Jenis-Jenis Konten Instagram Reels

Sejak pertengahan 2021 lalu, Instagram merilis fitur terbarunya yaitu reels. Bersamaan dengan hadirnya fitur tersebut, algoritma Instagram juga turut berubah. Bukan lagi menjadi platform dengan konten foto sebagai primadona utamanya melainkan konten video. Meskipun demikian, fokus fitur unggulan lainnya tetap ada selain video, yaitu kreator, belanja, dan pesan.

Adanya perubahan ini didasari oleh persaingan yang ketat di platform seperti TikTok dan YouTube dengan keunggulan videonya. Maka dari itu, pengalaman menonton video di Instagram akan lebih kaya seiring dengan fitur-fitur terbaru yang selalu diupdate. Bagi kreator sendiri akan dimudahkan dengan fitur edit video yang lebih mudah seperti fitur remix maupun durasi video yang lebih panjang.

Bukan hanya kemudahan pada fitur, algoritma Instagram juga turut berubah. Beberapa pengguna menuturkan bahwa lebih mudah mendapatkan likes pada reels yang dibuat dari pada unggahan foto. Hal ini pun memang tak jauh-jauh dari fitur suggested post di mana pengguna akan dipertemukan pada konten dengan topik yang disukai meskipun tanpa saling follow.

Jenis-Jenis Konten Instagram Reels

Kemudahan yang ada dalam fitur ini dan jangkauannya yang luas bisa dimanfaatkan untuk para kreator konten mencoba hal yang baru maupun kreator pemula yang ingin terjun dan memilki minat di konten video atau reels. Bagi pemilik bisnis pun bisa memanfaatkan konten video ini untuk jangkauan promosi lebih luas dan mendongkrak penjualan.

Reels di Instagram sendiri tak memiliki patokan tertentu dan biasanya dibuat sesuai dengan ciri khas masing-masing maupun ciri khas kreator. Terdapat beberapa jenis konten video atau reels di Instagram yang sekaligus bisa dijadikan sebagai inspirasi, di antaranya adalah:

  • Edukasi
    Reels dapat menjadi media yang menyenangkan untuk membawakan konten bertemakan edukasi. Sudah umum juga bahwa tema edukasi sering dibawakan dengan cara yang seru di media sosial, terutama Instagram. Tema yang diangkat dapat sesuai dengan keahlian yang dimiliki, seperti kesehatan, digital marketing, parenting, dan seterusnya.
  • Tips
    Konten dengan bertemakan tips juga memiliki banyak peminat, hal tersebut karena durasi reels cenderung pendek sehingga perhatian audience. Bagi yang memiliki brand maupun jualan online, video reels tips ini juga bisa digunakan. Misalnya tips pemakaian produk, tips untuk berkreasi, dan lainnya.
  • How-To/Tutorial
    Hampir mirip dengan tema tips, konten tutorial juga memiliki banyak peminat. Misalnya sama tutorial make up, tutorial hijab, tutorial penggambilan foto, tutorial transisi dalam video, membuat masakan, DIY, atau dekorasi ruangan estetik. Audience cenderung akan cukup lama melihat konten reels karena tutorial maupun how-to merupakan serangkaian proses mulai dari selesai.
  • Fashion
    Fashion never dies, selalu cepat mengeluarkan edisi-edisi terbaru. Konten reels dengan tema fashion ini dapat berupa outfit of the day (OOTD) ideas, mix and match outfit, atau tutorial dress-up untuk acara tertentu. Sebagai contoh, tren fashion yang masih berlangsung sampai sekarang yaitu OOTD ideas hasil dari thrifting.
  • Komedi
    Konten yang hampir diminati seluruh kalangan ini yaitu video yang menghadirkan gelak tawa alias komedi. Biasanya untuk tema konten ini memang lebih merujuk ke para komedian atau stand-up comedian. Konten komedi bisa juga dibuat secara random dan spontan, namun jika ingin memiliki audiens yang setia haruslah memiliki konsistensi.
  • Trend/Challenge
    Jika masih bingung memulai konten seperti apa terutama bagi pemula, tema yang paling aman adalah mengikuti trend atau challenges. Hal ini biasanya karena untuk peminat tren tertentu sedang ramai-ramainya, didukung dengan algoritma rekomendasi Instagram yang bisa mendatangkan audiens baru.
  • Video Teks
    Instagram reels juga dapat dibuat tanpa harus menampilkan muka sebagai pembawa tema dari konten tersebut, yaitu dengan video teks. Keunggulan jenis konten reels ini yaitu kita jadi lebih memiliki pilihan dalam pemilihan lagu dan tak perlu membutuhkan persiapan lama untuk dress-up. Keunggulan lainnya yaitu dapat lebih terfokus jika ingin menampilkan suatu objek.
  • Video Perjalanan
    Instagram bisa sekaligus dijadikan menyimpan arsip atau kenangan terutama dokumentasi perjalanan. Dipadu dengan lagu latar yang mendukung, dokumentasi perjalanan jadi jauh lebih memorable. Video perjalanan juga sekaligus bisa menampilkan sepaket konten seperti kuliner, tempat wisata alam rekomendasi, atau tempat baru yang dikunjungi.
  • Video Kompilasi
    Konten dalam bentuk video kompilasi ini juga bisa menjadi ide untuk membuat instagram reels. Foto-foto atau video-video lama bisa dimanfaatkan di sini dan disusun menjadi tema tertentu. Misalnya perjalanan perjuangan kelulusan kuliah, kompilasi yang diambil dari berbagai video perjalanan, atau dokumentasi dari kecil hingga dewasa.

