9 Macam Serum Wajah dan Manfaatnya dalam Dunia Kecantikan

Serum wajah merupakan cairan bening dalam botol kecil yang mengandung sejumlah bahan aktif untuk perawatan kulit wajah. Dalam dunia kecantikan terdapat berbagai macam serum wajah dengan manfaat masing-masing. Kandungannya pun beragam mulai vitamin hingga antioksidan dengan tekstur ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Meskipun keberadaan serum wajah bukan merupakan hal baru, namun masih banyak yang beranggapan bahwa penggunaannya tidak terlalu penting dalam rutinitas skincare harian. Padahal, pada umumnya serum wajah memiliki komposisi yang lebih ringan dibandingkan pelembab berbentuk krim sehingga tidak menutup pori-pori dan memiliki efek melembabkan lebih tinggi. Berikut 9 macam serum wajah dan manfaatnya untuk perawatan kulit:

9 Macam Serum Wajah dan Manfaatnya

  1. Serum Anti-Acne

Serum anti-acne merupakan salah satu serum yang sangat diminati untuk mengobati jerawat. Umumnya serum anti-acne memiliki kandungan anti bakteri untuk mengobati jerawat dan bahan-bahan menenangkan untuk mengurangi peradangan kulit. Selain mengobati, serum anti-acne juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

  1. Serum Vitamin A

Serum Vitamin A mengandung bahan-bahan yang dapat membantu produksi kolagen wajah. Selain itu Serum Vitamin A sangat efektif mengembalikan kondisi kulit akibat terbakar sinar matahari dan meratakan warna kulit yang belang. Umumnya kandungan Vitamin A juga terdapat dalam varian serum lain yaitu pada serum anti-aging.

  1. Serum Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan yang sangat popular di dunia kecantikan. Serum Vitamin C sendiri sangat diminati karena kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin C juga bermanfaat sebagai anti radang sehingga dapat mengobati kulit yang terluka akibat paparan sinar matahari dan juga jerawat. Selain itu serum Vitamin C terbukti efektif mengurangi masalah pigmentasi wajah, membantu memperbaiki kulit kusam dan mencerahkan wajah.

Salah satu sumber juga menyebutkan bahwa penggunaan Vitamin C dalam dosis rendah yaitu tidak lebih dari 15% efektif sebagai pencerah. Sedangkan penggunaan dalam dosis yang lebih besar yaitu lebih dari 15% efektif untuk mengatasi kerusakan kulit wajah.

  1. Serum Vitamin E

Selain Vitamin C, Vitamin E merupakan bahan yang tidak kalah popular di dunia kecantikan. Bukan rahasia lagi bahwa Vitamin E sangat baik untuk menjaga kondisi kulit wajah. Selain mengandung anti-oksidan, serum Vitamin E juga memiliki Lipfuscin atau lemak yang dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin E juga efektif menahan kelembaban kulit. Selain itu kulit juga lebih terlindungi dari polusi udara akibat asap rokok, kendaraan, radiasi hingga pengaruh buruk sinar matahari. Sehingga selain menjaga kulit awet muda, serum Vitamin E juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

  1. Serum Anti-Aging

Serum anti-aging juga dikenal sebagai serum kolagen. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam wajah semakin berkurang. Itu sebabnya perempuan di atas usia 30 tahun cenderung melirik serum anti-aging untuk membantu mengembalikan produksi kolagen wajah. Sedangkan serum anti-aging sendiri diformulasikan untuk membantu mengembalikan kekencangan kulit wajah.

  1. Serum Whitening

Serum Whitening merupakan salah satu jenis skincare paling laris di Indonesia. Serum yang diformulasikan dari bahan-bahan pencerah wajah ini dipercaya mampu mencerahkan, menghilangkan kusam pada wajah dan membuat kulit lebih kemilau.

  1. Serum Hydrating

Memiliki kemampuan menghidrasi kulit wajah, sebenarnya serum hydrating merupakan upgrade dari serum moisturizing. Serum ini memiliki kandungan moisturizer yang lebih tinggi, biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti minyak argan atau minyak bunga mawar.

  1. Serum Anti-Inflamatory

Serum wajah yang dibuat dari bahan-bahan “penenang” seperti lidah buaya, green tea dan hyaluronic acid ini bekerja efektif untuk menangani kulit terbakar, rusak atau iritasi

  1. Serum Exfoliating

Jika serum pada umumnya bekerja menutrisi, menghidrasi, menenangkan, mengobati dan mencerahkan, maka manfaat serum yang satu ini sangat berbeda karena bekerja mengangkat kotoran wajah. Serum exfoliating juga dapat mengurangi kerutan dan menghaluskan kulit wajah. Serum ini sangat cocok bagi mereka yang jarang melakukan eksfoliasi kulit.

