Di zaman digital seperti sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang kreatif untuk bergabung dalam project yang mereka kembangkan. Kreativitas memang bukan bakat, namun kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan melakukan kegiatan yang memacu otak untuk berpikir.

Sebenarnya tanpa kita sadari, setiap perjalanan hidup yang kita lewati berpeluang untuk meningkatkan kreativitas. Hanya saja sering timbul rasa malas yang akhirnya peluang tersebut lewat begitu saja.

Kreativitas sendiri sangat erat kaitannya dengan kesuksesan seseorang. Semakin kreatif, maka kesempatan untuk sukses akan semakin besar. Mungkin dari situ bisa jadi seniman, penulis, atau membuat karya digital yang memiliki nilai jual.

Hobi dan Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas seseorang mengandung arti bahwa orang tersebut memiliki sudut pandang yang anti mainstream dalam memandang suatu objek atau permasalahan dibandingkan sudut pandang yang umum, sehingga menghasilkan inovasi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Kreativitas dan inovasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena inovasi tercipta berawal dari pemikiran yang kreatif. Sebenernya, susah nggak sih jadi orang kreatif? Nah, bisa dimulai nih dari yang paling disukai, misalnya dari hobi dan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas berikut ini.

1. Banyak Membaca dan Menulis

Dengan banyak membaca kita bisa mengetahui hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan dan dapat mengubah pola pikir. Membaca selain bisa menambah wawasan, juga akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kreatif.

Baca saja semua jenis buku, entah itu novel, buku self-help, buku pengembangan diri, majalah ataupun buka pelajaran. Jika dilakukan dengan konsisten, inspirasi dan imajinasi kita akan berkembang sehingga membuat kreativitas kita semakin terasah.

Sedangkan menulis bisa menjadi sarana untuk menyalurkan ide-ide dan menuangkan gagasan. Kegiatan menulis dan membaca saling berkaitan karena ketika menemukan ide penting, menuangkannya dalam bentuk tulisan berguna agar ide tersebut tetap melekat dalam pikiran karena mengingat kembali. Pun dengan menulis, kita akan melatih otak dengan cepat menemukan ide baru dan mengolahnya.

2. Bermain Game

Meskipun sebagian orang menganggap bermain game hanya buang-buang waktu saja, tapi nyatanya bermain game bisa melatih diri kita untuk menjadi orang yang kreatif karena otak dilatih memikirkan strategi. Ada banyak contoh orang kreatif yang hobinya bermain game, sebut saja Reza Oktovian hingga PewDiePie.

Dengan bermain game, kita bisa mengasah kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah dengan berbagai cara dan kemungkinan. Tapi yang harus diperhatikan, jangan bermain game secara berlebihan. Bermain sewajarnya saja, kalau perlu selingi dengan kegiatan lain yang bisa memacu untuk terus berpikir kreatif.

3. Memasak

Seseorang yang memiliki hobi memasak, bukan hanya instuisi saja yang akan terlatih namun juga bisa memiliki jiwa yang kreatif. Dari bermacam-macam bahan masakan yang ada di dapur bisa diolah menjadi masakan yang nikmat dan disukai.

Kegiatan memasak ini, bukan terbatas hanya bagaimana mengolah bahan-bahan menjadi makanan atau hidangan yang enak. Jika memiliki usaha kuliner misalnya, maka perlu foto tampilan makanan yang menarik. Bagaimana mengatur makanan dari bahan-bahan untuk tampilan juga membutuhkan ide yang kreatif.

4. Melukis atau Menggambar

Menggambar membuat kita berpikir secara kreatif dan perlahan-lahan dapat semakin mengasah keterampilan tersebut. Apalagi saat ini, dengan kemudahan tools dan media sosial, maka inspirasi yang didapat akan lebih banyak dan mendapatkan wadah untuk berkreasi. Dari menggambar juga dapat meningkatkan ke tambahan penghasilan dengan menjadi ilustrator.