Tips Membuat Konten Reels di Instagram

Tema untuk jenis video Instagram reels sudah didapat, namun perlu beberapa hal untuk diperhatikan agar reels kita memiliki engagement yang maksimal.

1. Lagu Latar

Kita bisa menggunakan lagu yang sedang viral digunakan, namun bisa juga menggunakan referensi lain agar berbeda. Gunakanlah lagu latar Instagram reels yang sesuai dengan isi video dan jika memungkinkan bisa membuat rasa penasaran akan judul lagu tersebut. Penggunaan lagu latar yang sesuai juga akan mendukung suasana reels video tersebut menjadi lebih berkesan.

2. Gunakan Transisi

Menggunakan transisis ini juga bisa meningkatkan perhatian audience karena menghilangkan kemungkinan kebosanan dan bisa dijadikan ciri khas.

3. Penggunaan Hashtag

Tentu kita tak bisa hanya mengandalkan algoritma Instagram dalam merekomendasikan video yang telah kita buat. Gunakanlah pancingan dengan menggunakan tagar dengan topik terkait di video. Tagar ini biasanya digunakan untuk mencari topik tertentu dari seorang pengguna, jadi bisa kita manfaatkan agar konten kita tampil di pencarian maupun explore. Namun, pastikan penggunaan hashtag ini relevan dan tak berlebihan ya.

4. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Kekuatan visual untuk menarik klik pada konten kita bisa dengan menggunakan media thumbnail. Jangan membiarkan begitu saja atau menggunakan thumbnail otomatis, pilihlah yang kira-kira bisa menimbulkan rasa penasaran.

Instagram sendiri telah menyediakan fitur yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan konten reels ini sehingga dapat dipelajari dan dilatih untuk mendapatkan konten yang semakin berkualitas. Mengasah kemampuan membuat reels ini juga bisa menjadi keahlian yang bermanfaat dan dimaksimalkan, selain untuk menyalurkan hobi. Misalnya untuk diikutkan dalam lomba reels yang sudah mulai banyak bermunculan, maupun tawaran kerja sama.

Dari jenis konten Instagram reels di atas, mana yang paling menarik perhatian untuk dicoba oleh teman-teman?

Author

Satu pemikiran pada “Jenis-Jenis Konten Instagram Reels”

  1. Luarbiasa..

    Wakh layal Aku praktikan nih.
    Terutama yg OOTD gak pernah kepikiran tapi akhir2 ini kok jadi pengen juga bikin.

    Balas

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]