Sebelum menggunakan salah satu dari berbagai macam serum wajah di atas, pastikan kulit dalam kondisi bersih dari debu dan makeup. Selain itu usahakan memilih serum yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, gunakan dalam takaran tepat dan tidak berlebihan, diamkan sebentar agar meresap, dan hindari menggunakan serum wajah yang telah berubah warna.

Referensi:
halodoc.com
kamini.id

Author

19 pemikiran pada “9 Macam Serum Wajah dan Manfaatnya dalam Dunia Kecantikan”

  1. Wah saya gak ngerti banget nih tentang serum. Padahal cowok juga seharusnya tau ya. Apalagi serum untuk perawatan wajah. Pasti penting banget untuk menjaga kesehatan wajah kita

    Balas
  2. Saya sendiri termasuk menyukai skincare satu ini. Kalau pake serum tuh rasanya enteng, wajah bisa cerah dan sehat tanpa harus merasa lengket. Meresap di kulit wajah, lalu seketika kulit nampak lebih merona. Serum harus punya.

    Balas
  3. Saat ini aku lagi fokus pakai serum anti acne krn memang lagi berjeriwi, dan anehnya kalau di aku skrg serum vit C nggak cocok, krn kondisi dan jenis kulit kali ya :3 hydrating jg bagus utk kulit wajah

    Balas
  4. Duuuh kok saya polos banget ya saya fikir semua serum itu sama haha. Serum untuk menyegarkan dan meutihkan wajah saja ternyata banyak ragamnya. Baiklah harus banyak membaca ini.

    Balas
  5. Aku pribadi sekarang langganan serum anti-aging karena usianya udah 30+. Sepertinya karena kulitku kering aku butuh tambahan serum hydrating. Pertanyaannya bisakah memakai lebih dari satu jenis serum untuk perawatan wajah?

    Balas
  6. Wah, ternyata aku ketinggalan banyak informasi nih Kak. Selama ini yang aku tahu hanya serum vit C dan A aja… Ternyata lengkap ya.

    Balas
  7. Banyak ya ternyata varian serumnya dan manfaatnya beda – beda, saya selama ini pakai yang vitamin c

    Balas
  8. Serum wajah itu penting kak. Wajib banget pakai setiap hari karen bisa jadi basic skin care. Aku tapi belum coba banyak serum sih kak. MAsih setia sama 2 produk yanga da di rumah wkwkw

    Balas
  9. Kalau cowok boleh pakai serum-serum ini gak ya? Seharusnya boleh ya, karena kebutuhan untuk kulitnya sama. mungkin yang berbeda di di jenis yang digunakan harus cocok untuk cowok, misalnya buat yang aktif melakukan kegiatan di luar ruang.

    Balas
  10. Saya sepertinya belum pernah menggunakan serum khusus untuk wajah, tapi pakai cream atau pembersih yang mengandung beberapa vitamin, di artikel ini saya jadi tahu ternyata ada banyak juga serum yang bermanfaat untuk kesehatan kulit terutama wajah.

    Balas
  11. Ternyata banyak banget jenis serum ya. Aku beneran blank soal beginian. xixixi.. Padahal sepertinya sudah perlu nih karena usia sudah kepala 3.

    Balas
  12. Kemarin aku coba serum Vit-C yang sudah dilengkapi dengan anti aging kak.
    Karena saran dokter nya sih harus mulai pakai serum anti aging di usia ku saat ini. Hohoho
    Makasih ya ulasannya bagus banget. Menambah wawasan aku tentan dunia skincare hehehe

    Balas
  13. wah banyak ya jenis jenis serum wajah itu
    emang sekarang ini yg lagi in adalah merawat wajah dgn serum
    aku sih baru pake yg buat vitamin c aja

    Balas
  14. Ternyata serum untuk wajah tuh ada macam-macam ya kegunaannya. Aku selama ini masih pakai krim aja, belum nyoba pakai serum.

    Balas
  15. Ternyata serum untuk perawatan kecantikan wajah itu ada banyak sekali jenisnya ya. Berarti kalau mau mgomongin serum ya harus spesifik. Akhirnya mampir ke sini jadi belajar soal serum nih. Makasih ya.

    Balas
  16. Akhir-akhir ini mulai pakai serum dan pilih-pilih antara anti aging atau hydrating. Trus pilih yg hydrating aja deh, semoga kalau lembap ya engga keliatan tua gitu. Hehe…Lagi nyobain yg wangi bunga mawar, jadi kayak aromatherapy gitu.

    Balas
  17. Sejak 2020 aku juga udah melek dengan serum , terutama anti aging, maklum usia udah mulai lanjut dan masih aktif diluar pula, makanya perlu banget bantuan serumnya biar tetap awet mudanya. heheh

    Balas

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

BRT Network