerusakan kulit wajah.

  1. Serum Vitamin E

Selain Vitamin C, Vitamin E merupakan bahan yang tidak kalah popular di dunia kecantikan. Bukan rahasia lagi bahwa Vitamin E sangat baik untuk menjaga kondisi kulit wajah. Selain mengandung anti-oksidan, serum Vitamin E juga memiliki Lipfuscin atau lemak yang dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin E juga efektif menahan kelembaban kulit. Selain itu kulit juga lebih terlindungi dari polusi udara akibat asap rokok, kendaraan, radiasi hingga pengaruh buruk sinar matahari. Sehingga selain menjaga kulit awet muda, serum Vitamin E juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

  1. Serum Anti-Aging

Serum anti-aging juga dikenal sebagai serum kolagen. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam wajah semakin berkurang. Itu sebabnya perempuan di atas usia 30 tahun cenderung melirik serum anti-aging untuk membantu mengembalikan produksi kolagen wajah. Sedangkan serum anti-aging sendiri diformulasikan untuk membantu mengembalikan kekencangan kulit wajah.

  1. Serum Whitening

Serum Whitening merupakan salah satu jenis skincare paling laris di Indonesia. Serum yang diformulasikan dari bahan-bahan pencerah wajah ini dipercaya mampu mencerahkan, menghilangkan kusam pada wajah dan membuat kulit lebih kemilau.

  1. Serum Hydrating

Memiliki kemampuan menghidrasi kulit wajah, sebenarnya serum hydrating merupakan upgrade dari serum moisturizing. Serum ini memiliki kandungan moisturizer yang lebih tinggi, biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti minyak argan atau minyak bunga mawar.

  1. Serum Anti-Inflamatory

Serum wajah yang dibuat dari bahan-bahan “penenang” seperti lidah buaya, green tea dan hyaluronic acid ini bekerja efektif untuk menangani kulit terbakar, rusak atau iritasi

  1. Serum Exfoliating

Jika serum pada umumnya bekerja menutrisi, menghidrasi, menenangkan, mengobati dan mencerahkan, maka manfaat serum yang satu ini sangat berbeda karena bekerja mengangkat kotoran wajah. Serum exfoliating juga dapat mengurangi kerutan dan menghaluskan kulit wajah. Serum ini sangat cocok bagi mereka yang jarang melakukan eksfoliasi kulit.

Sebelum menggunakan salah satu dari berbagai macam serum wajah di atas, pastikan kulit dalam kondisi bersih dari debu dan makeup. Selain itu usahakan memilih serum yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, gunakan dalam takaran tepat dan tidak berlebihan, diamkan sebentar agar meresap, dan hindari menggunakan serum wajah yang telah berubah warna.

Referensi:
halodoc.com
kamini.id