Solusi Mengatasi Domain Tidak Muncul Saat Install WordPress di cPanel

WordPress adalah CMS (Content Management System) berbasis PHP yang bisa digunakan untuk membuat sebuah situs website, toko online, atau blog pribadi.

Jika kamu ingin menerbitkan atau mengelola konten didalam WordPress, maka kamu bisa langsung menggunakan situs WordPress.com atau install WordPress lewat aplikasi installer website dari cPanel yaitu Softaculous.

Namun jika kamu mengalami beberapa masalah atau kejadian error saat install WordPress di cPanel, salah satunya seperti domain tidak muncul saat ingin melakukan konfigurasi.

Maka permasalahan tersebut harus segera diperbaiki, karena kamu tidak akan bisa menginstall WordPress jika tidak memilih nama domain yang ingin di install WordPress-nya.

Solusi Mengatasi Domain Tidak Muncul saat Install WordPress

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar domain yang hilang tersebut dapat muncul kembali, sehingga install wordpress melalui Softaculous dapat dilakukan yaitu:

1. Membersihkan Cache atau History Browser

Cache berfungsi untuk menyimpan data website yang pernah dikunjungi, sedangkah history ialah riwayat aktivitas kamu dalam menggunakan internet.

Penyimpanan cache atau history ini disimpan sementara didalam browser, sehingga dengan melakukan pembersihan cache atau history browser merupakan aktivitas yang perlu rutin dilakukan setiap hari.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga performa dan kecepatan kamu dalam mengakses browser, sehingga akses bisa lebih cepat tanpa lemot-lemot club atau malah website menjadi crash dan tidak bisa diakses.

Lalu bagaimana cara membersihkan cache atau history browser? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka pengaturan browser lalu pilih history atau kamu bisa menekan tombol CTRL+H pada keyboard.
  • Selanjutnya lihat pada sidebar disebelah kiri lalu pilih opsi Clear Browsing Data.
  • Setelah itu pilih rentang waktu (hari, bulan, tahun) terkait data yang ingin dihapus atau kamu juga bisa memilih tab advanced lalu pilih rentang waktunya All Time untuk menghapus seluruh history website yang pernah kamu kunjungi.
  • Jangan lupa klik tanda centang pada opsi Browser History dan Cached Image and File. Kamu juga bisa klik tanda centang lainnya seperti cookies, download history, autofill form data, password, site setting, dan lain sebagainya.
  • Terakhir, klik tombol Clear Data.
  • Selesai

Pada langkah diatas kamu sudah berhasil menghapus cache atau history browser. Untuk langkah selanjutnya kamu bisa login ulang ke laman cPanel kamu di namadomain.com/cpanel, lalu buka Softaculous dan install WordPress seperti biasanya.

Seharusnya domain yang hilang sebelum cache atau history browser dihapus, sekarang sudah muncul dan bisa dipilih nama domainnya. Selamat!

2. Meminta Bantuan Layanan Customer Service Hosting

Pada opsi pilihan kedua ini kamu bisa meminta bantuan layanan customer service hosting pilihan kamu. Jika kamu membeli hosting biasanya setiap provider memiliki layanan customer service sendiri untuk membantu pelanggannya. Kamu bisa menghubungi CS provider layanan kamu lewat email atau live chat di situs resminya.

Lalu pada pesan yang dikirimkan kamu bisa meminta bantuan untuk install WordPress atau menuliskan permasalahan terkait konfigurasi domain yang tidak muncul saat ingin install WordPress di cPanel lewat Softaculous.

Tidak membutuhkan waktu yang lama pesan yang kamu kirim sebelumnya akan segera dibalas, jadi silahkan ditunggu saja dan cek selalu email maka permasalahanmu akan segera teratasi dengan baik dan cepat.

3. Bertanya di Forum atau Komunitas Blog

Opsi ketiga atau yang terakhir kamu bisa bertanya didalam forum diskusi online atau bertanya langsung didalam komunitas yang pernah kamu ikuti.

Setiap platform biasanya memiliki komunitas sendiri seperti komunitas blogger, komunitas WordPress, forum diskusi online dengan topik khusus, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa bergabung di forum diskusi media sosial online atau komunitas yang tersebar di wilayah Indonesia. Biasanya setiap komunitas memiliki media sosialnya masing-masing atau kamu bisa bertanya ke teman terdekat kamu yang juga seorang penulis di platform WordPress atau Blogger.

Selain bertanya kamu bisa memiliki teman baru di kota yang sama dengan hobi yang sama pula. Dari forum diskusi atau komunitas juga kamu bisa mendapatkan berbagai macam ilmu, pengalaman, serta wawasan baru tentang WordPress dan optimasi SEO-nya. Sehingga harapan ke depannya kamu dapat mengoptimasi situs website atau blog kamu sendiri menjadi lebih baik lagi.

Nah demikianlah Solusi Mengatasi Domain Tidak Muncul Saat Install WordPress di cPanel, semoga bisa membantu. Terima kasih

Author

Tinggalkan komentar

BRT Network adalah arena bermain dan belajar para blogger untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging, untuk bertumbuh bersama-sama

Contact

Please Mail Us

or copy this email: [email protected]