Makanya tak jarang kita jumpai komik-komik yang memiliki alur cerita menarik. Bahkan terkadang kita berpikir, ini komikus-nya dapat ide dari mana? Kok bisa begini? Nah, biasanya sesuatu yang dilakukan dengan konsisten tanpa disadari akan meningkatkan kreatifitas. Sehingga muncul ide-ide baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas selanjutnya adalah membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang ada di sekitar kita, contohnya kardus bekas. Ada banyak handcraft yang bisa dihasilkan hanya dengan modal kardus bekas.

Dari pada hanya jadi pajangan di rumah, lebih baik dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Dengan begitu kreativitas Anda akan meningkat. Kalau bingung ingin membuat apa, bisa mencari referensi di Youtube atau di situs lainnya di internet.

Jangan pernah ragu untuk memulai, segala sesuatu yang ditekuni pasti akan memberikan impact yang bagus pada diri kita. Pikiran juga bisa jadi lebih bahagia karena hobi yang kita jalani bisa menghasilkan karya yang sebelumnya tak pernah terbayangkan.

6. Saling Bertukar Inspirasi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa inspirasi yang didapatkan seseorang tidak benar-benar murni. Maksudnya, inspirasi tersebut bisa jadi pengembangan dari inspirasi milik orang lain yang pernah didengarkan sebelumnya.

Tidak ada yang salah dengan ini, karena cara ini adalah bagian dari kreatifitas. Membuat inspirasi baru yang lebih kreatif dengan mencontoh inspirasi lain yang masih mentah.

Nah, sebenarnya ini adalah cara paling mudah untuk meningkatkan kreativitas. Ya itu tadi, sering-sering berkumpul atau melakukan pertemuan dengan orang-orang kreatif. Sehingga setiap kata-kata yang keluar bisa diolah menjadi inspirasi dan letupan ide yang bermanfaat.

7. Menjadi Kreator

Saat ini media sosial sudah beralih menjadi beragam fungsi, salah satunya untuk berkreasi menempatkan karya-karya dengan menjadi kreator. Banyak pilihan dari kreator ini, misalnya podcaster, animator, vlogger, membuat microblog di akun instagram, atau sesederhana membuat postingan dan video-video informatif dan kreatif.

Menjalani hobi membuat konten, selain menjadi kegiatan kreatif yang menyenangkan juga dapat menambah penghasilan sampingan apabila ditelateni terus menerus. Banyak peluang dan kemungkinan yang terbuka juga dengan rutin membuat konten yang berkualitas dan unik. Tentunya untuk membuat konten yang unik ini, perlu melihat celah dengan cara berpikir kreatif dalam mengolah ide-ide.

8. Bermain Musik

Hobi lain yang dapat mengasah kreativitas adalah dengan bermain musik. Sama halnya dengan menggambar, banyak musik-musik bagus di internet yang diciptakan dan membuat bertanya-tanya bagaimana bisa mendapatkan rangkaian nada yang indah. Selain dapat menyampaikan rasa dan pikiran dalam bentuk nada-nada, musik juga bisa membawa pesan tertentu yang berasal dari pembuatnya. Bermain musik ini memerlukan kegigihan dan mengolah ide secara kreatif, tentu saja semakin dilatih akan semakin mengasah keterampilan dalam membuat karya musik yang bagus.

Ada banyak cara meningkatkan kreativitas yang bisa dilakukan selain dari kegiatan di atas, tapi yang harus diperhatikan jangan terlalu memaksakan kreativitas, biarkan kreativitas itu datang sendirinya dengan melakukan kegiatan positif yang bisa membuahkan inspirasi. Kreativitas juga biasanya muncul saat kepala tak sedang memikirkan banyak hal dan sedang dalam kondisi santai, jadi tak mutlak hanya saat kita fokus.

Jika menemukan inspirasi pada satu kegiatan, coba lakukan kegiatan lain untuk sejenak mendistraksi. Kalau kamu bagaimana, kegiatan atau hobi apa saja yang biasanya kamu lakukan untuk mengasah kreativitas?

Author